Skip to main content

Contoh artikel pendek dan menarik dalam Bahasa Indonesia

Contoh Artikel Singkat dalam Bahasa Indonesia. Menurut halaman id.wikipedia.org, artikel didefinisikan sebagai esai faktual yang ditulis lengkap dengan panjang tulisan-tulisan tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan ke media massa dan bertujuan untuk menyampaikan gagasan, serta pengetahuan. Artikel sendiri termasuk dalam salah satu jenis esai semi-ilmiah. Pada kesempatan ini, kita akan tahu seperti apa contoh artikel itu. Contohnya adalah sebagai berikut!



Cara Membedakan Berita Asli dan Hoaks

Kemajuan internet membuat semuanya mudah untuk dicapai, termasuk berita. Sumber berita yang sebelumnya terbatas, kini semakin dapat diakses berkat internet. Tidak hanya memberikan informasi atau berita yang mudah diakses, internet juga mampu menyajikan berita terbaru dengan sangat cepat.

Sekilas, ini tentu menguntungkan kita semua. Namun, ini sebenarnya menyebabkan kita sejumlah efek buruk. Banyaknya informasi atau berita terkadang membuat kita sebagai pembaca bingung untuk menentukan mana berita asli dan mana yang tidak. Kebingungan ini tentu akan membuat kita sebagai pembaca tidak dapat mengetahui berita mana yang harus digunakan sebagai referensi bagi kita.

Dan kebingungan ini digunakan sebagai celah bagi orang-orang tertentu untuk memberikan berita palsu atau tipuan. Dengan berbagai cara, mereka menyajikan berita dengan sangat meyakinkan, sehingga pembaca yang bingung juga secara tidak sadar mengonsumsi berita palsu dan percaya itu sebagai berita asli yang harus menjadi referensi.

Jika ini terjadi, maka ada sejumlah dampak buruk bagi masyarakat. Fitnah dan kebencian yang salah kepada salah satu pihak adalah beberapa dampak buruk yang terjadi karena berita bohong. Agar hal ini tidak terjadi pada kita dan orang-orang di sekitar kita, maka kita harus lebih pintar dalam membaca informasi. Ada sejumlah cara untuk membedakan berita asli dan tipuan, yang meliputi:

  1. Data yang terkandung di dalamnya: pastikan semua data atau informasi dalam berita itu lengkap dan terperinci. Jika tidak, maka berita tersebut patut untuk kita ragukan.
  2. Kelogisan berita: selain data yang lengkap, tingkat kelogisan berita yang ditayanglan juga patut untuk diperhatikan. Jika berita yang ditampilkan sangat tidak masuk di akal, maka bisa dipastikan bahwa berita itu adalah berita hoaks.
  3. Mengandung unsur pemaksaan: seringkali, kita menemukan berita atau informasi yang memaksa pembaca untuk menyebarkannya ke orang lain. Misalnya: sebarkan berita ini ke teman-teman sejawatmu, atau nanti kami masuk neraka. Jika sebuah berita mengandung kalimat yang bernada seperti itu, maka sebaiknya berita itu jangan dibaca lagi. karena berita itu adalah hoaks.
  4. Verifikasi sumber: pastikan sumber berita yang didapat berasal dari sumber yang terpercaya.
  5. Lihat judulnya: jika menemukan berita yang judulnya bernada provokatif atau bombastis, maka sebaiknya berita tersebut diabaikan, karena berita tersebut merupakan berita hoaks.

Begitulah contoh artikel pendek dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru untuk semua pembaca, baik mengenai artikel tertentu, maupun bahasa Indonesia pada umumnya.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke esai semi-ilmiah, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh esai sastra, contoh opini di koran, contoh editorial singkat, biografi orang sukses, contoh fitur pendek , dan artikel tentang otobiografi pendek sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar