Tanaman Apa Saja Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik? Berikut Jawabannya

Tanaman Apa Saja Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik? Berikut Jawabannya
Tanaman Apa Saja Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik? Berikut Jawabannya
BUAH-BUAHAN HIDROPONIC & SAYURAN - Hidroponik adalah salah satu metode budidaya tanaman dengan cara tanpa menggunakan tanah. Ini bertujuan untuk menekan pemenuhan kebutuhan mineral dan nutrisi pada tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dengan lebih maksimal.

Dengan menggunakan metode ini, di mana pertumbuhan tanaman akan terus tumbuh dan tumbuh dengan baik jika nutrisi air dan mineral yang dibutuhkan oleh tanaman selalu terpenuhi. Jadi jenis tanaman apa yang bisa menggunakan metode hidroponik ini?

Dalam artikel ini kami akan mencoba mengulas berbagai sayuran dan buah-buahan yang bisa menggunakan metode hidroponik. Pada dasarnya hampir semua jenis tanaman dapat menggunakan metode ini. Hanya saja hidroponik bukan hanya hal yang penting untuk tumbuh, tetapi hidroponik membawa konsep ramah pengguna dan memiliki cepat berulang (rotasi).

Nah, berikut ini ada 10 jenis tanaman sayuran hidroponik yang bisa Anda tanam di halaman rumah.

1. Sayuran Hidroponik Sawi Hijau
Sayuran Hidroponik Sawi Hijau

Sawi adalah sayuran yang akrab bagi kita. Permintaan pasar untuk sawi terus meningkat, memungkinkan para petani untuk berpikir lebih cerdas. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penanaman sawi adalah dengan menggunakan meode hidroponik.

Berbagai jenis spesies mustard Anda dapat menanam menggunakan metode hidroponik, tetapi yang paling mudah dan efisien adalah jenis sawi hijau. Tentunya jika ada cara yang lebih menguntungkan dan lebih mudah mengapa tidak dilakukan?

Bagi Anda yang tertarik menanam sawi hijau menggunakan metode hidroponik, kami memiliki ulasan khusus tentang hidroponik mustar, silakan baca.

2. Sayuran Hidroponik Kailan
Sayuran Hidroponik Kailan

Tanaman kailan ditumbuhkan dengan teknik hidroponik. Kailan ini mirip dengan mustard, tetapi tidak terlalu populer di dunia kuliner. Kami lebih akrab dengan kale dan sawi hijau. Kainlan atau dikenal sebagai brokoli Cina memang bukan asli dari Indonesia, tetapi berasal dari Cina seperti namanya.

Sayuran ini memiliki daun dan batang yang tebal dan hijau. Tanaman bunga sering diolah menjadi berbagai hidangan, terutama dengan digoreng.

3. Selada Hijau Hidroponik 
Selada Hijau Hidroponik

Selada adalah tanaman sayuran yang biasa ditanam di daerah yang beriklim sedang dan juga daerah tropis. Selama waktu ini tanaman ini sering digunakan sebagai raja salad karena teksturnya yang sangat halus. Daun selada dikonsumsi mentah dan biasa ditemukan dalam salad humburger.

Permintaan pasar yang tinggi menjadikan selada bisnis yang menjanjikan. Selain itu selada sangat cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik ini. Hasilnya lebih baik dan tentu akan jauh lebih efisien.

4. Buncis Hidroponik
Buncis Hidroponik

Tanaman Buncis Hidroponik akrab bagi kita. Kacang dikenal karena kandungan gizi mereka yang sangat baik seperti protein nabati, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Tumbuhan ini bukan tanaman yang sulit untuk ditanami, itulah sebabnya banyak petani di Indonesia yang membudidayakan tanaman ini. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, para petani sekarang menggunakan metode hidroponik.

5. Pare Hidroponik
Pare Hidroponik

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang merambat, warna buahnya hijau dan sangat pahit. Namun sayuran pare ini sangat populer oleh masyarakat Indonesia. Pare memiliki kandungan yang sangat luar biasa seperti vit A, vit C, fosfor, dan zat besi.

Jika dibudidayakan dengan teknik yang tepat, tanaman ini mampu menghasilkan 10 kg pare dari setiap tanaman. Tanaman ini dianggap sebagai tanaman paling produktif bila dibandingkan dengan tanaman sayuran lainnya.

6. Pakcoy Hidroponik
 Pakcoy Hidroponik

Tanaman pakcoy adalah salah satu sayuran hijau yang masih tergolong tanaman mustard. Bahkan tanaman ini disebut sendok sesawi karena berbentuk seperti sendok. Pakcoy umumnya digunakan untuk sup atau sebagai garnison makanan.

7. Bayam Hidroponik
Bayam Hidroponik

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang sering kita temui di berbagai tempat di Indonesia, terutama di setiap warung makanan. Bayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa, tidak hanya vitamin tetapi juga bayam mengandung magnesium, kalsium, folat, protein, dan serat.

8. Timun Hidroponik
Timun Hidroponik

Mentimun adalah salah satu tanaman yang selalu dibutuhkan di dapur. Mentimun dapat ditanam dengan berbagai metode. Namun, metode yang lebih pas untuk menanam mentimun adalah metode hidroponik.

9.Kangkung Hidroponik
Kangkung Hidroponik

Kangkung adalah salah satu sayuran paling populer di Indonesia. Setiap orang bisa mendapatkan kale dengan membelinya di pasar atau bahkan dengan menanamnya sendiri. Karena pada dasarnya menanam kangkung cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

10. Sayuran Brokoli Hidroponik
Sayuran Brokoli Hidroponik

Brokoli adalah salah satu jenis tanaman yang mirip dengan kubis dan mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Tanaman ini biasanya hidup di daerah dengan ketinggian 800 - 1000 mdpl. Namun seiring kemajuan teknologi, brokoli seharusnya hanya tumbuh di dataran tinggi, tetapi sekarang dapat dikembangkan di dataran rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi brokoli adalah dengan menggunakan metode tanam hidroponik.

11. Sayuran Hidroponik Tomat
Sayuran Hidroponik Tomat

Saya tidak tahu, ini adalah kategori buah atau sayuran, jika kata orang orang Jawa lajang penting sehat. Kandungan gizi dan vitamin dari tomat ini luar biasa. Dan ini termasuk tanaman yang juga mudah ditanam menggunakan metode hidroponik.

Panduan khusus tentang buah atau sayuran adalah salah satu yang dapat Anda baca di halaman tomat hidroponik.

12. Sayuran Hidroponik Cabai

Sudah ada diskusi khusus tentang cabe hidroponik, cara menanamnya bisa dengan mudah diikuti. Karena pada prinsipnya, menanam cabai itu tidak perlu perawatan intensif seperti tanaman hias pada umumnya.

13. Terong Hidroponik
Terong Hidroponik

Terong adalah salah satu jenis tumbuhan yang paling umum digunakan sebagai bahan kuliner. Penanaman terung pada dasarnya membutuhkan area yang sangat luas untuk mendapatkan hasil yang sangat melimpah.

Seiring dengan perkembangan teknologi pertanian yang semakin luar biasa, penanaman terong kini bisa di lahan yang tidak begitu luas dengan menggunakan sistem hidroponik. Dengan menanam terong dengan metode hidroponik ini dan melakukan perawatan rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil yang melimpah.

14. Hidroponik Strawberry
Hidroponik Strawberry

Stroberi adalah salah satu dari banyak buah yang mengandung vitamin c. Biasanya tanaman ini tumbuh di dataran tinggi. Tahukah Anda jika menanam stroberi dengan teknik hidroponik akan mendapatkan lebih banyak buah?

Ini karena dengan menggunakan metode hidroponik ini tanaman dapat menyerap lebih banyak nutrisi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan akan lebih maksimal.

Nah itulah beberapa tanaman yang bisa Anda tanam di kebun atau di halaman sekitar rumah Anda menggunakan teknik hidroponik. Jika Anda mengejar penanaman dengan teknik ini, maka ini dapat Anda jadikan sebagai bidang bisnis yang menguntungkan untuk masa depan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.