--> Skip to main content

Contoh Resensi Buku Novel Berjudul “Sunset Bersama Rosie

Beberapa contoh resensi dari berbagai jenis buku sudah di artikel-artikel sebelumnya. Adapun novel sendiri merupakan suatu cerita rekaan yang ditulis lebih panjang daripada cerpen dan biasanya berisi kisah hidup seorang tokoh fiktif beserta dengan watak yang dimilikinya. Novel sendiri termasuk ke dalam jenis-jenis karangan non ilmiah dan juga jenis-jenis prosa baru, selain macam-macam cerpen, jenis-jenis drama, dan macam-macam dongeng.

Adapun artikel-artikel tersebut antara lain contoh resensi non fiksi, contoh resensi buku pelajaran, dan contoh resensi buku cerpen. Artikel kali ini juga akan menampilkan contoh resensi dari jenis buku lainnya, di mana jenis buku yang dimaksud adalah buku novel.




Untuk mengetahui seperti apa bentuk resensi sebuah novel, berikut ditampilkan contoh resensi buku novel dalam bahasa Indonesia!

Resensi Buku Novel “Sunset Bersama Rosie”

Judul: Sunset Bersama Rosie

Penulis: Tere Liye

Cetakan: 2013

Penerbit: Gramedia

Jumlah Halaman: 426

Siapa yang tidak kenal Tere Liye? Kutipan penulis yang selalu hadir di Facebook Home telah menulis banyak novel dengan berbagai genre. Salah satu novelnya adalah Sunset with Rosie. Novel setebal 426 halaman ini berkisah tentang sepasang teman bernama Tegar dan Rosie yang telah berteman sejak mereka masih kecil.

Ketika tumbuh dewasa, Tegar, yang menyimpan perasaan untuk Rosie, hendak mengungkapkan perasaannya kepada sahabatnya. tetapi apa daya, perasaan ini tidak tersampaikan, karena Nathan yang merupakan teman Rosie dan Tegar telah mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu kepada Rosie dan kemudian menerima Rosie. Teguh, sakit hati, lalu pergi dan menghilang dari dua teman. Sampai suatu hari, Tegar kembali untuk bertemu dengan dua sahabatnya dan sejak itu Tegar kembali menjalin hubungan baik dengan mereka berdua, bersama dengan anak-anak mereka.

Suatu ketika, Rosie dan Nathan merayakan ulang tahun pernikahan mereka di sebuah restoran di Jimbaran, bersama dengan anak-anak mereka dan Tegar yang menemani mereka melalui video call. Ketika mereka mengobrol melalui video call, tiba-tiba sebuah bom meledak di area restoran dan menghancurkan semua restoran. Banyak pengunjung yang terluka dan beberapa bahkan meninggal. Salah satu korban adalah Nathan yang harus pergi selamanya. Kepergian Nathan juga membuat hati dan anak-anak Rosie terluka. Sejak itu, Tegar yang merupakan teman dan orang yang mencintai Rosie berusaha mengobati luka Rosie dan anak-anaknya.

Kisah Tegar dalam novel Sunset Bersama Rosie disampaikan dengan gaya bahasa yang ringan dan mengalir. Alur bolak-balik akan membuat pembaca mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa latar belakang peristiwa yang dialami oleh para tokoh, terutama Tegar yang menjadi tokoh sentral dalam novel ini. Selain itu, Tere Liye sebagai penulis mampu menggambarkan beberapa pengaturan latar belakang dalam novel ini. Meskipun Tegar adalah karakter utama, tokoh-tokoh lain seperti Rosie, Nathan, Rosie dan anak-anak Nathan, dan yang lainnya juga memiliki karakter dan daya tarik yang sama dengan karakter utama.


Novel ini juga memiliki pesan moral yang dapat dicerna oleh pembaca, seperti ketulusan untuk melepaskan seseorang yang telah pergi, tentang keindahan pengampunan, dan sebagainya. Karena itu, novel ini layak dibaca karena kelebihan-kelebihan ini.

Demikianlah contoh resensi buku novel dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar