Skip to main content

Kumpulan Contoh Kata Pengantar Singkat Lengkap

Contoh Kata Pengantar Singkat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pengantar atau kata pendahuluan adalah keterangan yang berfungsi sebagai pengantar suatu tulisan yang ditulis oleh pengaran dan terletak di bagian awal karya tulis. Kata pengantar juga biasa disebut sebagai prakata.

Selain contoh-contoh kutipan langsung dan tidak langsung, prosedur untuk menulis catatan kaki, dan bagaimana menulis bibliografi, kita juga harus tahu seperti apa penulisan pengantar itu. Karena, kata pengantar sangat penting untuk menyatakan niat kita untuk menulis makalah, dan juga sebagai tempat untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka yang membantu dalam proses pembentukan karya tulis.




Agar lebih paham seperti apa kata pengantar, beriku contoh kata pengantar singkat dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Kata Pengantar

Puji syukur peneliti panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rifho-Nya, peneliti bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Penggunaan Bahasa Jurnalistik Pada Editorial Koran Rakyat Merdeka Edisi November 2016,” Skripsi ini disusun sebagai ajuan skripsi serta sebagai syarat kelulusan.

Dalam penyusunan skripsi ini, peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan membimbing peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini, diantaranya:

  1. Bapak Drs. H. Arif Mubarak. S. Sos., M. Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Bangsa Bandung.
  2. Ibu Drs. Hj, Siti Muslihah. S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Bangsa Bandung.
  3. Ibu Sunarti. S.Sos., M. Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Jurnalistik Universitas Harapan Bangsa Bandung.
  4. Bapak Sidik Afriansyah S.Ikom., M.Ikom selaku Dosen Pembimbing.
  5. Para dosen, serta staf karyawan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Bangsa Bandung.
  6. Bapak Komar Adijaya selaku Pimpinan Redaksi Koran Rakyat Merdeka.
  7. Ibu Nindya Ayuningtyas selaku Redaktur Bahasa Koran Rakyat Merdeka.
  8. Kedua orang tua, kerabat, teman-teman, dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa peneliti sebutkan satu persatu.


Peneliti berharap, semoga skripsi yang telah disusun ini bisa menjadi referensi bagi para mahasiswa yang nantinya akan menyusun skripsi. Selain itu, peneliti juga berharap agar pembaca memberikan kritikan dan saran yang membangun supaya skripsi ini bisa lebih baik lagi.



Bandung, Juni 2017



Peneliti


Contoh 2:
Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala kekuatan dan kesempatan yang telah diberikan, sehingga makalah yang berjudul “Pola Komunikasi Kaum Difabel” ini bisa terselesaikan dan kini telah hadir dihadapan pembaca.

Adapun isi dari makalah yang penulis buat ini adalah tentang bagaimana kaum difabel berkomunikasi dengan sesamanya atau bahkan dengan kaum non difabel. Selain itu, makalah ini juga berisi bagaimana kita selaku kaum non difabel berkomunikasi dengan mereka secara baik dan benar. Dengan begitu, kita bisa saling berkomunikasi dan memahami satu sama lain, sehingga diskriminasi kaum difabel pun bisa teratasi.

Dalam makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, serta kepada pihak lainnya yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.

Makalah ini tentu saja masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan agar makalah ini bisa lebih baik kedepannya.

Bandung, Juni 2016



Penulis


Demikianlah beberapa contoh kata pengantar singkat dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin membuka referensi seputar penulisan dalam karya tulis, pembaca bisa membuka artikel tata cara penulisan gelar, kaidah penulisan kata depan dan kata ganti sesuai EYD, serta contoh penulisan catatan kaki dan daftar pustaka. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar