--> Skip to main content

15 Tips Sukses Bisnis Online (Jualan) di Instagram Terampuh

Tips Sukses Bisnis Online (Jualan) di Instagram Terampuh. Dari booming popularitas kisah sukses ke Instagram, hingga perluasan peluang iklan baru-baru ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan Instagram untuk bisnis. Namun, bagaimana bisnis Anda bisa mendapatkan pemasaran Instagram? Artikel ini akan membahas semuanya mulai dari menyiapkan dan membuat strategi konten, untuk membangun merek Anda dan meningkatkan hasil dan yang paling penting tentang kiat bisnis di instagram. Untuk memaksimalkan hasil bisnis yang Anda kelola, kiat bisnis berikut di instagram yang telah kami rangkum serta memahami bisnis dan jenisnya.

1. Nama pengguna dan biodata

Agar dapat ditemukan, nama pengguna Anda di Instagram harus cocok dengan nama pengguna profil media sosial Anda yang lain. Satu-satunya informasi lain yang muncul di profil publik Anda adalah situs web Anda (URL, yang dapat Anda ubah untuk mempromosikan kampanye atau konten baru) dan bio singkat.
Tips Sukses Bisnis Online (Jualan) di Instagram Terampuh

Gunakan bio Anda untuk menjelaskan apa bisnis Anda dan apa yang bisa diharapkan oleh orang dari profil Instagram Anda. Anda juga mungkin ingin menyertakan tagar bermerek yang ingin digunakan oleh pengikut Anda. Lihat Instagram Bio Ideas untuk pos Bisnis kami untuk informasi lebih lanjut tentang ini.

2. Foto profil Anda

Foto profil Instagram Anda mungkin logo perusahaan Anda. Setelah mencocokkan foto profil Anda yang lain akan membantu dengan kemampuan untuk ditemukan, karena orang-orang yang mengikuti Anda di Twitter atau Facebook akan langsung mengenali merek Anda.

Gambar profil Instagram Anda akan dipangkas menjadi lingkaran di aplikasi, jadi pastikan Anda memilih gambar yang akan terlihat bagus dalam bentuk itu. Bahkan jika gambar profil berdiameter 110 piksel pada aplikasi seluler, pilih gambar yang lebih besar karena akan terlihat lebih besar di web.

3. Ikuti orang

Terakhir, untuk memulai bisnis Instagram Anda, Anda akan ingin mengikuti sekelompok pengguna. Temukan influencer di industri, pelanggan, dan orang lain yang relevan dengan merek Anda dan ikuti mereka. Instagram demografi sangat bervariasi, jadi pastikan Anda tahu persis siapa yang ingin Anda targetkan. Cari hashtag industri dan kenali keberadaan Anda dengan memberi komentar pada foto dan mengikuti orang-orang yang berpartisipasi dalam diskusi ini. Anda akan terkejut betapa cepatnya ini dapat memperluas pengikut Anda di Instagram.

4. Promosikan akun Anda

Tambahkan pegangan Instagram Anda ke properti web Anda dan profil media sosial lainnya untuk promosi silang. Anda juga dapat mengirim satu atau dua pesan yang menanyakan hal-hal berikut ke jaringan dan juga mengikuti Anda di Instagram.

5. Menetapkan tujuan untuk bisnis Anda di Instagram

Semua upaya Instagram Anda harus didorong oleh tujuan strategis. Apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda menggunakan Instagram? Tetapkan tujuan yang mengikat kembali ke tujuan bisnis atau departemen. Sebagai contoh:


  • Meningkatkan penjualan produk
  • Arahkan lalu lintas ke situs web Anda
  • Tingkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menarik bakat terbaik
  • Mengidentifikasi dan membangun hubungan dengan influencer
  • Tidak masalah apa yang ingin Anda capai, sasaran Instagram Anda harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.

6. Buat strategi konten Instagram

Secara sporadis menggulir melalui Instagram, secara acak menyukai beberapa foto, dan meletakkan bagian close-up wajah anjing Anda untuk keempat kalinya dalam seminggu bekerja dengan baik untuk seseorang yang menggunakan platform.

Tetapi Anda harus memiliki rencana pemasaran yang lebih disengaja untuk Instagram jika Anda berharap membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil nyata untuk bisnis Anda. Strategi Anda harus memasukkan empat hal penting dari kiat bisnis di instagram.

7. Seberapa sering dan kapan harus memposting

Anda pasti ingin mempertahankan jadwal posting reguler, tetapi jangan membombardir pengikut Anda dengan terlalu banyak posting. Cara paling cerdas untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk bisnis Anda adalah dengan menguji pos pada interval dan waktu yang berbeda dan kemudian melacak hasilnya. Setelah Anda menemukan ritme terbaik, kalender konten bersama adalah cara terbaik untuk melacak apa yang harus dikirim dan kapan.

8. Tema Konten 

Bermain melalui berbagai tema konten akan membuat hal-hal menarik bagi pengikut Anda, dan membantu Anda mencapai tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, institusi pasca sekolah menengah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menarik siswa baru dapat menggunakan kontes, cerita alumni, dan kehidupan kampus sebagai tema konten utama.

9. Pedoman gaya

Apakah Anda menggunakan emoji dalam teks Anda? Apakah ada pedoman tata bahasa yang diikuti merek Anda? Apa tagar yang Anda gunakan? Foto apa yang Anda posting? Apakah ada isyarat visual yang harus diikuti setiap pos? Panduan gaya Anda harus mencakup semua cara yang membuat merek Anda berbeda dan konsisten. Kami akan membahas secara detail bagaimana Anda dapat menentukan hal-hal ini di bagian selanjutnya.

10. Instruksi keterlibatan

Panduan ini harus mencakup bagaimana dan kapan bisnis Anda berinteraksi dengan akun lain di Instagram, dari menyukai dan mengomentari foto orang lain untuk menangani komentar yang masuk di akun Anda sendiri. Kiat pro: Jangan mengotomatiskan keterlibatan Anda. Kami mencobanya, dan hasilnya tidak berjalan dengan baik.

11. Bangun merek Instagram untuk bisnis Anda

Instagram adalah tentang visual, jadi ini bertujuan untuk membangun identitas merek yang kohesif dan dapat dikenali. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan itu yang merupakan salah satu kiat bisnis waralaba.

12. Buat konsistensi visual

Laporan visual media sosial dari WebDam menemukan bahwa 60 persen dari merek teratas di Instagram menggunakan filter yang sama untuk setiap posting. Dengan menggunakan filter yang sama berulang kali, Anda dapat menentukan gaya yang akan dikenali pengikut Anda. Karena tujuan Anda adalah membuat pengguna Instagram berhenti menggulir begitu mereka melihat gambar Anda (untuk terlibat dengannya dengan suka atau berkomentar), semakin cepat Anda mengenali foto Anda, semakin baik.

13. Buat hashtag bermerek

Akhirnya, mungkin ada elemen non-visual untuk ditambahkan ke merek Instagram Anda, seperti bahasa atau gaya umum untuk teks. Teknik yang populer adalah hashtag bermerek. Ini tidak berarti hanya menggunakan nama perusahaan Anda sebagai hashtag, ini tentang membuat hashtag yang mewujudkan merek Anda dan mendorong pengikut untuk berbagi foto yang sesuai dengan gambar itu seperti cara mengiklankan produk di instagram.

14. Tetap setia pada audiens Anda

Bisnis Anda tidak akan berhasil di Instagram hanya dengan menirukan strategi merek lain. Asah audiens dan pastikan Anda melayani minat dan harapan mereka. Lihat apa yang berhasil untuk bisnis Anda di jejaring sosial lain, konten apa yang dibagikan audiens Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing atau merek Anda seperti bagaimana memulai bisnis beras.

15. Jadilah kreatif dengan konten Instagram Anda

Ambil gambar, tambahkan filter, dan kirimkan. Bermanfaat? Itu mungkin berhasil ketika Instagram masih dalam tahap awal, tetapi platform ini sudah matang dan sekarang menawarkan banyak peluang bagi bisnis untuk berbagi berbagai jenis konten dan perhatian interaktif. Berikut beberapa cara untuk keluar dan menjadi lebih kreatif dengan konten Instagram Anda.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar