Skip to main content

Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya

Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya. Kepenulisan adalah makalah yang berisi komposisi seseorang dalam bentuk cerita atau tulisan yang memiliki tujuan tertentu. Karangan dibagi menjadi beberapa jenis, baik berdasarkan berat isi, atau berdasarkan pada bagaimana mereka disajikan. Dalam artikel ini, kita akan menemukan esai mana yang termasuk dalam jenis esai berdasarkan cara mereka disajikan. Esai adalah sebagai berikut!




1. Karangan Eksposisi

Karangan ini merupakan merupakan karangan yang disajikan dengan cara atau proses pembuatan suatu hal. Berbeda dengan dua jenis karangan sebelumnya, jenis karangan ini sifatnya sangatlah objektif. Adapun ciri-ciri yang melekat pada karangan ini adalah sebagai berikut ini!

  • Berisi proses pembuatan suatu hal.
  • Bersifat objektif dan informatif.
  • Bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca.

2. Karangan Narasi

Berbeda dengan karangan eksposisi, karangan ini merupakan karangan yang disajikan dengan cara menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa secara runtut dan kronologi. Adapun beberapa ciri dari karangan ini antara lain:

  • Berisi tentang suatu peristiwa yang disampaikan secara runtut dan kronologis.
  • Bersifat relatif (bisa subjektif, bisa juga objektif).
  • Bertujuan untuk memberi tahu pembaca akan suatu peristiwa yang telah terjadi.


3. Karangan Persuasi

Jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya yang terakhir adalah karangan persuasi. Karangan ini merupakan karangan yang disajikan dengan cara menuliskan beberapa fakta yang di dalamnya tersimpan ajakan khusus kepada pembaca agar pembaca melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulis.

Adapun ciri-ciri karangan ini antara lain:

  • Berisi ajakan untuk melakukan sesuatu atau membeli suatu produk.
  • Bersifat subjektif.
  • Bertujuan agar pembaca mau membeli produk yang ditawarkan atau mau melakukan apa yang hendak diperintahkan oleh penulis.

4. Karangan Argumentasi

Jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya yang pertama adalah karangan argumentasi. Karangan ini merupakan jenis karangan yang disajikan dengan cara menampilkan sejumlah fakta, lalu kemudian di dalamnya disampaikan argumentasi atau pendapat dari sang penulis. Jadi, bisa disimpulkan bahwa karangan argumentasi merupakan karangan yang menjadikan argumentasi atau pendapat sang penulis sebagai unsur utamanya.

Adapun beberapa ciri yang melekat pada karangan ini antara lain:

  • Argumentasi sang penulis menjadi elemen utamanya, di mana argumentasi ini biasanya disampaikan di tengah atau menjelang akhir sebuah karangan.
  • Menampilkan sejumlah fakta yang memperkuat argumentasi atau pendapat sang penulis.
  • Mengandung subjektivitas penulis, mengingat bahwa isi karangan ini adalah argumentasi dari sang penulis.


5. Karangan Deskripsi

Jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya yang kedua adalah karangan deskripsi. Karangan ini sendiri adalah sebuah karangan yang disajikan dengan cara menggambarkan sebuah objek secara terperinci, sehingga pembaca seolah-olah ada di dekat objek tersebut. Adapun beberapa ciri yang melekat dari karangan ini antara lain:

  • Berisi gambaran suatu objek yang ditulis secara terperinci.
  • Objek bisa berupa ruangan, orang, ataupun makhluk hidup lainnya.
  • Bersifat relatif, entah itu objektif maupun subjektif, tergantung dari bagaimana si penulis hendak menyampaikan karangan ini.
  • Bertujuan untuk memberi pembaca gambaran dari suatu objek.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis karangan berdasarkan cara penyajiannya. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh dari kelima jenis karangan di atas, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel beirkut ini, yaitu: contoh karangan argumentasi tentang lingkungan, contoh karangan deskripsi singkat, contoh karangan eksposisi singkat, contoh karangan narasi tentang pendidikan, serta artikel contoh karangan persuasi tentang pendidikan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar