Contoh Kata-Kata Penyembahan Dan Tata Cara Memimpin Ibadah dalam Agama Kristen

Contoh Kata-Kata Penyembahan Dan Tata Cara Memimpin Ibadah dalam Agama Kristen
Contoh Kata-Kata Penyembahan Dan Tata Cara Memimpin Ibadah dalam Agama Kristen
Contoh Kata-Kata Penyembahan Dan Tata Cara Memimpin Ibadah dalam Agama Kristen. Seorang pemimpin ibadah yang baik harus mampu memimpin ibadah sesuai dengan aturan ibadah. Didalamnya ada pujian, penyembahan, Doa  serta pemberitaan firman Tuhan.  Kalau perlu dia membuka ruang kesaksian bagi jemaaat yang ingin menyaksikan kasih Tuhan dalam hidup mereka.

Awal seorang pemimpin membuka ibadah dengan kata Syallom yang menyapa dan menyambut jemaat dalam memasuki tata cara ibadah. Setelah itu dia mengajak jemaat untuk bersaat teduh untuk mempersiapkan diri masuk dalam acara ibadah.

Berikut Tata cara Ibadah Agama kristen :

Syallom semuanya, puji Tuhan saat ini kita masih di pertemukan kembali oleh Tuhan untuk berkumpul di tempat ini dengan motivasi dan tujuan kita untuk beribadah, memuji Dia menyembah meninggikan namaNYA serta mendengarkan isi firmanNya. Saya ajak semua untuk berdiri dan kita mengangkat satu pujian penyembahan kemudian kita masuk di dalam doa untuk membuka ibadah kita.
Contoh Kata-Kata Penyembahan Dan Tata Cara Memimpin Ibadah dalam Agama Kristen

Setelah menyanyi sebuah pujian kemudian pemimpin mengajak jemaat untuk Menyembah Tuhan dalam waktu beberapa menit sesuai dengan pekerjaan Roh Kudus. Setelah penyembahan pemimpin ibadah membuka ibadah dengan doa. Kemudian jemaat Tuhan dipersilahkan untuk duduk kembali. Setelah itu masuk dalam acara puji-pujian yang di dalamnya terdapat dua sampai tiga pujian. Waktu pujian berlangsung peran pemimpin sangat penting untuk memotivasi atau mendorong jemaat untuk semangat dalam memuji Tuhan, pemimpin harus mengeluarkan kata-kata yang didalamnya mengandung dorongan untuk jemaat lebih sungguh-sungguh semangat dan bersukacita dalam memuuji Tuhan. Setelah selesai pujian, jemaat di persilahkan untuk duduk dan pemimpin ibadah memandu untuk masuk di dalam Firman Tuhan. Sebelum mendengarkan Firman Tuhan, pepmimpin mengajak jemaat untuk menyanyikan sebuah pujian penyembahan dan menyembah beberapa menit untuk mempersiapkan diri menerima dan mendengarkan Firman Tuhan yang akan di sampaikan Oleh Hamba Tuhan. Setelah itu Berdoa untuk Firman Tuhan dan masuk di dalam Fiman. Sementara firman Tuhan di sampaikan pemimpin ibadah atau seorang worship leader beserta tim pelayanan kembai ke tempat duduk bersama dengan jemaat untuk mendengarkan Firman Tuhan. Selesai firman Tuhan pemimpin kembali maju di depan untuk melanjutkan acara ibadah.

Acara selanjutnya yaitu memberikan persembahan, dan persembahan di jalankan oleh pelayan yang telah di tugaskan. Setelah persembahan di jalankan pemimpin mengajak jemaat untuk berdoa syafaat. Di dalam doa syafaat pemimpin bisa menunjuk salah satu dari Majelis Gereja untuk berdoa. Di dalam doa syafaat trdapat banyak pokok Doa seperti kehidupan jemaat, pembangunan gereja secara fisik maupun rohani, rencana program gereja jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, bangsa dan Negara, dan kalau ada Pokok Doa dari jemaat bisa di sebutkan dan di doakan bersama di dalam doa Syafaat , dan sementara berdoa jemaat di undang untuk berdiri. Setelah selesai berdoa, pemimpin ibadah mengajak jemaat untuk menyanyikan sebuah pujian penyembahan untuk masuk dalam Doa penutup. Jemaat dalam keadaan berdiri, dan sama- sama menyanyi, sesudah itu Hamba Tuhan yang telah menyampaikan Firman Tuhan kembali tampil di depan untuk memimpin Doa berkat, dan setelah itu ibadah selesai.

Contoh kata-kata penyembahan dalam ibadah Agama kristen

1. Kata kata pada saat akan dimulainya Ibadah
Sebelum ibadah di mulai berikan kata kata seperti contoh ini "Syallom... kita akan memulai ibadah kita... kita mau lepaskan beban hidup ataupun masalah yang kita hadapi, kita mau Fokus kepada Tuhan, biarlah hadirat Tuhan hadir dalam ibadah kita pagi hari ini, kita mau angkat Pujian KU MASUK RUANG MAHA KUDUS"

2. Kata kata saat masuk dalam Pujian
Setelah selesai Penyembahan pembukaan maka masuk dalam Pujian, berikut kata kata yang biasa saya gunakan "Syallom... Ada sukacita Bapak Ibu... Kita mau memuji Tuhan dengan sukacita, maka daripada itu berikan salam kanan kiri dan katakan ANGGUR BARU TERCURAH DI TEMPAT INI". Musik langsung masuk dan WL menyebutkan judul lagunya "Anggur Baru". Untuk masuk ke Pujian yang ke dua dan ketiga ada 2 cara yaitu langsung sambung dari lagu pertama atau Stop terlebih dahulu. Jika stop maka berikan sepatah dua patah kata lagi seperti " Masih sukacita memuji Tuhan Bapak Ibu, berikan senyum kanan kiri karena kita telah dimenangkan saat ini. Kita mau berseru kepadanya LEBIH DARI PEMENANG".

3. Kata kata saat mempersilahkan Jemaat memberikan Kesaksian

"Puji Tuhan saudara sebelum kita mendengarkan Firman Tuhan maka saya persilahkan bagi Bapak Ibu Saudara/i yang inggin bersaksi menceritakan cinta kasih Tuhan dalam kehidupan bapak Ibu saya persilahkan dan kita angkat pujian reffnya saja". Pujian yang terakhir di nyayikan reffnya saja satu kali untuk menunggu mempersilahkan jemaat yang inggin bersaksi.

4. Kata kata saat masuk Penyembahan Firman Tuhan

Sebelum Firman Tuhan di sampaikan maka ada satu lagu penyembahan yang di nyayikan "Kita mau mendengarkan Firman Tuhan maka saya undang Bapak Ibu untuk bangkit berdiri, kita mau sungguh sungguh untuk mendengarkan Firmannya, kita angkat pujian BERSAMAMU... Karena dengan bersama Tuhan kita dapat melewati segala perkara".

5. Kata kata saat mengangkat Pujian untuk Kolekte

Memberikan persembahan setiap Gereja memiliki perbedaan, ada yang kantong kolektenya di bawa keliling dan ada juga kotak kolekte sudah di sediakan di depan. Pastikan petugas kolekte sudah siap maka kita langsung masuk dalam Pujiannya "Kita akan memberikan persembahan syukur kita, kita mau berikan kepada Tuhan dengan sepenuh hati dan kita angkat pujian AKU DIBERKATI SEPANJANG HIDUPKU DIBERKATI". Lamanya lagu sesuaikan dengan jemaat, jika jemaat sudah selesai memberikan persembahan maka Pujian juga di akhiri di bait terakhir.

6 . Kata kata saat menutup Ibadah
Saat menutup Ibadah yang biasa saya lakukan adalah menyayikan REFF lagu penutup sebanyak dua kali, jika sudah di ulang dua kali maka bait terakhir langsung di tutup. "Kita akan mengakhiri Ibadah kita pada siang hari ini maka Bapak Ibu Saudara/i saya undang untuk bangkit berdiri kita mau nyayikan Pujian BAGI TUHAN TAK ADA YANG MUSTAHIL". Lagu penyembahan Penutup langsung di nyayikan.

Demikianlah tata cara ibadah yang dapat saya uraikan dalam tugas kelas musik ini, Tuhan yesus Memberkati.