2 Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Narkoba

2 Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Narkoba
2 Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Narkoba
Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Narkoba. Narkotika adalah salah satu tema yang biasa dibahas. Contoh esai eksposisi tentang narkoba, contoh argumen paragraf tentang narkoba, contoh paragraf deduktif tentang narkoba, contoh paragraf kausal tentang narkoba, dan contoh paragraf induktif tentang narkoba adalah beberapa artikel tentang tema obat ini. Artikel ini juga memuat tema, di mana tema itu sendiri akan disajikan dalam format satu jenis paragraf berdasarkan isinya, yaitu paragraf persuasi. Paragraf ini adalah paragraf yang berisi undangan, persuasi, dan sejenisnya untuk melakukan sesuatu.



Adapun contoh paragraf persuasi tentang narkoba dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Contoh 1:
Menurut data yang diambil dari berbagai sumber, jenis obat yang ada di dunia telah mencapai 644 jenis, di mana 65 di antaranya sudah masuk ke negara kita. Sayangnya, dari 65 jenis, hanya ada 43 jenis yang tercantum dalam undang-undang. Jadi, tidak ada cara lain bagi kami untuk terus menggali informasi tentang obat-obatan jenis ini, apakah mereka telah terdaftar dalam undang-undang atau tidak. Dengan begitu, kita tidak akan menjadi kelompok orang yang menyalahgunakan fungsi narkoba atau narkotika.

Selain itu, kita juga harus menjaga pemerintah agar jenis obat yang belum terdaftar dapat didaftarkan dalam undang-undang. Ini dilakukan agar pedagang dan pengguna obat-obatan jenis baru dapat diproses secara hukum. Melindungi orang-orang di sekitar dari ancaman narkoba juga layak dilakukan sehingga mereka tidak terseret oleh narkoba.

Untuk alasan ini, mari kita terus belajar tentang jenis-jenis penyalahgunaan narkoba, dan dampaknya, sehingga kita tahu lebih banyak tentang itu, dan dapat menghindari efek buruk dari obat-obatan ini. Selain itu, kita juga harus mengedukasi orang-orang di sekitar kita tentang jenis-jenis narkoba dan bahayanya, sehingga mereka juga dapat terhindar dari efek negatif obat-obatan yang sangat berbahaya bagi diri mereka sendiri dan negara.

Contoh 2:

Upaya untuk memerangi penyalahgunaan narkoba seharusnya tidak hanya dilakukan melalui demonstrasi atau poster belaka. Penyebaran atau pengenalan jenis-jenis obat - baik yang lama maupun yang lama - patut dilakukan. Hal ini dilakukan agar orang tahu apa saja yang termasuk dalam jenis obat, serta apa bentuk dan efek negatif dari penggunaan obat ini. Sosialisasi dapat dilakukan dari daerah terpencil hingga pusat kota. Dengan begitu, orang tidak mudah tertipu ketika ada pedagang yang menawarkan obat-obatan dalam mode yang obatnya adalah "obat multivitamin" "antidepresan," dan sebagainya.

Jadi, pemerintah dan pihak terkait lainnya harus melakukan sosialisasi yang diuraikan, sehingga masyarakat bisa lebih mengenal narkoba. Dengan mengenal narkoba secara mendalam, upaya untuk memerangi penyalahgunaan narkoba akan dimaksimalkan, karena orang-orang sangat mengenal benda yang mereka lawan.

Demikianlah beberapa contoh paragraf persuasi tentang narkoba dalam bahasa Indonesia. Jikalau pembaca masih ingin mengetahui seputar persuasi, pembaca bisa membuka artikel karangan persuasi, contoh karangan persuasi tentang pendidikan, contoh kalimat dan paragraf persuasi, contoh paragraf persuasi tentang iklan, contoh paragraf persuasi tentang kesehatan, contoh paragraf persuasi tentang rokok, dan contoh paragraf persuasi tentang sampah. Adapun pembahasan artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu dalam kajian paragraf persuasi khususnya maupun kajian mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Terima kasih.