Skip to main content

Paragraf Klasifikasi - Contoh Paragraf Klasifikasi tentang Ekonomi

Contoh Paragraf Klasifikasi tentang Ekonomi dalam Bahasa Indonesia – Klasifikasi paragraf adalah salah satu jenis paragraf selain paragraf induktif, paragraf deduktif, paragraf campuran, deskripsi paragraf, argumen paragraf, paragraf naratif, dan sebagainya. Selain itu, klasifikasi paragraf juga merupakan salah satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan.

Paragraf klasifikasi itu sendiri didefinisikan sebagai paragraf yang menggambarkan objek berdasarkan karakteristik atau karakteristik yang terkandung dalam objek. Karakteristik paragraf ini kurang lebih sama dengan karakteristik contoh kalimat klasifikasi, yaitu:


  1. Berisi fakta-fakta akurat, sehingga paragraf ini bersifat informatif.
  2. Berisi penggolongan suatu hal berdasarkan acuan atau ciri-ciri tertentu.
  3. Paragraf klasifikasi bisa memaparkan atau menggolongkan berbagai tema, termasuk ekonomi. 
  4. Terdapat kata digolongkan, dibagi, dan sejenisnya, yang biasanya bisa ditemui di kalimat pertama paragraf klasifikasi.

Berikut ini terdapat contoh paragraf klasifikasi tentang ekonomi dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Dalam kegiatan distribusi, perantara digolongkan menjadi agen, komisioner, dan makelar Agen adalah orang yang mendistribusikan barang ke tiap wilayah tertentu atas nama perusahaan. Sementara itu, komisioner adalah perantara yang mempertemukan penjual dan pembeli atas keinginannya sendiri. Uang yang diterima komisioner nantinya disebut dengan komisi. Makelar adalah perantara yang mempertemukan penjual dan pembeli atas nama perusahaan dan mendapat upah yang disebut dengan kuvasi.

Contoh 2:
Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sangat diminati saat ini terdiri atas bidang usaha kuliner, bidang usaha pakaian, dan bidang usaha digital. Bidang usaha kuliner sangat maju dan diminati pengusaha kecil menengah saat ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rumah makan dan restoran yang terpampang di hampir setiap daerah di Indonesia. Bisnis UKM di bidang pakaian pun juga tak kalah banyak peminatnya dengan UKM kuliner. Banyaknya butik baju–baik online maupun tidak–adalah bukti betapa diminatinya bidang UKM satu ini. Di era digitalisasi saat ini, UKM di bidang internet tentu saja sangat menjanjikan. Maka tak heran, peminat bidang ini juga cukup besar. Dampaknya, sejumlah media daring (online) dan perusahaan rintisan (start up) pun kian menjamur.

Contoh 3:
Kegiatan ekonomi digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi. Kegiatan produksi merupakan usaha manusia untuk menghasilkan atau mengolah sebuah barang ataupun jasa menjadi barang yang berguna. Orang atau kelompok yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Sementara itu, kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang produksi dari produsen ke konsumen yang dilakukan oleh distributor. Dan yang terakhir, konsumen adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan manfaat dari suatu barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Orang yang melakukan kegiatan ekonomi ini disebut konsumen.

Contoh 4:
Kegiatan konsumsi dikelompokkan menjadi kegiatan konsumsi rumah tangga, kegiatan konsumsi perusahaan, dan kegiatan konsumsi negara. Kegiatan konsumsi rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang terdiri dari listrik, makanan, minuman, air dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sementara itu, kegiatan konsumsi perusahaan adalah pemenuhan kebutuhan perusahaan dalam proses produksi, baik itu berupa modal, bahan baku, atau tenaga kerja. Dengan demikian, perusahaan melakukan kegiatan produksi sekaligus kegiatan konsumsi dalam aktivitas ekonominya. Jenis kegiatan konsumsi yang terakhir adalah konsumsi negara. Kegiatan konsumsi di tingkat negara dapat berupa pembuatan anggaran dan belanja negara.


Demikianlah beberapa contoh paragraf klasifikasi tentang ekonomi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar