--> Skip to main content

Paragraf Campuran - 4Contoh Paragraf Campuran tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Campuran tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia –Paragraf campuran itu sendiri adalah paragraf atau paragraf yang memiliki dua kalimat utama, baik yang di awal paragraf dan yang di akhir paragraf. Kalimat utama di awal berfungsi sebagai ide utama. Ide ini diikuti oleh kalimat penjelasan. Di sisi lain, kalimat utama di akhir paragraf berfungsi sebagai kesimpulan paragraf. Kedua kalimat utama satu sama lain memiliki kata kunci yang sama. Pola paragraf ini bersifat umum-spesifik-umum.

kita sudah tahu contoh paragraf campuran ekonomi dan contoh kalimat campuran tentang olahraga. Artikel ini akan menyajikan kembali contoh paragraf campuran dengan tema kesehatan. Tema ini dijadikan contoh dalam beberapa artikel, salah satunya adalah contoh paragraf induktif tentang kesehatan.





jenis-jenis paragraf – contoh paragraf deduktif singkat – contoh paragraf induktif tentang sekolah – contoh paragraf induktif tentang pendidikan – jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya – contoh paragraf induktif tentang lingkungan – contoh paragraf induktif tentang sampah

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh paragraf campuran dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Es teh manis dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam osfalat yang ada di dalam teh. Zat tersebut sulit diurai oleh pencernaan dan akan mengendap di dalam tubuh. Jika kandungan oksfalat makin tinggi, maka zat tersebut akan banyak mengendap di ginjal serta menjadi pemicu penyakit batu ginjal. Itu sebabnya, mengkonsumsi es teh manis harus dilakukan secukupnya.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas, Kata kunci: es teh manis.

Contoh 2:
Buah kersen mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang bernama ilmiah Muntingia Calabura ini mempunyai kandungan vitamin A dan betakaroten yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Sifat inflamasi yang terkandung pada buah ini juga dapat membantu mencegah peradangan serta demam di dalam tubuh. Meskipun kecil, buah kersen ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas, Kata kunci: buah kersen, dan  sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Contoh 3:
Sarapan merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum memulai beraktivitas. Jika tidak dilakukan, maka sejumlah dampak akan dialami oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah: kadar gula dalam tubuh jadi berkurang, bada lemas, dan sulit konsentrasi. Dengan demikian, sarapan sebelum beraktivitas harus dilakukan.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat lainnya: kalimat penjelas, Kata kunci: sarapan, sebelum, beraktivitas,  dan dilakukan.

Contoh 4:
Air seduhan teh hijau bermanfaat dapat menyamarkan bekas luka dengan cepat. Hal itu dikarenakan adanya kandungan Epogallocatechin Gallate (EGCG) yang berkhasiat menyamarkan luka di kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, dimana air seduhan teh hijau hanya tinggal dioleskan ke bagian kulit yang terluka. Dengan demikian, air seduhan teh hijau menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi bekas luka di kulit.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat lainnya: kalimat penjelas, Kata kunci: air seduhan teh hijau, dan bekas luka.
.

Baca: jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya – contoh paragraf deduktif tentang narkoba – contoh paragraf narasi singkat tentang liburan – contoh paragraf induktif tentang narkoba – paragraf klasifikasi – contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari contoh paragraf campuran tentang kesehatan dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat mengembangkan contoh-contoh di atas atau mengkreasikan sendiri contoh paragraf campuran tentang kesehatan. Semoga contoh-contoh dalam artikel ini bermanfaat, dapat dipahami, serta mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik itu dalam memahami paragraf campuran maupun dalam ranah bahasa Indonesia. terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar