Contoh Kerangka Khotbah Kristen yang Benar dan Baik menurut Alkitab

Contoh Kerangka Khotbah Kristen yang Benar dan Baik menurut Alkitab
Contoh Kerangka Khotbah Kristen yang Benar dan Baik menurut Alkitab
Contoh Kerangka Khotbah Kristen yang Benar dan Baik menurut Alkitab. ilmu berkhotbah, sering disebut Homiletika, adalah sebuah pelajaran yang memadukan antara seni dan metode untuk menyampaikan firman Allah secara baik dan benar. Homiletika dari dua kata Yunani homilia (pidato, khotbah) dan tekne (teknik, keterampilan). Berkhotbah adalah suatu karunia rohani dari Roh Kudus. Namun, bisa dipelajari dan bisa dilatih.

Bentuk Khotbah Ekspositori
       Khotbah Ekspositori adalah bentuk khotbah yang mengupas nas Alkitab berdasarkan konteksnya. Yang dimaksud konteks adalah nas sebelum atau sesudah dari nas yang akan dikhotbahkan, atau latar belakang dari nas sampai kitab tersebut. Berikut tujuh langkah dalam menyusun khotbah ekspositori:

Langkah I: Memilih Nas Khotbah
       Sebelum persiapan membuat khotbah, yang sangat penting adalah menentukan nas Alkitab yang akan dikhotbahkan. Memilih dan menentukan nas yang tepat akan menjadi "menu" makanan rohani yang mudah dimasak dan lezat untuk dihidangkan.

Cara memilih nas Alkitab:
1.Dengan berdoa memohon pimpinan Roh Kudus.
Hubungan pengkhotbah dengan Tuhan akan menemukan kepekaan kehendak-Nya.

2.Dengan menyelidiki nas yang sudah memberkati.
Hubungan pengkhotbah dengan pengalaman akan menghidupkan pemberitaannya.

3.Dengan menyesuaikan kebutuhan pendengar.
Hubungan pengkhotbah dengan sesama akan menjadikan khotbah mem-"bumi".

4.Dengan mencari sesuai tema yang diminta.
Hubungan pengkhotbah dengan perkembangan zaman khotbahnya akan akurat.

5.Dengan mempertimbangkan kemampuan pengkhotbah.
Hubungan pengkhotbah dengan proses pembelajaran akan menjadi khotbah yang relevan.

6.Dengan satu kesatuan nas yang logis dan praktis.


  • Khotbah adalah mengomunikasikan hubungan pengkhotbah dengan Alkitab.
  • Perhatikan nas dalam konteks dekat dan konteks jauh.
  • Perhatikan latar belakang sejarah kitab.
  • Gunakan metode penafsiran induktif bukan deduktif.


Hal yang perlu diwaspadai dalam memilih nas:

  • Jangan memilih hanya nas-nas yang sudah terkenal.
  • Jangan hanya biasa dengan kitab Perjanjian Baru atau Injil-injil, pelajarilah Perjanjian Lama.
  • Jangan memilih karena ada "pesan sponsor" atau karena motif khusus.
  • Jangan memilih karena nas yang hanya menjadi kesukaan pribadi.
  • Jangan menentukan nas hanya karena pengalaman pribadi.

Pengajaran rohani Kristen adalah pekerjaan yang sulit. Hanya dengan bimbingan Tuhanlah saya dapat menulis tentang hal ini. Pada saat saya bermimpi kecil untuk menjadi pendeta karena dia melihat aktivitas orang tua adalah seorang penginjil. Berjalan dewasa untuk menikahi rencana Tuhan yang lain, saya tidak pernah menempati bangku kuliah di universitas Kristen tetapi memasuki departemen Komputer.
Contoh Kerangka Khotbah Kristen yang Benar dan Baik menurut Alkitab

Sudah menjalani sembilan tahun perkawinan banyak ujian dan tantangan sebagai Kepala Keluarga. Tetapi Allah yang agung memberikan seorang istri yang selalu rindu untuk bersekutu dengan Allah. Itulah proses yang menurut saya Tuhan selalu membantu dan merasa bersekutu dengan Tuhan yang tidak bisa saya hindari. Membangun khotbah dalam kapasitas manusia saya tidak mampu tetapi ini adalah rencana Tuhan yang harus saya patuhi.

Seorang pengkhotbah, penginjil atau pelayan Firman Tuhan harus hidup suci dalam keluarga atau lingkungan di dalam komunitas berarti teman itu harus hidup dahulu. Setiap orang pasti pernah memiliki kesalahan atau dosa di masa lalu tetapi melihat masa depan tidak melihat ke belakang. Jadikan masalalu pelajaran berharga bagi kita untuk menjadi lebih kuat di dalam Tuhan. Kehidupan baru sudah, Rajik ke Gereja sudah, Penyembahan dan Doa Sudah Ketekunan. Yang terakhir meminta bantuan Tuhan dan mempelajari Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh (agar Roh Kudus bekerja).

Karena saya belum bisa berkhotbah jadi untuk kerangka khotbah yang saya ambil dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, kerangka khotbah dan tautan situs web sengaja disimpan bagi saya untuk belajar pada saat saya membutuhkannya.

Contoh Kerangka Khotbah Kristen :

- Tema Khotbah
- Nats Alkitab
- Tujuan Khotbah
- Isi Khotbah
- Aplikasi Khotbah
- Penutup / Kesimpulan

Ada tiga bagian kerangka khotbah yaitu :

1. Konsep
Konsep yaitu bagaimana cara mendapatkan tema inti untuk bahan khotbah, yang merupakan seni untuk mengetahui bagaimana menerima berita dari Tuhan. Ini berhubungan bagaimana ide dan tema yang utama untuk sebuah khotbah.

2. Komposisi
Dalam menerima ide gagasan atas suatu kebenaran, kita harus memulai melakukan analisa untuk menemukan kebenaran tersebut. Disitulah catatan kita berperan penting! Selagi kita merenungkan. Tuliskan setiap pikiran yang muncul dalam catatan kita.

3. Konstruksi
Setelah kita menganalisa materi pelajaran dan daftar setiap aspek kebenaran yang dapat kita temukan, maka kita dapat mengatasinya, dan mulai mengatur pikiran-pikiran itu dalam urutan yang benar, jika kurang relevan kita dapat membuang, jika kurang tajam bisa diasah dan perusahaan yang kurang bisa diperkuat lebih lanjut. Menempatkan materi ke dalam urutan yang tepat akan sangat membantu kita di sidang. Dengan berbagi pemikiran yang dikembangkan secara berurutan, orang lain dapat membantu memahami dan memahami jalannya percakapan Anda.

Jika shabat inggin membaca dengan jelas dan lengkap silakan kunjungi website WWW.KHOTBAH.CO karena ada banyak artikel yang menjelaskan bagaimana membuat khotbah yang baik dan benar, jenis khotbah dan situs ini sudah dilengkapi dengan aplikasi android, Semoga bermanfaat, sekian dan Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.