--> Skip to main content

10 Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Korespondensi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dahulu kala. Dari apa yang manusia gunakan untuk menggunakan binatang seperti burung untuk mengirim pesan ke tempat yang jauh, sampai sekarang manusia hanya perlu menyentuh tangan mereka dan beberapa detik untuk dapat menyampaikan pesan kepada orang-orang yang berjarak ribuan kilometer. Semua itu merupakan evolusi dalam dunia korespondensi.

Contoh Surat Pribadi untuk Teman, Teman, dan Keluarga

Jika pada beberapa kesempatan sebelumnya kita telah membahas berbagai contoh surat resmi seperti Contoh Pemberitahuan Resmi, Contoh Surat Dinas Resmi Pelayanan Yang Benar, Contoh Tugas Lengkap Terbaru, hingga Contoh Surat Terima Kasih, kali ini kita akan membahas materi yang sedikit berbeda dari biasanya. Apa yang akan menjadi topik diskusi kita kali ini adalah Surat Pribadi Contoh dalam Bahasa Inggris.



Sebelum menginjak Personal Sample Letter dalam bahasa Inggris, alangkah baiknya jika kita mengetahui sebelumnya perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi. Hal-hal berikut termasuk:

1. Pengirim dan Penerima
Perbedaan pertama ada pada pengirim dan penerima surat. Surat-surat resmi selalu identik dengan perusahaan atau lembaga baik pendidikan, keuangan, dan pemerintah. Pihak-pihak ini biasanya bertindak sebagai pengirim dan penerima surat. Sedangkan surat pribadi biasanya digunakan oleh sesama keluarga atau teman.

2. Kop surat
Perbedaan selanjutnya ada pada kop surat. Jika surat resmi memerlukan kop surat karena sifatnya yang formal, maka pada surat pribadi kita tidak perlu menggunakan kop surat atau agen.

3. Angka, materi pelajaran, lampiran
Seperti yang kita diskusikan di atas, pengirim dan penerima surat pribadi bukanlah agensi atau perusahaan, jadi kita tidak perlu menggunakan "pelengkap" seperti nomor surat, materi pelajaran, dan lampiran.

4. Bahasa
Perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi adalah bahasa yang digunakan. Surat resmi selalu menggunakan bahasa standar karena sifatnya yang formal. Sementara surat pribadi mungkin menggunakan bahasa yang lebih lugas. Bahkan bahasa daerah kami atau bahasa sehari-hari. Atau jika kita ingin kita dapat menggunakan bahasa asing (bahasa Inggris) karena kami akan memberikan contoh di bawah ini.

Sekarang, setelah mengetahui perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi di atas, kita sekarang masuk dalam Surat Pribadi Contoh dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa Contoh Surat Pribadi dalam bahasa Inggris sebagai bahan referensi bagi pembaca juga:

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris beserta Arti dan Terjemahannya


Yogyakarta, 5 December 2017

Dear Vanessa,
Thank you so much for your last letter. It was great to hear from you after so many months. You seem to be having a nice time in Estonia.
Thanks also for the photos. I absolutely loved that snap of yours standing beside a snowman. Estonia looks amazing. Someday, I would definitely like to go there.
There's not much happening here. I am busy with my part time job and college.
By the way, will you coming to Indonesia anytime soon? If you are, let me know the dates and we can arrange to meet up.

Hope to see you soon,


Riyo

Terjemahan :

 Yogyakarta, 5 Desember 2017

Untuk Vanessa,
Terima kasih banyak atas surat terakhirmu. Senang sekali mendengar kabar darimu setelah berbulan-bulan. Sepertinya kamu sangat senang di Estonia.

Terima kasih juga untuk foto-fotonya. Aku benar-benar menyukai jepretanmu yang berdiri di samping manusia salju. Estonia terlihat menakjubkan! Suatu hari nanti, aku pasti akan pergi ke sana.
Tidak banyak yang terjadi di sini. Aku sibuk dengan pekerjaan paruh waktu dan kuliahku.

Ngomong-ngomong, apakah kamu akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat? Jika ya, beritahu aku tanggalnya dan kita bisa mengatur untuk bertemu.

Aku berharap dapat segera bertemu denganmu,



Riyo

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris Tentang Ulang Tahun 

contoh surat pribadi bahasa inggris tentang ulang tahun
contoh surat pribadi bahasa inggris tentang ulang tahun

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Ibu

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris untuk ibu
contoh surat pribadi dalam bahasa inggris untuk ibu

Contoh Surat Pribadi Kepada Teman Tentang Liburan

contoh surat pribadi kepada teman tentang liburan
contoh surat pribadi kepada teman tentang liburan

Contoh Surat Pribadi untuk Guru dalam Bahasa Inggris

contoh surat pribadi untuk guru dalam bahasa inggris
contoh surat pribadi untuk guru dalam bahasa inggris

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak dalam Bahasa Inggris

contoh surat pribadi untuk kakak dalam bahasa inggris
contoh surat pribadi untuk kakak dalam bahasa inggris

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun dalam Bahasa Inggris beserta Artinya

contoh surat undangan ulang tahun dalam bahasa inggris beserta artinya
contoh surat undangan ulang tahun dalam bahasa inggris beserta artinya

Contoh Surat Untuk Sahabat Pena dalam Bahasa Inggris

contoh surat untuk sahabat pena dalam bahasa inggris
contoh surat untuk sahabat pena dalam bahasa inggris
Demikian artikel mengenai contoh surat pribadi dalam bahasa inggris yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jika surat yang anda cari tidak anda temukan pada artikel ini. Silahkang gunakan fitur request contoh surat diatas.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar