Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya Pencerah Jiwa Menuju Diri yang Lebih Baik

Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya Pencerah Jiwa Menuju Diri yang Lebih Baik
Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya Pencerah Jiwa Menuju Diri yang Lebih Baik
Kumpulan Motto Hidup Islami Pencerah Jiwa. Jangan khawatir, dalam dokumen ini ada koleksi slogan kehidupan Islami yang bisa Anda gunakan sebagai panduan Anda. Moto kehidupan Islam dalam dokumen ini juga memiliki tema yang cocok untuk berbagai situasi. Jangan buang waktu Anda, baca, lihat dan pilih panduan Anda dari koleksi slogan kehidupan Islam yang dapat menerangi hati dalam dokumen ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi moto adalah kalimat, frasa atau kata yang digunakan sebagai slogan, pedoman atau prinsip. Setiap orang harus memiliki panduan hidup yang dapat menginspirasi dan mendorong hari-hari mereka. Bagi Anda yang beragama Islam, tidak ada yang salah dengan mencari prinsip-prinsip koleksi slogan kehidupan Islam dalam dokumen ini.

TERKAIT
30 Motto Hidup Singkat tapi Bermakna dari Berbagai Tokoh Dunia
Kumpulan Motto Hidup Islami Pencerah Jiwa
25 Motto Hidup Orang Sukses untuk Terus Menjadi Penyemangat Harimu
15 Motto Hidup Lucu tapi Bermakna Dalam

Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya Pencerah Jiwa Menuju Diri yang Lebih Baik


DAFTAR ISI
Motto Hidup Islami dan Maknanya
Motto Hidup Islami Singkat
Motto Hidup Islami Pendidikan
Motto Hidup Islami dari Al Quran
Motto Hidup Mahasiswa Islami
Kumpulan Motto Hidup Islami sebagai Jembatan Menuju Diri yang Lebih Baik

Motto Hidup Islami dan Maknanya

1. Senyum itu Sedekah
Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sedekah.
Hadis Riwayat Tirmidzi

2. Hindari Dosa Besar
Dosa yang paling besar adalah menyekutukan Allah, membunuh manusia, berani kepada orang tua, dan kesaksian palsu.
Hadis Riwayat Bukhari

3. Paling Dibenci Allah
Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah yang suka bertengkar.
Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

4. Menyambung Tali Persaudaraan
Bertaqwalah kepada Allah dan sambunglah tali persaudaraan diantara kamu sekalian.
Hadis Riwayat Ibnu ‘Asakir

5. Orang Islam Sejati
Orang Islam sejati adalah apabila orang Islam yang lain merasa aman dari ucapan dan tangannya.
Hadis Riwayat Muslim

KETERANGAN

1. Sebagai awal dari kumpulan slogan kehidupan Islam dalam artikel ini, ada sebuah hadits yang menekankan pentingnya tersenyum ketika Anda bertemu teman atau kerabat. Rupanya, senyum di bibir adalah perbuatan baik. Mulai sekarang, jangan ragu untuk tersenyum ketika Anda bertemu teman-teman Anda. Senyum akan membuat suasana cerah dan ceria, dan senyum Anda akan menjadi karya amal untuk Anda.

2. Dalam kehidupan, tentu saja, ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Di Islam ada empat tindakan yang tidak boleh dilakukan. Menurut kutipan sebelumnya, empat tindakan adalah dosa terbesar. Semoga kita semua menghindari empat perbuatan jahat ini. Amin.

3. Islam adalah agama yang damai. Sebagai pengikut Islam, kita juga harus mempraktekkan kata-kata Nabi Muhammad SAW. Jangan menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan perselisihan. Selesaikan masalah dengan kepala dingin dan cara-cara damai.

4. Moto kehidupan Islam ini sangat tepat untuk digunakan sebagai kontrol kehidupan. Khususnya bagi orang yang senang menemukan dan menambah teman baru. Sangat menyenangkan memiliki banyak teman di mana-mana. Namun ingat, selalu jaga dan pertahankan persahabatan antara Anda dan teman-teman Anda.

5. Setiap orang pasti ingin orang-orang di sekitar mereka selalu merasa nyaman saat mereka mengelilingi mereka. Marilah kita menjadi orang yang mampu membuat orang merasa aman dan nyaman ketika mereka bersama kita. Jagalah tindakan lisan kita dan hal-hal yang dapat merusak perasaan dan keadaan fisik seseorang. Selalu berpikir sebelum Anda mengatakan dan bertindak sehingga tidak ada tindakan tidak menyenangkan yang datang dari kita.

Motto Hidup Islami Singkat

1. Sebagian dari Iman
Kebersihan itu sebagian dari iman.
Hadis Riwayat Tirmidzi

2. Menutup Aurat
Sesungguhnya kita dilarang memperlihatkan aurat kita.
Al Hadis

3. Surga dan Telapak Kaki Ibu
Surga itu di bawah telapak kaki ibu.
Hadis Riwayat Ahmad

4. Perhiasan Terbaik
Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salihah.
Hadis Riwayat Muslim

5. Keindahan
Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan.
Hadis Riwayat Muslim

KETERANGAN

1. Salah satu koleksi slogan singkat kehidupan Islam ini harus digunakan sebagai panduan. Hidup dengan kebersihan tentu akan membawa banyak manfaat. Selalu tetap bersih kapan saja dan di mana saja. Tidak hanya kebersihan yang bisa dilihat dengan mata telanjang, kebersihan hati dan pikiran juga harus dijaga.

2. Dari sekian banyak koleksi slogan dalam dokumen ini, mungkin inilah yang harus dipikirkan dan dipelihara oleh perempuan. Ingatlah bahwa kecantikan tidak seharusnya ditunjukkan dengan membuka aurat. Dengan gaya busana Islami yang menutupi alat kelamin, wanita bisa tampil lebih cantik dan elegan. Mulailah untuk menutupi ketelanjangan Anda, memancarkan aura dan pesona Anda melalui pakaian sopan.

3. Sang ibu, dalam Islam, memiliki keagungan dan keistimewaannya sendiri. Nabi Muhammad juga mengingatkan banyak orang untuk selalu menghormati ibu mereka. Selalu berikan berkah untuk wanita yang melahirkanmu di dunia ini. Jangan pernah menyakiti perasaan Anda karena langit berada di bawah telapak kaki ibu Anda.

4. Dari sekian banyak koleksi semboyan kehidupan Islam, semboyan hidup pendek ini harus ditopang oleh pria untuk mencari pasangan hidup. Ketika mencari belahan bumi, Anda harus terlebih dahulu melihat amal dan moral seorang wanita. Jangan mencari pendamping dari luar. Jika memungkinkan, carilah wanita yang juga cantik di hatinya untuk membuat perhiasan dunia terbaiknya.

5. Hadis Nabi Muhammad SAW selalu berisi saran dan nasihat bijak untuk hidup. Contoh nyata adalah hadis sebelumnya. Selalu jagalah kecantikan, dari penampilan diri Anda hingga lingkungan di sekitar Anda. Karena dengan menjaga kecantikan, Anda akan mencintai dan dicintai oleh Tuhan.

Motto Hidup Islami Pendidikan

1. Wajib Mencari Ilmu
Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan.
Hadis Riwayat Ibnu Abdil Barr

2. Jalan Allah
Barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.
Hadis Riwayat Tirmidzi

3. Sampai Liang Lahat
Carilah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat.
Kata Mutiara Islami

4. Menjemput Ilmu
Bukanlah ilmu yang seharusnya mendatangimu, tetapi kamulah yang harus mendatangi ilmu itu.
Imam Malik

5. Popularitas
Sebarkan pengetahuanmu, tetapi hati-hatilah dengan popularitas.
Sufyan al-Thawri

KETERANGAN

1. Di nomor 1, koleksi slogan pendidikan kehidupan Islam, ada hadis yang menekankan kewajiban untuk mencari ilmu. Dikatakan bahwa mencari pengetahuan adalah wajib bagi semua Muslim, baik pria maupun wanita memiliki kewajiban yang sama untuk mencari ilmu. Jadi, sebagai Muslim yang baik, kita harus selalu mencari pengetahuan secara formal dan informal.

2. Mencari ilmu adalah wajib bagi semua Muslim. Dan kadang-kadang, untuk belajar, seseorang harus menempuh jarak yang sangat jauh dari rumah. Namun jangan khawatir, penelitian itu termasuk perbuatan baik yang akan menerima imbalan. Ketika pergi mencari ilmu, seseorang telah berjalan di jalan Allah dan Tuhan akan dilindungi oleh Tuhan.

3. Kata-kata bijak Islam, ini sangat akrab di telinga kita. Ingat bahwa kita selalu mencari pengetahuan sejak kecil hingga kematian membutuhkan waktu beberapa saat. Bahkan, kita tidak bisa berhenti mencari ilmu hanya karena kita telah selesai sekolah atau universitas. Ada banyak ilmu lain yang bisa kita pelajari, menyeimbangkan ilmu dengan pengetahuan agama juga.

4. Motto kehidupan Islam ini mengingatkan Anda bahwa Anda harus selalu rajin belajar untuk belajar. Ilmu pengetahuan tidak hanya akan datang kepada seseorang yang tidak ingin mencoba. Lebih dekat dengan pengetahuan yang ingin Anda kuasai, ada banyak cara di mana hal itu bisa dilakukan. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan pergi ke sekolah, belajar, membaca buku di perpustakaan atau di Internet.

5. Bila Anda memiliki pengetahuan atau pengetahuan, itu seharusnya tidak disimpan untuk Anda. Ilmu pengetahuan akan lebih berguna ketika dibagikan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Tapi hati-hati ketika itu menjadi populer ketika Anda berbagi pengetahuan. Jangan sampai popularitas membuat Anda pelupa dan keras kepala.

Motto Hidup Islami dari Al Quran

1. Orang Sabar
Dan Allah bersama orang orang yang sabar.
QS Al-Anfal ayat 66

2. Di Balik Kesulitan
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
QS Asy Syarh ayat 5-6

3. Berlomba dalam Kebaikan
Berlomba lombalah dalam kebaikan.
QS Al Baqarah ayat 148

4. Sesuai Kemampuannya
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kemampuannya.
QS Al Baqarah ayat 286

5. Balas dengan Kebaikan
Dan balaslah kejahatan itu dengan kebaikan.
QS Ar Ra’d ayat 22

KETERANGAN

1. Pesan itu disinggung dalam Al-Qur'an. Salah satu ayat yang menekankan kesabaran adalah ayat 66 dari Al Anfal, yang disebutkan di atas. Ketika Anda memiliki masalah atau masalah, bersabarlah. Jangan bersedih karena Tuhan selalu bersama orang-orang yang selalu sabar dengan ujian.

2. Anda dapat menjadikan ayat ini sebagai slogan kehidupan Islam ketika dipengaruhi oleh kesulitan. Jangan mengeluh, hadapi dan atasi kesulitan yang menghambat Anda. Pastikan bahwa setelah kesulitan yang Anda hadapi harus ada fasilitas yang menanti Anda. Mengunggahnya sebagai status Facebook atau subtitle Instagram juga bukan ide yang buruk.

3. Umat Islam yang baik akan selalu berbuat baik dan menjauh dari perbuatan buruk. Allah SWT telah mengatakan dalam Surat Al Baqarah bahwa manusia bersaing dalam melakukan kebaikan. Bersaing dalam melakukan kebaikan sangat positif, selain menyebarkan kebaikan juga dihargai. Mulailah melakukan pekerjaan baik, tidak masalah jika amal Anda kecil, yang terpenting adalah Anda terus melakukannya.

4. Terkadang seseorang mengeluh ketika mereka menghadapi masalah serius. Seolah-olah seseorang memiliki tes tersulit di dunia. Perlu diingat bahwa para nabi sebelumnya juga mengalami pencobaan yang jauh lebih berat daripada yang kita alami. Dan selalu ingat, Tuhan tidak akan menguji seseorang di luar kemampuan orang tersebut.

5. Dari semua koleksi motto kehidupan Islam dalam artikel ini, prinsip hidup ini adalah yang paling sulit untuk dijalani. Tentu saja, ketika ada orang yang menyakiti kita, kita diminta untuk menanggapi dengan kebaikan. Kita membutuhkan hati yang penuh kesungguhan untuk memenuhi perintah Allah SWT. Tetapi tidak ada yang salah dengan mulai menerapkan perintah ini, dengan waktu kita bisa melakukannya.

Motto Hidup Mahasiswa Islami

1. Hormati yang Tua dan Muda
Bukan termasuk golongan kita orang yang tidak menyayangi generasi muda dan tidak menghormati generasi tua.
Hadis Riwayat Tirmidzi

2. Mengikat Binatang Buruan
Ilmu itu bagaikan binatang buruan, sedangkan pena adalah pengikatnya. Maka ikatlah binatang buruanmu dengan ikatan yang kuat.
Imam Syafi’i

3. Pedang Waktu
Waktu bagaikan pedang. Jika engkau tidak memanfaatkannya dengan baik , maka ia akan memanfaatkanmu.
Hadis Riwayat Muslim

4. Makanan
Rasulullah tidak pernah mencerca makanan sama sekali. Jika Rasul menginginkan sesuatu maka beliau memakannya dan jika tidak menyukainya maka beliau meninggalkannya.
Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

5. Selalu Bersabar
Wahai orang orang yang beriman, bersabarlah engkau dan kuatkanlah kesabaranmu.
QS Ali Imran ayat 200

KETERANGAN

1. Seorang siswa harus mampu berperilaku dan berperilaku seperti negara yang dimilikinya. Sikap yang baik harus diusulkan untuk berinteraksi dengan semua orang. Kata-kata indah dengan tema Islam di atas dapat digunakan sebagai panduan hidup bagi siswa Muslim. Cinta generasi muda dan jangan lupa untuk selalu menghormati orang tua.

2. Kata-kata mutiara dari Imam Syafi'i ini harus diperhitungkan oleh seorang siswa. Ketika memperoleh pengetahuan, itu harus ditulis dengan rapi di notebook. Bahkan, Anda dapat mengingat suatu ilmu, tetapi suatu hari Anda dapat melupakan pengetahuan yang diingat. Untuk alasan ini, seseorang harus menuliskan apa yang telah mereka dapatkan, sehingga jika mereka lupa itu dapat dibaca lagi.

3. Dari sekian banyak koleksi semboyan kehidupan Islami bagi para siswa, motto hidup ini adalah yang paling penting. Seorang siswa harus dapat memanfaatkan waktu sekolah mereka dengan benar dan benar. Banyak siswa membuang waktu untuk menyelesaikan kelulusan lebih lama. Jadilah siswa yang disiplin dan pandai dalam manajemen waktu sehingga Anda dapat lulus tanpa masalah tepat waktu.

4. Mungkin tampak sepele, tetapi masalah makanan dan makanan juga memiliki adab sendiri dalam Islam. Hadis ini cocok untuk siswa yang harus pergi ke universitas di negeri asing. Jangan pernah menghina makanan karena rasanya atau bentuknya. Jika Anda benar-benar ingin makan, maka makanlah. Jika Anda tidak mau, tinggalkan saja tapi jangan menghina makanan.

5. Salah satu ayat dari surat ini oleh Ali Imran dapat digunakan sebagai slogan kehidupan Al-Qur'an Islam untuk tesis. Tidak hanya itu baik, ayat ini juga bisa memberikan dorongan ketika mengerjakan tesis. Hambatan dan masalah dapat terjadi kapan saja saat proses mengerjakan skripsi. Selalu ingat esensi dari ayat ini sehingga Anda akan selalu kuat dan sabar ketika melewati rintangan selama tesis Anda.

Kumpulan Motto Hidup Islami sebagai Jembatan Menuju Diri yang Lebih Baik
Sudahkah Anda menemukan motto kehidupan Islam dari koleksi slogan di atas? Tentunya, setelah menemukan pola hidup baru, segera mulai menerapkannya dalam hidup Anda. Pedoman hidup terbaik adalah apa yang dapat Anda terapkan dalam hidup.

Semoga, koleksi slogan-slogan Islami ini dapat menginspirasi dan memotivasi Anda. Semoga koleksi kutipan ini juga bisa menjadikan Anda orang yang lebih baik.