Skip to main content

Cara Pemakaian Tanda Kurung dan Tanda Kurung Siku yang Benar menurut EYD

Penggunaan Tanda Kurung dan Tanda Kurung Siku yang Benar menurut EYD, Sebelumnya beberapa aturan dalam penggunaan tanda baca telah dibahas, termasuk penggunaan tanda titik dua, penggunaan tanda kutip tunggal dan tanda kutip, dan penggunaan tanda tanya dan tanda seru. Penggunaan tanda baca bisa menjadi salah satu indikator penulisan yang baik dan benar. Ini karena penggunaan tanda baca akan memengaruhi makna kalimat. Kesalahan menggunakan tanda baca dapat mengubah arti kalimat. Karena itu, penting untuk sepenuhnya memahami bagaimana menggunakan tanda baca yang benar menurut EYD dalam sebuah kalimat

Tanda kurung adalah salah satu tanda baca dalam bahasa Indonesia. Tanda kurung ditulis berpasangan dan dimasukkan ke dalam teks. Ada empat jenis kurung, yaitu kurung keriting (kurung), kurung siku, kurung keriting, dan kurung sudut. Diskusi kita kali ini akan difokuskan pada kurung dan kurung siku.





Penggunaan Tanda Kurung (…)

Tanda kurung secara umum digunakan sebagai penyebut tanda kurung lengkung. Penggunaan tanda kurung sesuai EYD melibatkan beberapa fungsi. Fungsi penulisan tanda kurung adalah untuk mengapit:


1. Huruf atau kata jika kehadirannya dapat dihilangkan

Jika keberadaan suatu huruf atau kata dapat dihilangkan, maka tanda kurung dapat dipakai untuk menuliskannya. Contohnya pada kalimat berikut:

  • Ketika liburan, para pendatang berbondong-bondong menuju (Pantai) Parangtritis.
  • Kata feminine diserap ke penggunaan dalam bahasa Indonesia menjadi feminin (e).
  • (Kota) Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar.


2. Angka atau huruf yang merupakan rincian satu urutan keterangan

Selain fungsi di atas, tanda kurung juga dipakai untuk  merinci keterangan. Perhatikan contoh berikut:

  • Terdapat empat  macam tanda kurung, yaitu (1)tanda kurung lengkung (tanda kurung), (2)tanda kurung siku, (3)tanda kurung kurawal, dan (4)tanda kurung sudut
  • Kemarin ibu membeli berbagai macam bahan makanan, antara lain (1) telor, (2)tahu, (3) tempe, (4) sayuran hijau, dan (5) buah-buahan.
  • Berkas yang harus dibawa saat melamar adalah (1) CV, (2) surat lamaran, (3) ijazah terakhir, (4) foto berwarna, dan (5) SKCK.
  • Penggunaan Tanda Kurung Siku […]

3. Keterangan atau penjelasan

Tanda kurung dapat digunakan untuk mengapit suatu keterangan tambahan. Penulisan untuk fungsi ini dilakukan dengan mendahulukan bentuk lengkap hal yang akan dijelaskan kemudian bentuk singkatannya. Perhatikan contoh berikut:

  • Tugas makalah ini membahas tentang penerapan Algoritma Bee Colony Optimization (BCO) dalam kehidupan sehari-hari. Algoritma BCO disusun dari pengkajian terhadap perilaku lebah dan koloninya dalam penemuan sumber makanan. Selanjutnya algoritma BCO diterapkan untuk pemodelan trayek pengangkutan sampah.
  • Setiap keluarga harus mempunyai kartu keluarga (KK). KK bukan hanya syarat administrasi dari pemerintah. Kepemilikan KK dapat bermanfaat bagi setiap individu. Hal ini karena KK diperlukan untuk mengurus surat-surat penting lainnya.
  • PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan tiket ekstra selama liburan Natal dan Tahun Baru. Hal ini dilakukan karena PT KAI memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang selama liburan.
  • Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus dilakukan sendiri oleh pemohon. Pembuatan KTP yang dilakukan oleh calo tidak akan diproses. Selain itu calo KTP dan pemohon yang menggunakan calo akan diberikan sanksi.


4. Keterangan atau penjelasan yang bukan bagian pokok pembicaraan

Keterangan tambahan yang bukan merupakan bagian pokok dari kalimat juga dapat diletakkan dalam tanda kurung. Contohnya:

  • Rincian penyempurnaan pola pikir pembelajaran (lihat lampiran 2) dijadikan pedoman untuk menyusun metode pembelajaran yang aktif dan terintegrasi ke IPTEK.
  • Hampir semua orang yang datang ke Jogja menyempatkan diri untuk mampir ke Wijilan (daerah sentra gudeg di Jogja).
  • Perbedaan kenaikan produksi gula (lihat grafik 1) membuat pengusaha mulai memperhitungkan kembali dana belanjanya.


Tanda baca kurung siku digunakan untuk keperluan mengapit kata, huruf, frasa ataupu kalimat. Sama halnya dengan tanda kurung, tanda kurung siku juga mempunyai beberapa fungsi. Penggunaan tanda kurung siku adalah untuk mengapit:

1. Huruf, kata, kelompok kata sebagai keterangan tambahan pada kalimat yang ditulis orang lain.

Tanda kurung siku ini menyatakan penanda kesalahan yang terdapat pada kalimat asli. Tanda baca ini sering digunakan oleh editor untuk menandai kesalahan pada kalimat yang disuntingnya. Contohnya sebagai berikut:


  • Ayah memberi kado sepatu futsal Budi sebagai hadiah prestasinya di sekolah. (kalimat asli]
  • Ayah memberi kado sepatu futsal [kepada] Budi sebagai hadiah prestasinya di sekolah. (kalimat direvisi)
  • Pemuka agama meminta para warga saling bertoleransi.(kalimat asli)
  • Pemuka agama meminta para warga [supaya] saling bertoleransi.(kalimat direvisi)
  • Walaupun dalam keadaan hjan, ibu tetap keluar rumah untuk menjemput Risma.  (kalimat asli)
  • Walaupun dalam keadaan h[u]jan, ibu tetap keluar rumah untuk menjemput Risma.  (kalimat direvisi)

Demikianlah penggunaan tanda kurung dan tanda kurung siku yang benar menurut EYD. Pemahaman Anda akan menjadi lebih baik dengan mencoba membuat contoh lebih banyak lagi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam belajar penggunaan tanda kurung dan tanda kurung siku menurut EYD. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar