Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Resmi

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Resmi, Bagi Anda yang bekerja di perusahaan baik yang diposisikan sebagai direktur, manajer, dan karyawan biasa harus terbiasa dengan istilah Termination of Employment (PHK). Penghentian kerja ini adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau agen kepada karyawan yang tujuannya adalah untuk mengakhiri kerja sama antara perusahaan atau agen dan orang yang bersangkutan. Dengan kata lain, orang yang menerima Surat Pengakhiran secara resmi telah diberhentikan dari pekerjaannya di perusahaan.

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Resmi. Surat Pengakhiran ini diberikan kepada karyawan karena beberapa alasan. Beberapa alasan umum untuk mengeluarkan Surat Hubungan Pemutusan adalah misalnya karyawan yang bersangkutan terbukti telah melakukan tindakan atau kesalahan fatal yang dapat mengancam nama baik atau masa depan perusahaan. Alasan lain adalah karena karyawan yang bersangkutan tidak lagi produktif atau tidak menunjukkan peningkatan kinerja pada waktu tertentu. Maka alasan yang cukup klasik adalah karena kebijakan perusahaan itu sendiri sebagai langkah efisiensi dengan memangkas jumlah karyawan. Alasan ketiga adalah bahwa biasanya akan mengeluarkan surat pengakhiran secara bersamaan untuk beberapa karyawan yang kinerjanya dianggap kurang dari karyawan lain.

Ada beberapa poin penting yang harus dimasukkan saat membuat Surat Pengakhiran ini. Beberapa hal penting ini termasuk:

  1. Kepala surat (kop perusahaan)
  2. Nomor surat
  3. Perihal
  4. Orang yang dituju (bisa juga dimasukkan pada isi surat dengan menyebutkan identitas orang yang bersangkutan)
  5. Isi surat (umumnya berisi nama karyawan yang akan diberhentikan, alasan pemutusan hubungan kerja, serta tanggal resmi pemutusan hubungan kerja tersebut)
  6. Ucapan terima kasih
  7. Tempat dan tanggal surat
  8. Tanda tangan dan nama terang

Bagi Anda yang masih mengalami kebingungan dalam menyusun Pengakhiran Ketenagakerjaan ini (PHK) atau hanya membutuhkan referensi ke Contoh Penghentian Pekerjaan (PHK), seperti biasa kami akan memberikan beberapa Contoh Penghentian Pekerjaan (PHK) untuk Anda pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa Contoh Surat Pengakhiran yang dapat kami sertakan dalam artikel ini:


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Resmi


Contoh 1 :

KOP SURAT

Nomor        : .....
Perihal        : Pemutusan Hubungan Kerja
Lampiran    : -
Yang terhormat,
Sdr. Paijo
Di tempat

    Dengan Hormat,
Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 6(enam) bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari aspek kedisiplinan serta tanggungjawab pekerjaan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdr. Paijo. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 16 Februari 2017 hubungan kerja antara PT. Maju Mundur dengan Sdr. Paijo dinyatakan sudah berakhir. Dan atas nama lembaga, kami menyampaikan permohonan maaf serta ucapan terima kasih atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.

Yogyakarta, 15 Februari 2017
PT. Maju Mundur

Paijan
HRD Manager

Contoh 2 :

KOP SURAT

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : .....
Dengan ini,
Diberitahukan kepada :

Nama    : Paijan
Jabatan  : Staff Produksi

bahwa PT. Telolet Sejahtera memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan Anda terhitung sejak 16 Februari 2017.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan beberapa hal penting meliputi kondisi keuangan perusahaan yang kurang stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, serta kinerja Saudara yang dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.

Demikianlah surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan pengertian Saudara, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Yogyakarta, 15 Februari 2017
Hormat kami,

PT. Telolet Sejahtera



Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel