Alat Musik Tradisional Indonesia dan Fungsinya

Alat Musik Tradisional Indonesia dan Fungsinya
Alat Musik Tradisional Indonesia dan Fungsinya
Alat Musik Tradisional di Indonesia - Bagi anda yang menyukai alat musik tentunya pasti mengetahui apa saja alat musik tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di indonesia. Dan bagi anda yang belum tau apa saja dan dari mana saja alat musik tradisional itu berasala disini saya akan coba memposting berbagai alat musik tradisional indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa indonesia sangat kaya akan kebudayaan yang berbeda di setiap pelosok Negeri ini dan tentunya di setiap kebudayaan ada alat musik tradisionalnya masing masing yang pasti berbeda, sebagai orang Indonesia kita perlu tahu apa saja alat musik tradisional Indonesia dan dari mana alat musik itu berasal.
Dan bagi anda yang ingin mengenal alat musik tradisional indonesia dan dari mana asalnya, dibawah ini saya sudah siapkan beberap ulasan tantang macam-macam Alat Musik Tradisional Indonesia dan fungsinya yang sangat perlu anda ketahui sebagai orang indonesia.


Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Saluang

Alat musik tradisional indoneisa dari sumatera
Saluang berasal dari Daerah Budaya Minang Kabau (Sumatera Barat) dan cara memainkanya adalah ditiup.

2. Gambus

Alat musik tradisional indoneisa dari riau
Gambus Berasal dari daerah Riau dan cara memainkanya hampir sama dengan gitar yaitu di petik.

3. Angklung

Alat musik tradisional indoneisa dari jawa barat
Alat musik yang satu ini berkembang di daerah masyarakat jawa barat dan cara memainkannya dengan cara di Goyangkan.
4. Calung

Alat musik tradisional indoneisa
Dilihat dari bentuknya Calung tidak jauh berbeda dengan angklung namun cara meminkannya sangat berbeda kalau angklung dengan cara digoyangkan sedangkan calung dengan cara di pukul biar keluar bunyinya.

5. Kecapi

Alat musik yang satu ini berasal dan berkembang di masyarakat Sunda (Jawa Barat) Dana cara memainkannya sama seperti gambus yaitu di petik. 

6. Rebana

MAlat musik tradisional indoneisa islami
Alat musik ini biasanya di gunakan untuk acara islami. dan cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya di pukul dengan telapak tangan.

7. Sasando

Alat musik tradisional indoneisa dari NTT
Sasando bersala dari daerah Nusa Tenggara Timur dan cara memainkannya dengan kedua tangan tangan.

8. Talempong

Asal alat musik ini sama dengan saluang yaitu  Sumatera Barat, Namun dari segi bentuknya berbeda dan cara memainkannya juga berbeda, Cara memainkannya Talempong dengan cara di pukul.

9. Gamelan

Alat musik tradisional indoneisa dari jawa
Bentuk alat musik Gamelan hampir sama dengan talempong dan cara memainkannya juga sama yaitu sama sama dipukul namun cara tat letaknya berbeda dan asal alat musik ini adalah dari Jawa.

10. Triton  

Alat musik tradisional indoneisa dari papua
Triton berasal dari daerah Papua dan terdapat banyak di pesisir pantai papua sana. cara memainkannya dengan cara di tiup, dan gunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dapat digunakan alat panggil di papua.

Itu lah beberapa Macam Alat Musik Tradisional di Indonesia ini, meskipun alat musik tradisional di atas cuman seberapa/tidak semua budaya, namun saya berharap bisa memperluas pengetahuan budaya indonesia kita. 

Jangan lupa dishare ya kepada teman teman kita yang lainnya, biar kita sama sama tahu Alat musik Tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat.