--> Skip to main content

Cara Menanam Strawberry di Polybag Halaman Rumah

Cara Menanam Strawberry di Polybag Halaman Rumah. Stroberi adalah tanaman yang menghasilkan buah yang indah dengan rasa yang lezat sekaligus menyegarkan. Buah stroberi termasuk buah yang cukup populer di Indonesia. Ini karena budidaya budidaya stroberi telah dilakukan oleh petani sejak lama untuk melipatgandakan produksi karena mengetahui bahwa stroberi termasuk buah yang disukai oleh banyak orang.

Buah stroberi tidak jarang diolah menjadi makanan atau minuman tertentu, seperti selai, jus, dan masih banyak lagi. Khasiatnya juga tidak sebatas dimakan, kemudian terasa enak, dan timbul keinginan untuk mengkonsumsi lagi. Lebih dari itu, stroberi juga tercatat mengantongi berbagai konten yang berdampak pada manfaat kesehatan dan kecantikan.

Dalam hal manfaat dan manfaat yang diberikan, tentunya banyak orang (bukan hanya petani) yang tertarik untuk mencoba budidaya stroberi. Apakah Anda juga menginginkan sesuatu yang serupa? Berkebun sendiri itu mudah, selain meningkatkan keterampilan bertani, kegiatan budidaya juga bisa membuat Anda lebih pintar dalam memandang peluang bisnis di bidang agribisnis.

CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG


Untuk menanam stroberi, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas jika Anda belum memilikinya. Cukup dengan menyiapkan pot atau polybag, Anda sudah bisa mengolah buah stroberinya sendiri. Ada beberapa langkah yang harus Anda lewati, di sini akan mengulas bagaimana cara menanam stroberi dalam polybag yang bisa dilakukan di pekarangan rumah.

PERSYARATAN PERTUMBUHAN STRAWBERRY
Dalam melakukan sesuatu yang baru, Anda perlu mencari tahu informasi lengkap untuk mendukung proses dan mencegah kebuntuan karena kebingungan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Dua kali tiga dengan budidaya seledri, sebelum menanam stroberi, Anda harus tahu syarat tumbuh tanaman stroberi.

Berikut syarat tumbuh tanaman strawberry:


  1. Hasil maksimal akan diperoleh apabila strawberry ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.
  2. Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Strawberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan warna dan rasa yang sempurna di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun.
  3. Buah stroberi termasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Akan tetapi, dirinya hanya lebih mudah untuk beradaptasi pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  4. Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.
  5. Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
  6. Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang ideal untuk budidaya strawberry di dalam polybag atau pot adalah 6,5 – 7,0.
  7. Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.

CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG (POT)

Bagaimana cara menanam strawberry di dalam polybag?


  • Beli bibit strawberry di toko tanaman terdekat atau Anda bisa melakukan pembibita vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.
  • Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  • Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang Anda jadikan wadah tampung tanaman.
  • Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  • Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Selalu cukupi kebutuhan air dari media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.
Begitu bibit sudah ditanam, berikutnya hanya tinggal melakukan perawatan.

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN
Berikut pedoman perawatan dan pemeliharaan tanaman strawberry:

  1. Penyiraman. Siram tanaman strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam hingga memasuki fase generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa Anda memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering.
  2. Penyulaman. Apabila tanaman strawberry ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Ganti tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Penyulaman penting dilakukan untuk mengidentifikasi masalah agar berikutnya tidak lagi terjadi gagal panen.
  3. Pengendalian Hama dan Penyakit. Selain disiram, Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama. Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuat. Atau Anda bisa juga menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Usahakan agar strawberry tidak diganggu oleh burung merpati atau burung-burung lain.
  4. Pemupukan. Pohon strawberry yang sedang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Saat melakukan pemupukan, usahakan agar pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.
  5. Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut adalah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut bisa ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.
  6. Pemberian Fitohormon. Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.

Hormon yang digunakan adalah hormon gas ethylene yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohon. Selain gas ethylene, biasanya juga digunakan hormon Asam Indol Asam dengan giberelin untuk menebalkan ukuran batang tanaman dan menghasilkan banyak buah dan semak.
Fitohormon adalah seperangkat senyawa organik yang terbentuk secara alami atau dibuat oleh manusia. Di dalamnya ada tingkatan yang dapat mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tanaman. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. Sebelum menggunakannya, Anda dapat berkonsultasi dengan agen pertanian setempat.

CARA AGAR TANAMAN STRAWBERRY CEPAT BERBUAH

Agar tanaman stroberi yang Anda tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain menyiram dan memupuk secara teratur, Anda juga perlu melakukan aktivitas yang disebut pendangiran dan penyiangan.

Menyiangi dan menyiangi sendiri adalah aktivitas yang koheren dan terpadu di dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor kontribusi terbesar dalam keberhasilan kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pengurangan dilakukan oleh petani untuk menggemburkan tanah dengan cara menggali sedikit dengan hati-hati, jangan sampai mencederai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan membuang rumput lihar di tanah agar menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga bebas dari tumbuhnya jamur, penyakit, dan hama parasit.

PEMANENAN
Setelah 2 bulan, bahkan lebih sedikit, buah stroberi bisa dipanen. Itu semua tergantung pada bagaimana perawatannya. Tanaman stroberi yang sudah bisa mengambil buah memiliki karakteristik umum seperti daging terasa kenyal dan empuk saat dipegang. Jika digigit memiliki sedikit rasa asam. Kulit buahnya mudah merah atau merah gelap dengan batang coklat agak kekuning-kuningan.

Pemanenan buah stroberi dilakukan dengan menggunakan gunting khusus memetik buah atau pisau tajam. Pilih buah dengan alat, lalu cuci dan keringkan dengan angin. Jika buah stroberi yang ingin Anda jual, Anda bisa membungkus buah stroberi menjadi beberapa paket untuk dipasarkan langsung ke agen pemasaran buah atau toko buah.

Budidaya strawberry itu mudah bukan? Hanya dengan beberapa langkah tentang cara menanam stroberi dalam polybag, Anda sudah bisa menjadi penanam stroberi. Prospek penjualan bisnis stroberi cukup menjanjikan. Jika kemampuan Anda memenuhi syarat, ada baiknya mulai bertani pada skala yang lebih besar (lebih besar). Semoga berhasil.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar