Skip to main content

Kumpulan Contoh Kata Pengantar Buku Yang Baik Dan Benar

Contoh Kata Pengantar Buku. Dalam penulisan ilmiah, semi-ilmiah dan non-ilmiah, elemen pengantar tentu saja ada contoh kutipan langsung dan tidak langsung, prosedur untuk menulis catatan kaki, cara menulis bibliografi, dan prosedur penulisan judul. Salah satu esai yang mengandung unsur-unsur pengantar adalah sebuah buku, baik itu buku teks, buku fiksi, atau biografi. Beberapa contoh kata pengantar dari esai akan ditampilkan di artikel ini.



Adapun contoh kata pengantar buku dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.


Contoh 1:
Kata Pengantar


Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang telah tercurah, sehingga penulis bisa menyelesaikan Buku Panduan Penelitian Kualitatif ini. Adapun tujuan dari disusunnya buku ini adalah supaya para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara membuat penelitian yang berbasis kualitatif, terlepas apapun jurusan yang mereka tempuh.

Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis seorang. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, rekan-rekan, dan pihak-pihak lainnya yang membantu secara moral dan material bagi tersusunnya buku ini.

Buku yang tersusun sekian lama ini tentu masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan agar buku ini bisa lebih baik nantinya.



Bandung, 3 Desember 2007

Penulis


Contoh 2:
Kata Pengantar

Jika mendengar kata komunikasi, maka yang terbayang di benak kita adalah percakapan antar dua orang. Padahal, komunikasi tak hanya terjadi dalam percakapan dua orang. Komunikasi sendiri bahkan dapat dilakukan dengan diri sendiri. Adapun proses komunikasi yang dilakukan kepada diri sendiri disebut dengan komunikasi intrapersonal.

Menurut Devito (1997), komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi merupakan komunikasi dengan diri sendiri yang bertujuan untuk berpikir, merenung, dan menganalisis. Dengan melakukan komunikasi ini, seseorang dapat lebih mengenal diri mereka lebih dalam.

Sayangnya, komunikasi ini belum sepenuhnya diketahui banyak orang. Selain itu, buku-buku yang membahas komunikasi ini pun juga belum terlalu banyak. Padahal, komunikasi intrapersonal sangat penting untuk diketahui, terutama untuk orang-orang yang mengalami krisis identitas atau orang yang belum sepenuhnya mengenal diri mereka sendiri.

Oleh karena itu, penulis menyusun buku yang berjudul “Pengantar Komunikasi Intrapersonal ini.” Penulis berharap, buku ini dapat membuat pembaca sekalian menjadi lebih paham apa itu komunikasi intrapersonal dan bagaimana cara melakukannya. Selain itu, diharapkan juga buku ini dapat menambah khazanah karya ilmiah seputar ilmu komunikasi.

Buku ini dapat tersusun dengan baik karena bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada keluarga, sahabat, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa penulis ucapkan satu persatu.

Penulis juga berharap kritik dan saran yang membangun untuk buku ini. Sebab, penulis sangat menyadari bahwa buku yang disusun ini masih jauh dari kesempurnaan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.



Bandung, 29 September 2017

Penulis


Demikianlah contoh kata pengantar buku dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin melihat contoh kata pengantar lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh kata pengantar singkat dan contoh kata pengantar proposal. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik dalam ranah kata pengantar khususnya maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar