Contoh Karangan Bebas Dengan Tema tentang Kehidupan

Contoh Karangan Bebas tentang Kehidupan. Esai bebas adalah esai yang tidak terikat oleh aturan tertentu. Esai gratis dapat memiliki tema apa saja, termasuk kehidupan. Tema ini sendiri pernah digunakan sebagai tema dalam dua artikel terakhir, yaitu contoh puisi tentang kehidupan dan contoh analogi paragraf tentang kehidupan. Artikel ini akan menyajikan beberapa contoh esai gratis yang menjadikan hidup sebagai tema utama. Contohnya adalah sebagai berikut!



Contoh 1:

Harun Ar-Rasyid pernah berkata, bahwa mengejar dunia seperti halnya mengejar bayang-bayang kita; jika dikejar tidak kunjung dapat, jika ditinggalkan malah mengikuti kita. Dari ungkapan tersebut, kita bisa tafsirkan bahwa kita selaku umat manusia janganlah terlalu ambisius dan antusias dalam mengejar dunia. Sebab, semakin terus dikejar, maka dunia akan semakin menjauhi kita dan membuat kita terus mengejarnya hingga melupakan segalanya, termasuk melupakan-Nya.

Sebaliknya, jika kita tidak terlalu mengejar dunia, justru dunialah yang akan menghampiri diri kita. Oleh karenanya, kita selaku umat manusia janganlah terlalu mengejar dunia, karena dunia akan menghampiri kita dengan sendiinya, dan mengejar-ngejarnya adalah suatu kesia-siaan.

Meskipun kita tidak boleh terlalu mengejar dunia, bukan berarti kita hanya berdiam diri saja dan terus-menerus berdoa kepada-Nya tanpa henti. Kita harus tetap bekerja dan berkarya semaksimal mungkin. Asalkan, semua itu kita lakukan atas dasar untuk mencari keridaan-Nya dan bukan untuk meraih keduniawiaan. Sebab, jika Dia sudah rida kepada kita, maka Dia pasti akan memberikan dunia kepada kita.

Contoh 2:

Roda senantiasa berputar, terkadang ada di atas terkadang ada di bawah. Perumpamaan itu serupa dengan kehidupan kita selaku manusia di dunia ini. Kadangkala hidup kita berada di atas puncak kesuksesan dan kadangkala kita berada di ujung jurang kegagalan. Siklus tersebut tentu saja sulit kita hindari. Kita hanya bisa menerima sekaligus mencoba bertahan dan berusaha sebaik mungkin. Tidak lupa, kita juga harus terus berdoa dan tawakal kepada-Nya, karena hanya Dialah yang mampu membolakbalikkan kehidupan kita seperti roda yang berputar.

Dalam meminta kepada-Nya, seringkali kita meminta agar terus berada di atas. Padahal, seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa kehidupan ini adalah seperti roda berputar yang kadang di atas dan kadang di bawah. Alangkah lebih baik jika kita meminta kepadanya supaya kita diberi kekuatan untuk bertahan di segala kondisi kehidupan dan juga diberi kekuatan untuk terus bersyukur kepada-Nya.

Sejatinya, kehidupan yang bagaikan roda berputar ini adalah sebuah bentuk pelajaran bagi manusia agar tidak sombong saat ada di atas, dan agar tidak rendah diri saat ada di bawah. Oleh karenanya, silus hidup tersebut mesti kita terima dan pahami dengan baik supaya kita menjadi insan yang lebih rendah hati dan terus rajin berikhtiar.


Demikianlah beberapa contoh karangan bebas tentang kehidupan dalam bahasa Indonesia. Untuk menambah referensi soal karangan, pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: cara menulis resensi buku, contoh biografi orang sukses, contoh autobiografi singkat tentang diri sendiri, dan contoh karangan persuasi tentang pendidikan. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan wawasan tersendiri bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai karangan bebas pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih, serta mohon maafkan atas semua kesalahan yang ada pada artikel kali ini.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Karangan Bebas Dengan Tema tentang Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel