Skip to main content

Paragraf Persuasi - Contoh Paragraf Persuasi tentang Pendidikan

Paragraf Persuasi - Contoh Paragraf Persuasi tentang Pendidikan.Selain narkoba, tema pendidikan juga merupakan tema yang biasa digunakan sebagai tema sebuah artikel. Contoh narasi naratif tentang pendidikan, contoh paragraf analog tentang pendidikan, contoh pidato tentang pendidikan, contoh paragraf induktif tentang pendidikan, contoh paragraf kausal tentang pendidikan, contoh argumen paragraf tentang pendidikan, contoh paragraf deduktif tentang pendidikan, contoh paragraf deduktif tentang pendidikan, contoh lembaga pendidikan, dll. adalah beberapa contoh artikel yang menggunakan tema tersebut. Artikel ini juga akan menyajikan tema pendidikan yang ditampilkan dalam format satu jenis paragraf berdasarkan isinya, yaitu paragraf persuasi.



Definisi dari paragraf persuasi sendiri adalah paragraf atau alinea yang berisi bujukan, ajakan, dan sejenisnya dengan tujuan untuk mempengaruhi seseorang. Adapun bentuk atau contoh paragraf persuasi tentang pendidikan adalah sebagai berikut.

Contoh 1:
Diskriminasi anak-anak biasa terhadap anak-anak dengan kebutuhan khusus (ABK) adalah sesuatu yang harus diatasi, terutama dalam lingkup pendidikan. Seharusnya, lembaga pendidikan harus menjadi tempat di mana semua anak saling menghormati, terlepas dari kekurangan mereka.

Untuk mengatasi hal ini, lembaga pendidikan yang ada harus dapat menerapkan sistem pendidikan inklusif. Melalui sistem pendidikan ini, anak-anak biasa dan anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat berada dalam lingkungan pendidikan yang sama untuk mencari pengetahuan bersama. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan inklusif itu sendiri, yaitu untuk menyatukan sistem pendidikan umum dengan sistem pendidikan untuk anak-anak dengan kebutuhan di lembaga pendidikan dengan tujuan yang sama.

Implementasi sistem ini tentu tidak mudah, karena harus melibatkan sejumlah pihak di dalamnya. Untuk alasan ini, lembaga pendidikan harus bekerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan inklusif. Kita juga harus mendukung upaya kedua pihak dalam mengembangkan sistem pendidikan yang cukup baru untuk Indonesia. Dengan begitu, sistem pendidikan inklusif dapat berkembang dan jarak antara anak-anak biasa dan anak-anak dengan Kebutuhan Khusus (ABK) akan lebih sempit, dan mereka dapat belajar bersama dalam satu kelas, dan dapat saling menghormati satu sama lain.

Contoh 2:
Masih banyak orang tua dan guru yang tidak sabar dalam mendidik siswa mereka. Padahal, butuh proses dan kesabaran untuk mendidik anak. Ini sejalan dengan definisi pendidikan untuk menurt Plato. Menurut salah satu filsuf Yunani legendaris, pendidikan adalah proses yang panjang dan seumur hidup, karena manusia masih kecil hingga dewasa. Berangkat dari pernyataan ini, kita sebagai orang tua siswa dan guru harus mampu mendidik anak-anak kita atau siswa dengan sabar dan berorientasi pada proses, sehingga anak-anak atau siswa dapat tumbuh dan berkembang secara alami. Dengan begitu, potensi terbaik anak-anak atau siswa kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan alami.

Demikianlah beberapa contoh paragraf persuasif tentang pendidikan dalam Bahasa Indonesia. Untuk menambah wawasan pembaca tentang persuasi dan pendidikan, sejumlah referensi ini dapat diakses oleh semua pembaca, yaitu persuasi esai, contoh esai persuasi tentang pendidikan, contoh kalimat dan paragraf persuasi, contoh paragraf persuasif tentang periklanan, contoh persuasi paragraf tentang kesehatan, contoh persuasi paragraf tentang rokok, contoh paragraf persuasi tentang sampah, dan contoh paragraf persuasif tentang narkoba. Semoga contoh-contoh yang ditampilkan dalam artikel ini dapat dimengerti dan dapat menambah wawasan bagi semua pembaca. Itu saja dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar