Contoh CV ( curriculum vitae ) Untuk Lamaran CPNS untuk SMA, D3 dan Sarjana

Contoh CV Untuk Lamaran CPNS - Satu persyaratan yang hampir selalu ada ketika melamar pekerjaan adalah curriculum vitae (CV). Posisi CV sangat penting karena di sini adalah rekam jejak kehidupan pelamar. Mulai dari data pribadi, riwayat pendidikan, keahlian yang dimiliki, sampai pengalaman kerja. Dalam istilah sederhana, CV dapat menjadi ukuran kualitas pelamar. Tidak heran seorang pelamar untuk menempati posisi diukur mulai dari daftar riwayat hidup ini.

Tidak hanya untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, CV ini juga diperlukan saat melamar pekerjaan di perusahaan milik negara dan bahkan CPNS. Nah, CV untuk Aplikasi CPNS inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Sebelum membahas tentang CV Contoh untuk Aplikasi CPNS, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa ketentuan umum terkait persiapan CV untuk Aplikasi CPNS, termasuk:


  1. Curriculum Vitae harus ditulis tangan dengan huruf tinta hitam / ballpoint
  2. CV harus ditandatangani oleh penulis
  3. Membubuhkan cap Rp. 6.000 - (enam ribu rupiah)
  4. Tambahkan foto 3 x 4 dengan latar belakang merah 3 (tiga) salinan


Khusus untuk persyaratan CPNS, biasanya pemerintah telah menyediakan blank atau bentuk khusus untuk curriculum vitae. Secara umum, isi curriculum vitae dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, termasuk:

1. Data Pribadi
Berisi informasi pribadi pelamar CPNS, seperti :
- Nama lengkap
- Tempat dan tanggal lahir
- Jenis kelamin
- Status perkawinan
- Agama
- NIK
- Domisili atau alamat
- Nomor telepon yang bisa dihubungi

Selain beberapa data di atas, beberapa informasi tambahan biasanya disertakan, seperti kebangsaan, etnis, agama, tinggi badan, dan berat badan. Beberapa informasi tambahan ini perlu dimasukkan dalam kaitannya dengan beberapa posisi. Inilah contohnya:


2. Riwayat Pendidikan
Kategori kedua dalam CV Untuk Lamaran CPNS yakni riwayat pendidikan. Bab ini berisi riwayat pendidikan yang pernah ditempuh oleh si pelamar. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bab ini biasanya terbagi menjadi berapa subbab seperti pendidikan formal dan nonformal. Contohnya:


Contoh lain :

3.  Pengalaman Bekerja
Jika Anda sudah pernah bekerja sebelumnya, perlu Anda cantumkan pula riwayat pekerjaan yang pernah dijalani. Ada beberapa keuntungan mencantumkan riwayat pekerjaan ini, misalnya Anda akan dianggap lebih berpengalaman dalam suatu bidang pekerjaan terkait. Contohnya seperti ini :


Contoh lain :


4.  Keterangan Lain
Selain berbagai informasi pokok di atas, dalam CV Untuk Lamaran CPNS biasanya juga akan dicantumkan beberapa keterangan lain. Beberapa di antaranya, seperti :
- Keterangan keluarga
- Pengalaman organisasi
- Keterangan berkelakuan baik
- Keterangan berbadan sehat
- Hobi
- Keterangan tambahan lainnya

Contohnya seperti ini :
 





Selain berbagai komponen di atas, perlu dicatat juga ketika menyusun CV untuk aplikasi CPNS seperti tulisan tangan yang jelas dan rapi menggunakan tinta hitam, tanda tangan, bagian foto, hingga cap. Selain itu, hindari memasukkan informasi yang tidak penting atau tidak terkait dengan formasi atau posisi yang sedang diterapkan. Jangan memanipulasi data pribadi Anda pada riwayat hidup Anda, karena itu dapat dianggap memberikan informasi palsu.

Pada akhir pembuatan CV untuk aplikasi CPNS, pernyataan menyatakan bahwa riwayat hidup benar-benar dibuat, dan jika di masa depan ada informasi yang salah, pelamar bersedia untuk dituntut di pengadilan dan kemampuan untuk bertanggung jawab sesuai dengan hukum yang berlaku.

Belum ada Komentar untuk "Contoh CV ( curriculum vitae ) Untuk Lamaran CPNS untuk SMA, D3 dan Sarjana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel