Kumpulan Bahan KHOTBAH KRISTEN lengkap dengan ayat pendukungnya

Kumpulan Bahan KHOTBAH KRISTEN lengkap dengan ayat pendukungnya
Kumpulan Bahan KHOTBAH KRISTEN lengkap dengan ayat pendukungnya
Kumpulan Bahan KHOTBAH KRISTEN lengkap dengan ayat pendukungnya. Buat Khotbah untuk Ibadah di Gereja, Ibadah di Rumah Tangga, Ibadah pada Hari Pengucapan Syukur, Khotbah untuk Ibadah Pria, Khotbah untuk Ibadat Wanita, Khotbah untuk Layanan Remaja atau untuk menyusun cerita untuk anak-anak Sekolah Minggu. Materi Khotbah ini adalah kumpulan khotbah Pdt.Yunus Palimbunga, S.Th yang saya kumpulkan melalui Berita Gereja.

Berikut ini adalah kumpulan khotbah yang saya persingkat menjadi Judul Kerangka Kerangka lengkap dengan mendukung ayat-ayat Alkitab.
Kumpulan Bahan KHOTBAH KRISTEN lengkap dengan ayat pendukungnya


Judul : “Kristus Lahir di Dunia membawa Sukacita” Lukas 2:8-20


  • Jangan takut sebab sesungguhnya Aku memberitakan kesukaan bagi seluruh dunia (Lukas 2:10-12)
  • Kelahiran Yesus sudah di ramalkan (dinubuatkan) oleh para Nabi seperti Nabi Yesaya ± th sebelum Yesus lahir (Yesaya 7:14).
  • Nubuatan Nabi Mika tentang datangnya seorang pemimpin yaitu Yesus Kristus. Ini di sampaikan ± 750 th sebelum Yesus lahir (Mika 5:1)
  • Jangan takut : merupakan “Pesan Pertama” yang di sampaikan oleh malaikat kepada para gembala.
  • Kalau kita memperhatikan dengan seksama secara Rohani, maka akan kita lihat dan pahami bahwa “Anugerah Iman” justru diberikan kepada orang-orang yang “Sederhana dan Rendah Hati” seperti para Gembala.
  • Karena itu “Pesta Natal” adalah “Pesta Rohani”. Jadi merayakan Natal hanya bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh apabila kita beriman kepada Keagungan Yesus.
  • Mengapa kita bersuka cita di hari Natal : Mengapa kebahagiaan untuk semua orang yang menanti-nantikan Dia ?

  1. Karena kelahiran Yesus ke dunia merupakan “Awal dari Proses pembebasan kepada manusia dari dosa-dosanya oleh Allah”. (Matius 1:21)
  2. Karena kelahiran Yesus mengakibatkan umat manusia tidak lagi berjuang sendirian melawan kegelapan tetapi dibantu oleh Tuhan (Bersama Tuhan).
  3. Karena kelahiran Yesus juga merupakan “Permulaan yang Baru” : artinya kita dapat melakukan segala sesuatu yang benar, missal : Dalam Pergaulan, Dalam Rumah Tangga, Dalam Usaha/Pekerjaan. Berarti pula bahwa kelahiran Yesus merupakan “Pemulihan Hidup Manusia”.

Jadi kalau kita sudah yakin bahwa kelahiran Yesus telah “Memulihkan” hidup kita maka “Hidup Berkelimpahan” juga akan menjadi bagian kita. Artinya : Hidup berkelimpahan memiliki kemampuan untuk menciptakan konsep dan karakter untuk nilai-nilai yang tinggi dalam hidup kita. (Yahya 10:10).

Judul : “Harapan Bagi Orang Percaya” (2 Korintus 5:1-7)
Bila kita menghayati Firman Tuhan yang telah kit abaca, maka jelas sekali kita lihat : 
“ 5 Hal yang membangkitkan semangat Iman dalam pengharapan kita “ antara lain :
  1. Janji Allah untuk kediaman yang tetap (ayat 1 => Oleh sebab itu => Yohanes 14:1-2)
  2. IKerinduan orang percaya untuk mendapati tempat yang di sediakan oleh Allah (2-3). Untuk menempati tempat yang di sediakan oleh Allah tentu kita siapkan hati kita untuk menantikan kedatangan Yesus Kristus menjemput kita : Bukan justru kita takut di jemput oleh Allah dengan alas an : Anak masih kecil dan Masih inggin menikmati keindahan dunia ini
  3. Oleh sebab itu semasih ada kesempatan gunakanlah hidupmu untuk kebenaran Firman Tuhan karena – Yohanes 9:4 - baca
  4. Tekanan dunia yang sangat bagi kita (4) baca “Sana sini telah terjadi tekanan yang sangat berat bagi anak-anak Tuhan, tetapi melalui kejadian-kejadian itu kita boleh bersyukur kepada Allah sebab FirmanNya berangsur-angsur digenapi. Mari kita dengan Iman mengatakan perkara ini pasti terjadi, sebab memang sudah di suratkan oleh Allah sebelum perkara ini terjadi.
  5. Jaminan dalam perjanjian itu (5) baca “Justru hal-hal yang terjadi itu adalah jaminan dari Allah bahwa umat-Nya akan di lindungi dari segala permasalahan kita sebab kita adalah anak Perjanjian      (Yohanes 1:12)”
  6. Pandanglah hidup yang kekal – bukan yang sementara (6) baca “Walaupun Rasul Paulus sadar bahwa hidupnya masih sangat jauh dari yang di harapkan oleh Tuhan ; juga kita semua ; tetapi mari kita semakin giat dalam pekerjaan Tuhan sebagaimana yang di lakukan oleh Rasul Paulus dengan motto “Iman” (ayat 7-8), ayat 7 = Sebab hidup kami ini adalah hidup karena Percaya, bukan karena melihat. Ayat 8 = Tetapi hati kami tabah dan terlebih suka kami beralih dari tubuh untuk menetap pada Tuhan.

Judul : “Penyambut Natal yang berhasil” (Matius 2:1-12)

Untuk mencapai suatu keberhasilan tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi harus dengan berbagai-bagai cara agar dapat berhasil dengan baik, baik itu di Gereja maupun di rumah-rumah tangga. Bagaimana menyambut Natal yang sebenarnya :
  1. Ayat 1 = Orang majus memiliki ketekunan yang luar biasa, melalui tuntunan bintang => Dari Timur => Yerusalem. 
  2. Mereka tekun dalam perjalanan panjang untuk mendapatkan “Sang Bayi Natal” Perjalanan orang majus adalah gambaran perjalanan hidup orang percaya saat ini untuk rindu bertemu dengan Yesus pada kali ke II.
  3. Ayat 2 = Mereka tulus dan rendah hati. Secara logika, bahwa kehadiran Raja di atas segala Raja pasti di dalam suatu istana, tetapi ternyata di kandang domba. Bukti kerendahan hati orang-orang majus yaitu ayat.11 (baca), sebagaimana kerendahan hati Yesus dalam (Filipi 2:6-8).
  4. Taat dalam melakukan Firman Tuhan (ayat 12) Mimpi => ini bukan hanya merupakan bunga-bunga tidur, tetapi ini suatu pernyataan Tuhan agar orang-orang majus jangan mengikuti kehendak raja dunia, tetapi mengikuti “Raja di atas segala Raja” (perintah Firman Tuhan).
Setelah kita menerima Yesus (Bayi Natal) maka hidup kita harus berubah dari “hidup lama” masuk ke dalam “Hidup Baru” (2 Korintus 5:17) berarti pula bahwa kita akan menjadi : “Penyambut Natal yang berhasil”.


Contoh Khotbah di atas adalah 3 khotbah dari banyak Khotbah yang saya buat dalam Berita Gereja, para sahabat meninjau ayat-ayat di atas sebagai Referensi dalam pembuatan Khotbah. Khotbah Terbaru 2017, Khotbah 2018, Sermon 2019, Khotbah 2020 dan Terus melayani Tuhan dalam berbagai cara, tidak hanya melalui Khotbah secara langsung tetapi para Sahabat dapat berbagi Khotbah Teman di blog sederhana ini dengan mengirimkan Khotbah Teman kepada Kami Tuhan Yesus Memberkati.