Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Kesehatan

Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang Kesehatan. Sebelumnya, kami telah mengetahui contoh paragraf persuasif tentang periklanan. Artikel ini juga akan menunjukkan contoh paragraf persuasi dengan tema khusus lainnya, yaitu kesehatan. Tema itu sendiri telah digunakan sebagai tema dalam berbagai artikel, seperti contoh argumen paragraf tentang kesehatan, contoh esai eksposisi tentang kesehatan, contoh klasifikasi paragraf tentang kesehatan, contoh analogi paragraf tentang kesehatan, contoh teks eksposisi tentang analisis kesehatan , contoh paragraf induktif tentang kesehatan, dan contoh paragraf campuran tentang kesehatan.



Adapun contoh paragraf persuasi tentang kesehatan adalah sebagai berikut.


Contoh 1:
Terlambat sekolah atau harus buru-buru bekerja adalah beberapa alasan mengapa orang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal itu sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika tubuh tidak diberi asupan makanan di pagi hari, tubuh akan kekurangan energi untuk aktivitas sehari-hari. Jika dibiarkan berlanjut, bukan tak mungkin tubuh akan mudah lelah ketika melakukan aktivitas di pagi hari, dan pekerjaan tidak akan bisa dilakukan secara optimal. Karena itu, sarapan wajib. Asupan makanan yang harus dimakan saat sarapan adalah makanan sehat dan bergizi, seperti buah, sayuran, dan oatmeal. Porsi makanan saat sarapan juga tidak harus banyak, yang penting adalah mengisi perut Anda dan menambah energi dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan kuat dan sehat. Karena itu, sekali lagi dikatakan, bahwa sarapan sebelum beraktifitas adalah wajib.

Contoh 2:
Berolahraga sangat penting bagi kesehatan kita. Namun, latihan yang dilakukan tidak boleh melebihi batas kemampuan kita. Karena, latihan yang kita lakukan justru akan menimbulkan malapetaka pada tubuh kita. Olahraga yang berlebihan akan membuat otot dan persendian di tubuh Anda mengalami kram dan rasa sakit yang berlebihan. Sementara itu, detak jantung kita juga akan berdetak dua kali lebih cepat dari biasanya. Jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin serangan jantung akan menyerang tubuh kita. Karena itu, jangan berolahraga terlalu keras. Sebaliknya, kita harus berolahraga secara teratur sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Misalnya, jika kita cukup kuat untuk berolahraga dua kali seminggu, maka berolahraga dengan durasi itu. Dengan begitu, fungsi olahraga sebagai penyebab tubuh sehat akan lebih terasa.

Contoh 3:
Masih banyak yang meragukan manfaat dari jalan kaki. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat baik bagi tubuh kita. Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Hal ini dikarenakan olahraga jalan kaki akan memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang, sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat. Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit, agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

Demikianlah beberapa contoh paragraf persuasi tentang kesehatan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, baik di dalam ranah paragraf persuasi maupun di ranah bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar