--> Skip to main content

Contoh Karangan Bebas Bertema tentang Persahabatan

Contoh Karangan Bebas tentang Persahabatan. Beberapa contoh karagan gratis telah ditunjukkan di sejumlah artikel yang lalu. Artikel-artikel itu termasuk contoh esai gratis tentang kehidupan, contoh esai gratis tentang lingkungan sekolah, dan contoh esai gratis tentang cita-cita. Artikel ini juga akan menyajikan contoh tema gratis dengan tema khusus, yaitu persahabatan. Tema ini sendiri telah digunakan sebagai tema dalam beberapa artikel, seperti contoh cerita pendek tentang persahabatan, contoh dialog dua orang tentang persahabatan, dan contoh drama pendek tentang persahabatan.



Adapun contoh karangan bebas bertema persahabatan tersebut adalah sebagai berikut!

Contoh Karangan Bebas tentang Persahabatan

Saya adalah seorang siswa baru yang pindah sekolah ke luar kota yang menghadiri sekolah menengah ini. Ketika saya memasuki sekolah menengah ini, guru menyuruh saya untuk memperkenalkan diri dan menyuruh saya duduk dengan rekan senegaranya yang akan menjadi sahabat saya, Adnan. Mulai berkenalan dengannya, saya melihatnya sebagai pria yang tenang, ramah dan santai. Berbeda dengan saya yang cerewet, ceroboh, dan mudah panik. Selama duduk bersama saya, dia selalu memberi tahu saya tentang lingkungan di kelas dan sekolah saya, dan karakter dari masing-masing guru dan teman-teman saya. Dia juga menjadi orang pertama yang saya tanyakan tentang pekerjaan rumah di sekolah ketika saya tidak pergi ke sekolah.

Selain dikenal sebagai anak yang tenang, ramah, santai, dan baik, Adnan ternyata juga anak yang cerdas dan prestasi akademiknya cukup baik. Ini dibuktikan dengan masuknyanya ke 10 besar di kelas saya. Meski cerdas, tetapi Adnan tidak pernah menunjukkan kecerdasannya dan cenderung tidak berambisi mengejar peringkat. Baginya, hal terpenting dari sekolah adalah pengetahuan yang kita pelajari dan gunakan, bukan peringkat atau nilai tinggi. Sebagai siswa sekolah menengah, pemikirannya tentang sekolah cukup cemerlang bagi saya. Dan karena kata-katanya, saya menjadi lebih rajin belajar dan menikmati setiap proses belajar di sekolah.

Sebagai teman, dia adalah teman yang selalu ada ketika aku membutuhkannya, apakah itu untuk sekolah atau bisnis pribadiku. Suatu hari dia membujuk guru BK untuk tidak mengeluarkan saya dari sekolah. Pada saat itu, saya punya masalah dengan salah satu siswa di kelas lain dan siswa itu membuat fitnah dengan meletakkan sebungkus rokok di meja saya selama jam istirahat. Pada saat itu, Adnan membela saya di depan guru BK dan dia menempatkan dirinya sebagai saksi atas kejadian itu. Adnan pun kemudian mencari siapa dalang di balik fitnah tersebut. Sampai akhirnya diketahui bahwa pelakunya adalah seorang siswa yang memiliki masalah dengan saya. Singkat cerita, masalahnya selesai dan saya bebas dari fitnah.

Sayangnya, Adnan dan saya tidak lagi bersama di satu sekolah karena ketika saya pergi ke kelas XII, saya harus pindah ke luar kota lagi dan pergi ke sekolah di sana. Meski begitu, saya dan dia masih saling menghubungi melalui WhatsApp meskipun tidak terlalu sering karena kita sekarang sibuk dengan bisnis masing-masing.

Demikianlah contoh karangan bebas tentang persahabatan dalam bahasa Indonesia. Jika ingin mengetahui contoh karangan lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh biografi singkat, contoh biografi pahlawan, dan contoh biografi orang sukses. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai karangan maupun bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar