Skip to main content

Paragraf Campuran - Contoh Paragraf Campuran Singkat

Contoh Paragraf Campuran Singkat dalam Bahasa Indonesia – Satu jenis paragraf adalah paragraf campuran. Paragraf atau paragraf ini adalah paragraf yang memiliki dua kalimat utama, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Kalimat utama pertama berfungsi sebagai ide utama, sedangkan kalimat utama kedua berfungsi sebagai kesimpulan. Keduanya juga memiliki kata kunci yang sama di dalamnya. Pola paragraf ini bersifat umum-spesifik-umum. Artikel ini secara singkat akan memberikan beberapa contoh paragraf campuran.




Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh paragraf campuran singkat dalam bahasa Indonesia.


Contoh 1:
Ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih jurusan yang hendak diambil saat kuliah nanti. Pertama-tama, kita mesti mengetahui terlebih dahulu jurusan-jursan apa saja yang ada di perguruan tinggi. Pelajari secara rinci jurusan-jurusan tersebut. Setelah itu, tentukanlah jurusan kuliah yang akan diambil nanti. Usahakan jurusan tersebut adalah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan begitu, kemungkinan mengambil jurusan kuliah yang salah bisa diantisipasi.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama.  Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas.  Kata kunci: jurusan, dan kuliah.

Contoh 2:
Korek api gas yang tidak terpakai sebaiknya jangan dibuang ke tempat sampah. Sebab, korek tersebut mudah terbakar jika terkena panas. Bila korek gas tersebut masih berisi,maka dampak ledakannya pun akan semakin tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya korek api gas yang tidak terpakai disumbangkan ke tukang isi korek api agar bisa dimanfaatkan kembali.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas, kata kunci: korek gas yang tidak terpakai.

Baca: contoh paragraf deduktif singkat – jenis-jenis paragraf berdasarkan fungsinya – contoh paragraf induktif tentang kesehatan – jenis-jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya – paragraf deduktif induktif dan campuran – contoh paragraf campuran tentang kesehatan

Contoh 3:
Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata lebih tinggi dibanding tahu.Menurut penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari. Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya. Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya, kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.

Contoh 4:
Kegiatan belajar kini tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Proses pembelajaran kini bisa dilakukan secara online. Sejumlah situs menyediakan program pembelajaran online, mulai dari yang berbayar hingga ada yang gratis. Kebebasan memilih mata pelajaran, serta kegiatan belajar yang bisa dilakukan kapan pun adalah kelebihan dari sistem pembelajaran online ini. Kini, kegiatan belajar pun bisa dilakukan secara online.

Kalimat yang dicetak miring pada awal dan akhir paragraf: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring di tengah paragraf: kalimat penjelas. Kata kunci: kegiatan belajar, dan bisa.

Baca: contoh paragraf induktif tentang narkoba – jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya – jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya – contoh paragraf induktif tentang pendidikan – paragraf klasifikasi – contoh paragraf campuran tentang ekonomi – contoh paragraf campuran tentang lingkungan – contoh paragraf campuran tentang olahraga

Contoh-contoh di atas hanya sebagian dari contoh paragraf campuran singkat dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat mengembangkan contoh-contoh di atas atau mengkreasikan sendiri contoh paragraf singkat. Semoga contoh-contoh yang disajikan dapat dipahami oleh pembaca sekalian sekaligus dapat menambah wawasan pembaca dalam ranah berbahasa Indonesia. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar