Contoh Tajuk Rencana Singkat

Contoh Tajuk Rencana Singkat. Salah satu jenis esai semi-ilmiah adalah editorial. Editorial itu sendiri adalah artikel di media massa yang berisi tanggapan atau pandangan media tentang masalah yang saat ini sedang hangat di masyarakat. Editorial itu sendiri biasanya ditulis oleh beberapa orang yang secara khusus ditunjuk oleh editor. Masalah yang dibahas bukan hanya masalah panas di komunitas. Masalah yang dibahas dalam editorial biasanya merupakan masalah yang relevan untuk ditanggapi, baik oleh media maupun komunitas.

Pada artikel ini, kita akan menemukan satu contoh editorial. Contoh ini sendiri adalah contoh editorial yang diambil dari media massa dan ditulis secara singkat, lebih pendek dari versi aslinya. Contohnya adalah sebagai berikut!




Memperbaiki Kompetensi ASN*

Sebanyak 60% dari total 4,5 juta Aparatur Sipil Negara (ASN, pena) ternyata hanya menguasai kemampuan administrasi. Tidak lebih dari 40% memiliki keahlian teknis. Data dipresentasikan oleh Menteri Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, pekan lalu. Apakah data ini mengejutkan?

Fakta ini sebenarnya sudah lama terjadi. Bahwa kementerian PANRB hanya menyadarinya dalam bentuk jumlah dan persentase setelah pemetaan selama satu bulan terakhir, itulah fakta baru. Berdasarkan UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), ASN adalah profesi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang bekerja di lembaga pemerintah.

Agar negara ini bergerak cepat untuk menyeimbangkan kemajuan negara lain, tentu saja lebih banyak ASN yang memiliki keahlian khusus, tidak terbatas pada kemampuan administratif. Yang kemudian menjadi masalah, ternyata lebih banyak ASN yang tidak memiliki keahlian teknis. Perhitungan sederhana, 60% dari total 4,2 juta ASN berarti bahwa ada sekitar 2,7 juta ASN tidak terampil di seluruh negeri.

Itu berarti ada sesuatu yang salah dengan rekrutmen mereka, Kita setuju dengan Asman yang menyatakan, tidak sedikit dari 60% ASN direkrut melalui rute yang dipercayakan. Bagaimana seseorang dengan keahlian dan prestasi dapat dihilangkan oleh mereka yang hampir tidak tahu apa-apa, bukanlah cerita baru. Karena fakta ini telah terjadi, dapat kita bayangkan seberapa parah kerusakan pada sistem di negara kita.

Dengan kondisi seperti ini, pilihannya memang hanya dua, masih gigih dengan staf yang ada atau memberhentikan mereka yang tidak memiliki keahlian teknis. Untuk saat ini, pemerintah akan mengambil jalur pertama, yang akan mendidik 60% dari ASN. Untuk mendukung langkah ini, presiden - kata Asman - menginstruksikan semua lembaga pendidikan di bawah Departemen Dalam Negeri (termasuk IPDN) untuk meningkatkan. Instruksi serupa disampaikan kepada lembaga pendidikan di bawah kementerian lain, seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Perhubungan.

Itulah contoh editorial dari rencana singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan baru untuk semua pembaca, baik mengenai editorial khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Jika pembaca ingin menambah referensi ke hal-hal yang berkaitan dengan jenis esai semi-ilmiah, pembaca dapat membuka artikel berikut ini, yaitu: jenis-jenis esai, struktur esai yang baik, cara membuat esai yang benar, contoh ulasan buku baru, contoh ulasan buku cerita pendek, dan artikel tentang cara menulis ulasan film.

Sekian dan juga terima kasih.

*Dikutip dari koran Pikiran Rakyat edisi Senin, 29 Agustus 2016 (dengan sedikit perubahan).

Belum ada Komentar untuk "Contoh Tajuk Rencana Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel