Kumpulan Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Pembukaan sampai Penutupan Ibadah

Kumpulan Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Pembukaan sampai Penutupan Ibadah
Kumpulan Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Pembukaan sampai Penutupan Ibadah
Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Awal sampai Akhir Ibadah. Memimpin pujian adalah aspek penting dari ibadah gereja. Pemimpin pujian yang baik akan membuat Anda dan seluruh jemaat lebih bersemangat untuk berdoa dan menyanyikan pujian sepenuh hati.Ibadah di Gereja atau acara Ibadah di rumah seperti Ibadah Rumah Tangga, Ibadah Kematian, Ibadah Ucapan Syukur harus di atur tata cara Ibadah dan Pemilihan Lagu yang tepat. Tidak sedikit dari  Lieder yang tidak memperhatikannya, mereka sibuk dengan lagu-lagu yang biasa di lagu tersebut. Akan lebih baik jika sebelum Ibadah diadakan pemilihan lagu yang tepat sesuai dengan acara atau status ibadah.

Cara Memimpin Pujian


Mempersiapkan Diri Sebelum Ibadah

1. Tentukan tujuan Anda.

  • Pelajari cara membawakan pujian yang baik dan yang kurang baik. Membawakan pujian berarti memuji Tuhan dan sebagai pemimpin pujian, tugas utama Anda adalah mengajak seluruh jemaat memuji Tuhan dengan bernyanyi dan berdoa bersama-sama.
  • Fokuskan perhatian kepada jemaat yang Anda pimpin agar mereka bisa bernyanyi dengan baik, alih-alih hanya sibuk memperhatikan penampilan Anda sendiri di panggung.
  • Membawakan pujian bukanlah ajang pamer bakat atau membuat diri Anda terkesan hebat. Walaupun Anda tidak berniat menyombongkan diri, waspadalah sebab hal ini bisa muncul tanpa disadari.


2. Berdoalah. 

  • Ucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kesempatan memimpin orang lain sehingga mereka bisa memuji-Nya, mintalah bimbingan, kerendahan hati, dan kekuatan agar Anda bisa memimpin pujian dengan baik.
  • Saat berdoa, mintalah beberapa hal berikut:[1]
  • Kemampuan memahami lirik lagu yang akan dinyanyikan dan kemampuan menyampaikan pemahaman ini
  • Kemampuan untuk mengasihi orang-orang yang Anda pimpin
  • Kebijaksanaan dalam memilih lagu dan ayat-ayat yang akan disampaikan selama memimpin pujian
  • Kemampuan untuk melakukan kebenaran sesuai lagu dan ucapan Anda
  • Kerendahan hati agar Anda mampu memimpin pujian yang memuliakan Tuhan, bukannya memuliakan diri sendiri atau persekutuan
  • Kemampuan untuk membimbing para jemaat dalam persekutuan agar lebih dekat lagi dengan Tuhan


3. Siapkan pujian yang sesuai dengan tema ibadah. 
Berkonsultasilah dengan pendeta tentang tema ibadah minggu ini dan pilihlah lagu-lagu pujian yang sesuai dengan tema tersebut agar ibadah terasa lebih khusyuk dan bermakna.
Pilihlah beberapa ayat kitab suci yang sesuai dengan lagu dan tema ibadah.

4 Pilihlah lagu-lagu yang sudah cukup dikenal oleh jemaat agar mereka bisa berpartisipasi aktif dengan ikut bernyanyi saat Anda memimpin pujian.


  • Mereka mungkin tidak mau bernyanyi jika lagu yang Anda pilih membuat suasana ibadah kurang menyenangkan.
  • Orang-orang biasanya tidak mau menyanyikan lagu-lagu yang belum mereka kenal. Utamakan lagu-lagu yang sudah dikenal oleh jemaat. Jika ingin menyanyikan lagu baru, jadwalkan beberapa minggu yang akan datang agar mereka punya cukup waktu untuk mempelajarinya.
  • Beberapa lagu bisa dibawakan oleh solois, tetapi ada juga lagu-lagu yang lebih cocok dinyanyikan oleh grup. Lagu-lagu yang akan Anda bawakan saat memimpin pujian haruslah lagu yang bisa dinyanyikan bersama oleh banyak orang.
  • Rentang nada (ambitus) yang mampu Anda nyanyikan mungkin sangat lebar, tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama. Pilihlah lagu dengan rentang nada yang mudah dijangkau agar lebih banyak orang yang bisa ikut bernyanyi.


5. Tentukan urutan lagunya.
Anda harus tahu berapa lagu yang perlu Anda siapkan. Beberapa gereja menerapkan aturan tertentu selama ibadah berlangsung dan ada juga yang lebih fleksibel. Bagaimanapun juga, Anda harus memilih lagu yang sesuai dengan peraturan ibadah dan tentukan lagu yang tepat untuk setiap sesi selama ibadah berlangsung.

6. Hafalkan lagunya.[2] Pahami baik-baik lirik lagu yang akan Anda nyanyikan.

  • Hafalkan ayat-ayat yang akan Anda sampaikan. Anda boleh meletakkan kitab suci atau teks lagu di depan Anda selama ibadah, tetapi jangan mengandalkannya.
  • Ketika berlatih mengucapkan lirik lagu atau ayat kitab suci, berikan penekanan pada kata kerja, bukan pada kata ganti orang, kata sifat, dan kata keterangan. Kata kerja bisa menjelaskan tindakan dan maknanya dengan tepat. Oleh sebab itu, berikan penekanan pada kata kerja agar Anda bisa mengungkapkan kebenaran dari teks yang Anda ucapkan.
  • Mempelajari kata-kata yang akan Anda nyanyikan atau ucapkan sebelum ibadah membuat Anda merasa lebih nyaman sewaktu bernyanyi di depan banyak orang sehingga Anda bisa memimpin pujian dengan lebih natural.


7. Berlatihlah. 

  • Mungkin Anda adalah satu-satunya pemimpin pujian di gereja. Selain itu, mungkin Anda harus bekerja sama dengan semua anggota tim pujian. Terlepas dari banyaknya orang yang akan terlibat, Anda harus melatih semua lagu beberapa kali sebelum Anda nyanyikan di gereja.
  • Pastikan setiap anggota tim pujian sudah tahu kapan lagu tertentu harus dinyanyikan. Beri tahukan dahulu urutan lagunya agar mereka tidak kebingungan.
  • Dengarkan masukan dari setiap anggota tim pujian. Jika kesepakatan bersama bertentangan dengan pendapat Anda, pertimbangkan lagi ide Anda dan gantilah lagunya jika diperlukan.


8. Berikan semangat kepada diri sendiri sebelum ibadah.
Memuji adalah hal yang bersifat spiritual, tetapi sebagai makhluk fisik, Anda juga harus menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat. Berusahalah tidur malam yang cukup sebelum hari ibadah. Minum air putih dan makan sarapan pagi secukupnya agar Anda bisa menjalankan t

Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Awal sampai Akhir Ibadah

Daftar Nyanyian Pujian dan Ibadah Saya memisahkannya dengan Jenis Kegiatan Ibadah di Gereja saya, jadi teman-teman hanya menyesuaikannya. Daftar Lagu Pujian dan Ibadah Akan Saya Perbarui setiap kegiatan Ibadat, silahkan pilih teman.


Daftar Lagu Pujian dan Penyembahan mulai Awal sampai Akhir Ibadah


Ibadah Umum hari Minggu di Gereja :
Lagu Pembukaan : Ku Masuk Ruang Maha Kudus
Lagu Puji-Pujian : 1. Sambut Sang Raja, 2. Terpujilah NamaMu, 3. DenganMu Tuhan
Lagu Firman Tuhan : Dengan Sayap-Mu
Lagu Kolekte : Sungguh ku Bangga Bapa
Lagu Penutup : El Shaddai

Ibadah Rumah Tangga / Kaum Pria / Kaum Wanita :
Lagu Pembukaan : Menyenangkan-Mu 
Lagu Puji-Pujian : 1. Berkat Anak Cucu, 2. Bersyukurlah
Lagu Firman Tuhan : Permata Hatiku
Lagu Kolekte : Aku Diberkati
Lagu Penutup : Tinggikan DiriMu

Ibadah Ucapan Syukur Kelahiran Putra / Putri :
Lagu Pembukaan : Kaulah Harapan
Lagu Puji-Pujian : 1. Bersyukurlah, 2. Tuhan Raja Maha Besar
Lagu Firman Tuhan : Seperti Rusa yang Haus
Lagu Kolekte : Bila Roh Allah ada di dalamku
Lagu Penutup : Besar AnugerahMu

Ibadah Kematian (Ibadah Duka / Penghiburan) :
Lagu Pembukaan : Kekuatan serta Penghiburan
Lagu Puji-Pujian : Tuhan Yesus Sobat Kita
Lagu Firman Tuhan : Ku Cinta Kau
Lagu Kolekte : Aku di Berkati
Lagu Penutup : Tuhan El Shaddai

Ibadah Perayaan Natal :
Lagu Pembukaan : Mengejar Hadirmu
Lagu Puji-Pujian : 1. Dia Lahir Untuk Kami, 2. Ku Dib’ri Kuasa, 3. Malam Kudus
Lagu Firman Tuhan : Kau berfirman
Lagu Kolekte : Dari Pulau dan Benua
Lagu Penutup : Muliakanlah

Ibadah Perayaan Paskah :
Lagu Pembukaan : Dia Memilih Disalib
Lagu Puji-Pujian : 1. Oleh Darah Anak Domba, 2. Dia Lahir Untuk Kami, 3. Lebih dari Pemenang
Lagu Firman Tuhan : Seperti Wanita Mengurapi-Mu
Lagu Kolekte : Apa yang tak Pernah di Lihat Mata
Lagu Penutup : Sbab Kau Besar

Postingan ini muncul ketika saya memilih Song of Praise and Worship for Men's Worship di tempat kami, dengan bimbingan Tuhan saya membuat Post ini untuk membantu saya Pribadi dalam memilih lagu yang tepat, Pujilah Tuhan jika artikel ini juga membantu sahabat saya.

Jika Anda memiliki lagu dan daftar ibadah yang lebih baik dengan versi selain daftar lagu di atas, silakan tulis di Kolom Komentar, saya sangat bersyukur dan Tuhan Yesus memberkati.