Skip to main content

Contoh Feature Singkat Tentang Seni Tradisi yang Tersisih

Salah satu jenis esai semi-ilmiah adalah fitur atau yang dapat disebut sebagai esai khas. Esai ini adalah esai yang ditulis dalam gaya bahasa yang khas dan umumnya ditemukan di berbagai media massa, seperti koran atau media online. Biasanya, gaya bahasa yang digunakan oleh fitur adalah gaya bahasa yang cenderung lebih naratif dan deskriptif. Selain itu, tema yang diangkat juga relatif lebih ringan dibandingkan dengan artikel berita pada umumnya.

Pada artikel ini, kita akan menemukan contoh fitur apa yang ditampilkan secara singkat. Contohnya adalah sebagai berikut!



Burok, Seni Tradisi yang Tersisih*

Bagi penduduk Cirebon dan sekitarnya, kesenian tradisional Burok sudah tidak asing lagi. Namun, tidak semua warga tahu bahwa seni pertunjukan buram yang sedang berkembang saat ini telah jauh berubah dari aslinya. Menurut Untung, pemimpin kelompok seni Burok "Mawar Merah" Desa Kesunean, Kota Cirebon, perubahan terjadi karena sejumlah upaya modifikasi, dengan mengadopsi sejumlah elemen budaya lainnya. Upaya modifikasi terpaksa dilakukan agar seni tradisional tidak ditinggalkan oleh seni pertunjukan lainnya yang lebih modern.

"Jika kita tidak melakukan modifikasi, karya seni pasti akan dikecualikan, bahkan punah," katanya setelah mengadakan pertunjukan Burok pada upacara khitan di Kompleks Blok Ciremai Giri, Kalijaga, Sabtu (27/8/2016).

Untung mengungkapkan, sudah sekitar sepuluh tahun kelompok seni yang ditindas yang dipimpinnya mengadopsi sejumlah elemen budaya lain, untuk memeriahkan pertunjukan. "Pada awal 1990-an, seni jarang ditanggapi. Namun, sejak kami melakukan sejumlah kreativitas dengan mengadopsi sejumlah budaya lain, banyak seni yang mulai kembali, banyak yang memanggil," katanya.

Modifikasi yang dilakukan meliputi penambahan badawang (boneka berukuran besar), pengawalan (kuda bersayap dengan kepala cantik seorang putri berjilbab). Seni asli Burok hanya berupa tokoh-tokoh utama gagah badawang, ditambah iringan badawang dengan penampilan sejumlah binatang seperti harimau, gajah, dan lain-lain, diiringi oleh iringan musik.

Saat ini dalam kelompok juga ditambahkan tarian singa, sisingaan, dan replika kenana kereta singa barong. Sisingaan mengadopsi seni tradisi Subang, sedangkan tarian singa mengadopsi seni dari Cina.

Taring

Di masa lalu, musik pengiring adalah musik dog-dog genjring. Namun, saat ini karena zaman dan permintaan konsumen, musik pengiring adalah tarling dengan sejumlah penyanyi wanita. Sebelum prosesi, pertunjukan dibuka dengan pertunjukan kuda lumping, dan sejumlah tarian.

Setelah prosesi, pertunjukan dilanjutkan dengan akrobat, sihir, bahkan drama pertempuran antara tokoh-tokoh legendaris dari Cina, monyet ajaib Sun Go Kong dan tarian singa, yang dimenangkan Sun Go Kong.

Terlepas dari semua perubahan dalam seni yang tidak lagi asli, Ina Katharina mengungkapkan, ia sengaja mengundang sekelompok seni terkubur pada acara sunat anak-anaknya, karena ia ingin memperkenalkan seni tradisi Cirebon kepada anak-anaknya.

"Kebetulan, Kama (putra Ina Katharina, pulpen) sendiri juga bertanya, jadi itu pilihan kita, katanya. (Ani Nunung /" PR ") ***

Begitulah contoh fitur singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi semua pembaca, apakah itu tentang fitur khusus, atau bahasa Indonesia pada umumnya.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke esai semi-ilmiah, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh esai sastra, contoh biografi pahlawan, contoh opini di koran, contoh otobiografi pendek diri, contoh buku teks ulasan, dan contoh sinopsis film.

Itu saja dan terima kasih.

* Diadaptasi dari surat kabar Pikiran Rakyat 29 Agustus 2016
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar