Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat Atau Pertemuan Agar Berjalan Lancar

Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat Atau Pertemuan Agar Berjalan Lancar
Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat Atau Pertemuan Agar Berjalan Lancar
Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat Atau Pertemuan Agar Berjalan Lancar. Pernah suatu ketika saya menghadiri pertemuan mudika. Seperti biasanya, sebelum pertemuan dimulai selalu diawali dengan doa pembukaan. Waktu itu yang ditunjuk adalah seorang yang belum pernah memimpin doa. Setelah membuat tanda salib, ia diam sejenak, lalu setelah agak lama dengan terburu-buru mengucapkan doa Bapa Kami, yang disambut mudika yang lain dengan menahan tawa. Setelah tanda salib terakhir, meledaklah tawa seisi ruangan dan ada salah seorang yang menyeletuk “kalau cuma Bapa Kami, anak TK juga bisa”.

Tampaknya paling tidak di Jakarta ini, orang katolik dibiasakan untuk berdoa spontan, sehingga orang yang tidak bisa mengarang doa merasa dirinya tidak bisa berdoa. Akibatnya orang yang merasa tidak bisa berdoa selalu menolak ketika diminta memimpin doa. Seorang teman yang semua karyawan di kantornya orang kristen dan mengawali pekerjaan dengan doa bersama, pernah mengeluh bahwa tiap kali orang katolik yang memimpin doa, doanya “hancur lebur”.

Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat Atau Pertemuan Agar Berjalan Lancar

Banyak orang mengalami kesulitan untuk berdoa, entah karena tidak pandai mengarang, entah karena tidak tahu apa yang harus didoakan. Sayangnya, orang² seperti ini bisa berhenti berdoa karena alasan-alasan seperti itu.

Paus Benediktus XVI dalam ensikliknya Spe Salvi menceritakan Kardinal Nguyen Van Thuan, yang dipenjara selama 13 tahun yang seringkali mengalami kesulitan untuk berdoa. Dalam keadaan demikian, Sang Kardinal tetap berdoa dengan menggunakan teks-teks doa resmi, seperti Bapa Kami dan Salam Maria. Juga doa liturgi lainnya.

Kardinal Nguyen, seperti banyak orang katolik lainnya, seringkali mengalami kesulitan untuk berdoa, mungkin bukan karena tidak pintar mengarang, tapi karena, seperti kata Rasul Paulus, “tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa” (Rm. 8:26). Tuhan sendiri memberitahu kepada kita bagaimana berdoa, dengan doa Bapa Kami. Doa ini adalah doa Tuhan sekaligus doa Gereja. Maka sesungguhnya doa Bapa Kami sudah lebih dari cukup untuk didoakan bersama.

Gereja juga memberikan kepada kita doa-doa lainnya, yang mengajari kita bagaimana harus berdoa. Salam Maria dan Kemuliaan adalah yang paling sering didoakan. Selain itu juga ada doa-doa lain untuk berbagai macam keperluan yang dapat kita gunakan. Doa-doa ini biasanya lebih indah daripada doa-doa yang dikarang sendiri. Bahkan ada pula diantaranya yang mendapatkan indulgensi. Doa-doa semacam ini, terkadang dibuat oleh orang-orang kudus, diakui oleh Gereja dan dengan demikian menjadi doa seluruh Gereja.

Sebutlah satu contoh, Doa Pembukaan Pertemuan. Banyak orang merasa galau gelisah ketika diminta memimpin doa pembukaan pertemuan, apalagi bila pertemuan itu dihadiri para romo. Sungguh, galau gelisah ini tidaklah perlu. Cukup ambil Puji Syukur dan buka nomor 170, di sana ada Doa Pembukaan Pertemuan, dibuat oleh St. Isidorus dari Sevilla, diakui oleh Gereja, dan mendapatkan indulgensi bagi yang mendoakannya.  Dalam bahasa Latin, doa ini adalah “Adsumus Domine”. Doa ini sungguh indah dan menggugah, digali dari Kitab Suci dan pengajaran iman katolik. Selain doa ini masih banyak doa lainnya di Puji Syukur yang bisa kita ucapkan sewaktu-waktu.

Maka, tidaklah perlu menjadi bingung tentang apa yang harus diucapkan dalam doa, tidak perlu lagi menolak memimpin doa karena tidak pandai merangkai kata. Ucapkanlah doa yang diajarkan Tuhan dan Gereja-Nya. Sungguh doa-doa tersebut adalah doa seluruh Gereja, yang diucapkan oleh para paus dan orang kudus. Jangan pernah merasa malu untuk mengucapkan doa-doa resmi ini, karena sesungguhnya, kita tidak tahu bagaimana harus berdoa.


Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat

mari kita berdoa...
Tuhan Yesus,Bapa yang kami  sembah siang dan malam....
ada sukacita yg kami rasakan di pagi/siang/sore/malam  hari ini
karna berkat penyertaan Tuhan kami ada di sini untuk beribadah kepadaMu
di saat ini Tuhan kami akan memulai rapat kami di saat ini
kami mohon campur tangan Tuhan dalam rapat kami ini
agar rapat ini dapat berjalan hanya seturut dgn kehendakMu saja.
kuasailah hati kami ini Tuhan agar kami layak untuk beribadah ke pada MU.
Ini doa kami yg kami bawa doa ini hanya di dalam nama AnakMu YESUS KRISTUS
Tuhan dan jurus'lamat kami..

Ya Roh Kudus, kami berhimpun di hadapan-Mu. Kami sadar akan dosa kami, tetapi sadar pula bahwa kami berhimpun dalam nama-Mu.
Datanglah ke tengah kami, tinggallah bersama kami. dan terangilah hati kami. Berilah kami cahaya dan kekuatan untuk mengenal kehendak-Mu, untuk menjadikannya kehendak kami, dan untuk mengamalkannya dalam hidup kami. Bimbinglah kami dengan kebijaksanaan-Mu, topanglah kami dengan kekuatan-Mu, karena Engkaulah Allah, yang dimuliakan bersama Bapa dan Putra

Ya Roh Kudus, Engkau menghendaki keadilan. Bantulah kami menghargai hak orang lain; janganlah Kauizinkan kami  disesatkan oleh ketidaktahuan, binasa karena ketakutan atau kesembronoan. Persatuakanlah kami dengan diri-Mu dalam ikatan kasih, dan buatlah kami setia pada yang benar. Karena kami berkumpul dalam nama-Mu. semoga kami memupuk keadilan dengan kasih, sehingga semua keputusan kami berikenan kepada-Mu dan layak Kauberi pahala yang di janjikan kepada hamba yang baik dan setia. (Amin).

Demikian artikel tetan Contoh doa kristen sebelum memulai rapat semoga bermanfaat