Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak / Adik Atau Saudara

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak / Adik Atau Saudara. Dalam artikel sebelumnya kami membahas contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris. Dalam artikel ini kita masih akan membahas materi tentang surat pribadi. Apa yang akan menjadi topik diskusi kita kali ini adalah Surat Pribadi Sampel untuk Saudara. Berikut ini adalah diskusi lengkap tentang Contoh Surat Pribadi untuk kakak.

Surat adalah surat yang ditujukan kepada seseorang, baik teman, saudara, atau orang tua atas nama pribadi. Sebelum menginjak Surat Sampel Pribadi untuk Kakak / Adik Atau Saudara, kami ingin mengingatkan pembaca tentang perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi. Hal-hal berikut termasuk:


1. Pengirim dan penerima

Perbedaan pertama ada pada pengirim dan penerima surat. Surat-surat resmi selalu identik dengan perusahaan atau lembaga baik pendidikan, keuangan, dan pemerintah. Pihak-pihak ini biasanya bertindak sebagai pengirim dan penerima surat. Sedangkan surat pribadi biasanya digunakan oleh sesama keluarga atau teman.

2. Kop surat

Perbedaan selanjutnya ada pada kop surat. Jika surat resmi diperlukan untuk kop surat resmi karena sifatnya yang formal dan dikeluarkan atas nama agensi, maka dengan surat pribadi kita tidak perlu menggunakan kop surat atau agen karena surat itu dikirim atas nama pribadi.

3. Angka, materi pelajaran, lampiran

Seperti yang kita diskusikan di atas, pengirim dan penerima surat pribadi bukanlah agensi atau perusahaan, jadi kita tidak perlu menggunakan "pelengkap" seperti nomor surat, materi pelajaran, dan lampiran.

4. Bahasa

Perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi adalah bahasa yang digunakan. Surat resmi selalu menggunakan bahasa standar karena sifatnya yang formal. Sementara surat pribadi mungkin menggunakan bahasa yang lebih lugas. Bahkan bahasa daerah kami atau bahasa sehari-hari. Atau jika kita ingin kita dapat menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan sebagainya.

Untuk pembaca yang membutuhkan referensi untuk membuat Surat Pribadi untuk Suster, di sini kami menyediakan beberapa Surat Pribadi untuk Kakak / Adik Atau Saudara.

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Kandung 


Pati, 2 Januari 2018

Untuk Mas Jaka
Di Yunani

Salam kangen,
Gimana kabarmu di Yunani, Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini seperti ada yang kurang tanpa kehadiran Mas Jaka di rumah. Gimana dengan pendidikanmu di sana, Mas? Mama pingin tahu perkembangannya.

Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mas, akhir tahun ini mama dan papa akan berangkat umroh. Pasti bakalan sepi banget rumahnya cuma ada aku, Dharma, dan mbok Jah. Liburan akhir tahun ini Mas bisa pulang kah?

Oh ya, aku juga ingin minta pendapat Mas Jaka. Setelah lulus SMA nanti aku ingin kuliah di Jogja, menurut Mas gimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota nantinya cuma ada mbok Jah dan Dharma yang menemani mama dan papa. Aku tunggu balasan suratmu, dan jangan lupa oleh-oleh dari Yunani pas pulang nanti. Hehehe…


Adik tercantikmu,


Nawang

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Sepupu 


Yogyakarta, 2 Januari 2018
Buat Kak Putri
Di Malang

Assalamu alaikum…
Apa kabar, Kak? Semoga sehat selalu. Gak kerasa udah hampir 2 tahun kita gak pernah ketemu. Maklum karena Kakak pasti sibuk dengan pekerjaannya dan aku juga lagi sibuk sama kuliahku. Apalagi semester ini aku mulai ngerjain skripsi. Mohon doanya semoga cepat kelar dan bisa wisuda tahun ini.

Oh ya, ayah dan ibu titip salam buat Kak Putri. Mereka udah mulai kangen berat sama cucunya di Malang. Liburan akhir tahun ini rencananya kami mau main ke Malang. Nanti ajak aku ke Bromo ya, Kak. Udah itu aja, sampai jumpa akhir tahun nanti.
Wassalamu alaikum…

Adikmu,



Jasmine

Contoh Surat Pribadi yang Pendek

Demikian artikel tentang Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak / Adik Atau Saudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel