--> Skip to main content

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga, Pacar, dan Sahabat

Surat Pribadi adalah surat yang digunakan untuk menyampaikan berita / informasi yang dibuat / dikirim oleh seseorang sebagai pribadi. Secara umum, surat pribadi bersifat pribadi / informal, gratis, menggunakan bahasa sehari-hari, dan mengandung masalah pribadi.

Sebelum Anda lebih dekat dengan memahami surat pribadi, seperti elemen surat pribadi, Anda perlu memahami bahwa surat pribadi yang ditulis atas nama pribadi atau individu dapat ditujukan kepada individu secara tidak resmi atau kepada lembaga / lembaga semi-resmi.



Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Teman dan Keluarga

Anda perlu memperhatikan unsur / sistematika huruf-huruf pribadi karena unsur-unsur surat pribadi berbeda dengan unsur-unsur surat resmi / bisnis dan surat perdagangan / perdagangan. Unsur-unsur / sistematika surat pribadi umumnya terdiri atas bagian pengantar, isi, dan penutup.

Sistematika adalah sebagai berikut:


  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat, Contoh: Jakarta, 12 April 2011
  2. Alamat tujuan / surat, Contoh: Teman saya Leona di Kota Gudeg, Yogyakarta
  3. Sambutan pembuka, Contoh: Assalamu’alaikum Wr.Wb., Salam, Salam, Nona.
  4. Membuka surat / paragraf pembuka, Contoh: Hai, apa kabar sekarang? ...
  5. Isi isi surat / paragraf, Contoh: Ternyata saya sudah pindah ke Bandung selama tiga bulan. ...
  6. Menutup surat / paragraf penutup, Contoh: Nay, surat saya sampai di sini dulu, ya. ...
  7. Salam penutup, Contoh: Wassalamu’alaikum Wr.Wb., salam manis selalu, salam
  8. Nama pengirim dan tanda tangan, Contoh: Teman Anda, Aisyah.


Selain memahami sistematika huruf-huruf pribadi di atas, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis surat pribadi, yaitu.


  1. Dalam menulis tanggal surat, Anda harus memasukkan nama kota tempat Anda menulis surat, tanggal, bulan, dan tahun penulisan. Menulis tempat dan tanggal surat ini di sudut kanan atas.
  2. Dalam menulis alamat surat, Anda setidaknya harus menyertakan nama orang yang Anda tuju. Bisa juga diikuti dengan nama kota tempat tinggal atau sebutan untuk kota tempat tinggalnya.
  3. Dalam menulis huruf pembuka / paragraf pembuka, Anda dapat menggunakan kata sambutan khusus, seperti hello, hi, teman imut saya, saudara laki-laki saya yang tampan.
  4. Dalam menulis isi surat, Anda dapat menggunakan bahasa sesuai dengan keinginan, tetapi tetap memperhatikan etika dan bahasa sopan kepada orang yang mengirim surat.



Macam & Contoh Surat Pribadi

Setelah kita membaca pengertian , sistematika serta tips membuat surat pribadi, maka tiba saatnya untuk mengetahui apa saja contoh - contoh surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat atau Teman yang pindah Sekolah

 Jakarta, 9 Mei 2011
Teruntuk Azria Husna
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

Sahabatmu,


Afifah Wardah

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris
contoh surat pribadi dalam bahasa inggris

Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara

contoh surat pribadi kepada saudara
contoh surat pribadi kepada saudara 

Contoh Surat Pribadi Pendek / Singkat

contoh surat pribadi pendek
contoh surat pribadi pendek

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

contoh surat pribadi untuk keluarga
contoh surat pribadi untuk keluarga

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

contoh surat pribadi untuk orang tua
contoh surat pribadi untuk orang tua

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Singkat

surat pribadi untuk sahabat singkat
surat pribadi untuk sahabat singkat

Contoh Surat Untuk Teman Sekelas

surat untuk teman sekelas
surat untuk teman sekelas


Demikian contoh-contoh surat pribadi untuk sahabat, teman dan keluarga. semoga contoh dan tips yang kami berikan senantiasa bermanfaat bagi pengunjung blog contohsuratmu.com ini. apabila contoh surat yang kamu cari tidak ada, silahkan request kepada kami melalui halaman request contoh surat ataupun kolom komentar dibawah ini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar