13 Ciri Ciri Usaha Waralaba ( Franchise) Perlu Dipahami

13 Ciri Ciri Usaha Waralaba ( Franchise) Perlu Dipahami
13 Ciri Ciri Usaha Waralaba ( Franchise) Perlu Dipahami
Ciri Ciri Usaha Waralaba ( Franchise) Perlu Dipahami. Saat ini memulai bisnis bukanlah suatu kesulitan. Karena semakin banyak hari hanya beberapa cara mudah yang bisa Anda dapatkan untuk memulai bisnis. Salah satunya adalah bisnis waralaba atau yang biasa dikenal dengan Frenchise. Jika Anda masih bingung tentang apa itu waralaba dan bagaimana mengkarakterisasi bisnis waralaba, inilah penjelasan yang akan membantu Anda memahaminya.

Ada banyak pengertian tentang waralaba yang dapat Anda jadikan patokan untuk memahami apa itu waralaba. Namun, garis besar waralaba adalah salah satu sistem distribusi produk atau layanan kepada konsumen dengan cara memberikan lisensi penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada individu atau badan atau perusahaan (Frenchisee) dari waralaba pemilik atau Franchisor. Dengan kecerdasan ini, seseorang dapat menjual kembali produk yang dimiliki oleh Franchisor bersama dengan penggunaan nama merek, sistem penjualan, sarana promosi atau lainnya.
13 Ciri Ciri Usaha Waralaba ( Franchise) Perlu Dipahami

Untuk memfasilitasi Anda mengenali jenis bisnis apa pun yang mencakup waralaba, karakteristik bisnis waralaba berikut ini yang dapat Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis waralaba ini:

1. Memiliki Ciri Khas Usaha

Karakteristik bisnis waralaba pertama dicirikan. Karakteristik ini dapat berupa produk, alat promosi, logo, atau hal lain yang mewakili bisnis waralaba Anda. Ciri-ciri bisnis waralaba ini dianggap mampu menarik pelanggan untuk menjadi pelanggan Anda. Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis waralaba, carilah bisnis waralaba yang sudah dikenal banyak orang.

2. Memiliki HAKI Yang Terdaftar

Setelah Anda dapat memilih waralaba apa dan yang tidak didasarkan pada karakteristik yang dimilikinya, fitur selanjutnya dari bisnis waralaba adalah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang sudah terdaftar. Fungsi kekayaan intelektual itu sendiri adalah menjadi tanda bahwa produk yang mereka hasilkan bukanlah hasil karya yang dijiplak orang lain. Dan karena HAKI ini, produk yang mereka miliki tidak akan diakui oleh perusahaan lain. Dengan demikian, semua kekayaan dalam bentuk logo, promosi, atau lainnya sudah dicatat di mata hukum sebagai kekayaan pribadi perusahaan.

3. Memiliki Sistem Kuat (SOP)

Perusahaan waralaba adalah perusahaan yang cukup besar. Bahkan beberapa dari mereka adalah perusahaan raksasa yang memiliki cabang di mana-mana. Dan satu alasan mengapa perusahaan bisa menjadi hebat adalah karena ia memiliki sistem yang kuat dalam menjalankan bisnis waralaba. Sistem yang mereka miliki menyangkut sistem keuangan, sistem distribusi bahan baku, sistem promosi, atau sistem lain.

4. Bukan Hanya Menjual Bisnis

Sepintas pada bisnis waralaba, mungkin apa yang Anda pikirkan tentang mereka adalah penjual produk. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Sebuah perusahaan waralaba tidak hanya menjual produk tetapi juga menjual jasa seperti menjual layanan pelatihan kewirausahaan. Jadi ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis waralaba, tentunya Anda tidak hanya 'membeli' produk mereka. Karena mereka, perusahaan waralaba, juga akan memberi Anda pelatihan tentang cara memulai bisnis, cara membuat pembukuan, atau cara melakukan promosi.

5. Memiliki Karyawan yang terampil

Fitur selanjutnya dari bisnis waralaba adalah memiliki karyawan yang terampil. Seperti yang kita semua tahu, karyawan adalah salah satu ujung tombak perusahaan terutama karyawan yang diposisikan sebagai pembantu. Ini karena karyawan adalah perwakilan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Jadi, jika layanan yang mereka sediakan tidak memuaskan pelanggan, sudah pasti bahwa perusahaan akan mendapatkan kerugian pada akhirnya.

Untuk memastikan kepuasan pelanggan, tidak mengherankan bahwa perusahaan akan memberikan pelatihan kepada karyawan baru mereka. Tidak hanya itu, bahkan karyawan lama terkadang harus menjalani pelatihan ulang untuk menyegarkan pengetahuan mereka dalam melayani pelanggan. Maka tak heran perusahaan waralaba selalu memiliki karyawan yang berkualitas.

6. Memiliki Laporan Keuangan yang Akuntabel

Fitur lain dari bisnis waralaba adalah laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Tujuan dari laporan keuangan yang akuntabel adalah laporan keuangan yang dicatat dan dilaporkan secara jelas dan terperinci. Seperti laporan modal, laporan properti, laporan kewajiban ke laporan utang. Laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan ini membuat laporan keuangan perusahaan waralaba mudah dimengerti. Jadi ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis waralaba cobalah untuk melihat dan memahami laporan keuangan perusahaan waralaba tersebut sehingga Anda mendapatkan gambaran tentang bagaimana bisnis prosepek itu di masa yang akan datang.

7. Keuangan Transparan

Selain laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, karakteristik bisnis waralaba biasanya memiliki sistem keuangan yang transparan. Pendanaan transparan ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahpahaman antara perusahaan waralaba, Anda, dan juga karyawan yang bekerja. Sama seperti poin ke-6, keuangan transparan adalah sejenis laporan keuangan yang mudah dipahami oleh semua pihak dan diakui sehingga tidak ada data yang disembunyikan atau digelapkan.

8. Kualitas Produk Terjaga

Salah satu karakteristik bisnis waralaba yang cukup mudah dikenali adalah kualitas produk yang mereka hasilkan. Jika ada perusahaan waralaba yang menjual produk makanan, maka kualitas produknya sangat disukai oleh mereka. Seperti kebersihan, pengemasan atau layanan.

9. Sudah Berjalan Cukup Lama

Fitur selanjutnya dari bisnis waralaba adalah usia bisnis. Ini bisa dilihat dari berapa lama bisnis waralaba ada dan diketahui oleh publik. Karakteristik ini harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin memulai bisnis waralaba. Bisnis waralaba yang sudah berjalan sejak lama, minimal 5 tahun, adalah bisnis waralaba yang memiliki sistem yang kuat dan stabil. Meskipun hampir setiap hari selalu ada bisnis waralaba yang muncul setidaknya waralaba belum memiliki pengalaman yang cukup saat di lapangan, sistem belum diuji, dan tanggapan publik tentang mereka belum jelas terlihat.

10. Memiliki Website Resmi

Bisnis waralaba yang telah stabil dan dikenal baik oleh masyarakat biasanya memiliki situs web resmi sebagai sarana promosi mereka. Situs web resmi ini sangat penting di zaman modern seperti sekarang ini. Selain media promosi, situs web biasanya juga digunakan sebagai sarana perusahaan waralaba untuk memperkenalkan diri kepada komunitas internet.

Jadi, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan waralaba, Anda hanya perlu mencari tahu apakah waralaba memiliki situs web resmi atau tidak dan coba membukanya. Di sana Anda akan mengenal perusahaan lebih jauh seperti mengetahui tujuan perusahaan, visi dan misi, dan voucher gratis jika Anda beruntung.

11. Mmiliki Media sosial

Di zaman modern seperti saat ini, hampir semua orang mengenal dan memiliki media sosial. Bahkan sekarang tidak hanya individu, perusahaan juga memiliki media sosial untuk lebih dekat dengan komunitas. Begitupun dengan perusahaan waralaba yang membuat media sosial berarti semakin dekat dengan calon pelanggan.

Tidak jauh berbeda dengan situs web, media sosial sering digunakan sebagai alat komunikasi. Dengan media sosial, Anda dapat mengikuti perkembangan perusahaan waralaba yang terbaru. Bahkan dengan media sosial, Anda dapat langsung berinteraksi dengan mereka untuk mengetahui lebih banyak bisnis waralaba yang mereka miliki.

12. Alamat Yang Jelas

Poin ini adalah salah satu hal yang membedakan waralaba asli dengan waralaba palsu. Jadi, jika Anda ingin mengetahui karakteristik bisnis waralaba, mintalah alamat yang jelas dari perusahaan. Karena dengan begitu, bisnis waralaba yang mereka jalani adalah nyata atau tidak fiktif.

Perusahaan waralaba adalah salah satu perusahaan besar yang membutuhkan tempat mereka sendiri untuk melakukan bisnis mereka. Artinya, perusahaan waralaba memiliki alamat tempat mereka bekerja. Jika Anda ditawari bisnis waralaba dan Anda tidak diberitahu tentang alamat asli perusahaan, ada kemungkinan bahwa waralaba penipuan benar-benar akan merugikan Anda.

13. Memiliki Testimonial

Fitur selanjutnya dari bisnis waralaba adalah memiliki kesaksian dari orang Prancis lainnya. Kesaksian ini sangat penting karena testimonial menunjukkan bahwa perusahaan adalah perusahaan waralaba sejati dengan reputasi yang baik. Biasanya kesaksian menempatkan perusahaan di situs web resmi atau di brosur mereka.

Itulah ciri bisnis waralaba yang dapat Anda jadikan panduan untuk dapat mengenali bisnis waralaba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.