Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan

Contoh Teks Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan. Sebelumnya, beberapa contoh argumen paragraf telah disajikan dari berbagai tema, seperti contoh argumen paragraf tentang lingkungan sekolah, contoh argumen paragraf tentang sampah, contoh argumen paragraf tentang narkoba, contoh argumen paragraf tentang kesehatan, dan contoh paragraf paragraf tentang kesehatan, dan contoh paragraf paragraf tentang kesehatan. argumen tentang merokok. Artikel ini juga akan menampilkan contoh dari salah satu jenis paragraf dengan tema tertentu, di mana temanya adalah pendidikan. Tema ini sendiri telah digunakan sebagai tema dalam berbagai artikel, misalnya contoh persuasi tentang pendidikan, contoh pidato tentang pendidikan, penulisan esai tentang pendidikan, contoh paragraf induktif tentang pendidikan, contoh paragraf analogi tentang pendidikan, dan contoh dari paragraf kausal tentang pendidikan.



Adapun contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Contoh 1:


Pendidikan inklusif mesti diterapkan di lingkungan sekolah saat ini. Sebab, dengan diterapkannya sistem pendidikan tersebut, maka anak-anak berkebutuhan khusus bisa belajar bersama dengan anak-anak biasa lainnya, tanpa harus merasa malu ataupun takut didiskriminasi. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan inklusif sendiri yang bertujuan untuk menggabungkan pendidikan umum dengan pendidikan khusus ke daam satu sistem pendidikan demi kepentingan yang sama. Untuk itu, pendidikan inklusif mesti diterapkan di sekolah agar anak-anak biasa dan anak-anak berkebutuhan khusus bisa belajar berdampingan.

Contoh 2:
Umumnya, kita mengenal proses pendidikan berlangsung hanya di sekolah saja. Padahal, pendidikan sendiri juga dapat berlangsung di lingkungan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan apa yang diujarkan oleh Thedore Brameld. Menurut beliau, proses pendidikan yang sesungguhnya lebih luas dibanding proses yang ada di dalam ruang kelas. Menurutnya, pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang memungkinkan masyarakat ada dan tetap berkembang.

Selain luas, proses pendidikan juga berlangsung secara terus menerus, dan tak jarang pendidikan dapat menjadi jalan untuk mendidik seorang pemimpin. Hal ini sesuai dengan ucapan Plato yang mengatakan bahwa pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan seumur hidup dari kecil hingga dewasa, dan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam mewujudkan warga negara yang ideal. Masih menurut Plato, pendidikan juga dapat mengajarkan seseorang tentang bagaimana cara memimpin dan cara mematuhi aturan yang benar.


Contoh 3:


Pendidikan semestinya menuntun para peserta didik untuk menjadi lebih baik dan bahagia, bukan malah menuntut di luar batas kemampuan peserta didik. Hal ini senada dengan definisi pendidikan yang diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara. Menurut beliau, pendidikan didefinisikan sebagai suatu tuntunan dalam hidup tumbuhnya manusia. Artinya, pendidikan mampu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada di dalam diri peserta didik, agar nantinya dapat menjadi manusia yang mampu mencapai keselamatan dan kebahagian hidup yang setinggi-tingginya. Oleh karena itu, pendidikan masa kini mesti diterapkan dengan tujuan menuntun peserta didiknya menjadi lebih baik dan mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya; bukan malah dituntut di luar batas kemampuan mereka.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ruang lingkup pendidikan itu luas, dan prosesnya pun dijalani seumur hidup. Selain itu, pendidikan juga mampu mengajarkan seseorang bagaimana cara memimpin dan mematuhi aturan yang benar.

Demikianlah beberaoa contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca, baik itu di dalam pembahasan paragraf argumentasi khususnya, maupun ranah bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar