Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan). Sayuran dan buah yang sehat dan segar sekarang sulit ditemukan. Ini karena konsep pertanian konvensional masih menggunakan pestisida untuk membunuh hama penyakit yang justru membawa dampak buruk pada tanaman yang disemprotkan sendiri.

Tapi sekarang, masalahnya bisa diselesaikan dengan memanfaatkan teknik pertanian hidroponik. Anda bisa melakukan hidroponik dengan berbagai media. Di sini akan memandu bagaimana membuat hidroponik dengan paralon yang dapat Anda buat sendiri di rumah menggunakan alat dan bahan yang dapat dicari dengan mudah
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)


# TAHAP 1: PERSIAPAN PENGUMPULAN ALAT DAN BAHAN

Pada tahap pertama, pastikan Anda telah menyiapkan bahan untuk membuat hidroponik vertikal dengan paralon yang akan menerapkan sistem NFT. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan meliputi paralon 3 inci, alat bor listrik, paralon junction, paralon cover, paralon glue, gergaji pemotong paralon, selang, pompa akuarium, solder, media tanam hidroponik, bibit tanaman, dan wadah tanam dari gelas plastik.

Semua bahan akan diproses dengan bantuan alat-alat yang juga telah disediakan, seperti paralon untuk dipotong dan dibuat lubang. Kemudian paralon di satu sisi harus ditutupi dengan penutup paralon dan sisi lain diberikan koneksi paralon untuk membentuk jalur air yang mengarah ke paralon lain.

# TAHAP 2: PERSIAPAN PEMBUATAN LUBANG PARALON
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Proses selanjutnya dalam cara menanam hidroponik dengan paralon, Anda akan melubangi paralon dengan mesin bor, dilanjutkan dengan membuat jalur air. Jika ini adalah percobaan pertama Anda, disarankan untuk membuat dua baris hanya dengan menggunakan dua paralons.

Di lubang mesin bor, Anda juga perlu menyiapkan alat penggilingan bor dengan ukuran yang sama dengan diameter gelas plastik. Beri jarak per 20 cm di setiap lubang sehingga ketika tanaman tumbuh besar tidak akan bertepatan dengan tanaman di sebelahnya.

Kemudian, setelah dua paralon dilubangi dan disamakan, Anda harus menutup salah satu lubang dengan penutup paralon, dan sisi lainnya dilengkapi dengan konektor paralon. Di paralon yang telah terhubung, sisi lain juga ditutup dengan penutup paralon. Atau Anda bisa menutup kedua paralon dengan koneksi sehingga air bisa bersirkulasi.

# TAHAP 3: PERSIAPAN MELUBANGI GELAS PLASTIK
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Gelas plastik yang akan berlubang Anda menyamakan angka dengan lubang yang ada di paralon. Sebelumnya, Anda harus ingat untuk membiarkan satu lubang terbuka. Lubang yang dikosongkan akan digunakan untuk nutrisi hidroponik dalam bentuk larutan berair.

Sekarang, Anda bisa terus membuat hidroponik dengan paralon dengan membuat lubang di gelas plastik. Panaskan solder listrik, lalu buat lubang kecil di bagian bawah dan sisi kaca. Jika semua kacamata dengan nomor yang sesuai dengan lubang di paralon telah dibuat, Anda sekarang dapat melanjutkan ke tahap bibit bibit.

# TAHAP 4: PENYEMAIAN BENIH TANAMAN DALAM BUSA
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Media tanam yang dapat digunakan dalam cara pembuatan hidroponik menggunakan paralon ini tidak hanya satu, tetapi Anda lebih baik menggunakan busa saja karena sudah mampu menyerap air lebih lama. Ambil beberapa busa (seperti busa sofa), kemudian potong kotak berukuran sedang atau disesuaikan dengan ukuran kaca. Pastikan busa bisa masuk ke dalam cangkir plastik.

Langkah selanjutnya, Anda selipkan bibit tanaman ke dalam busa. Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman sekaligus. Setelah biji dimasukkan ke dalam busa, maka Anda cukup memasukkan potongan busa yang telah berisi biji-biji tanaman ke dalam gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan dalam satu busa

# TAHAP 5: PEMBERIAN LARUTAN NUTRISI RUTIN
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Setelah melewati proses keempat atau menanam benih, Anda sekarang dapat segera menuangkan air bersih yang belum dicampur dengan senyawa kimia ke dalam paralon melalui lubang paralon yang sengaja dikosongkan. Anda bisa menggunakan selang dengan pompa untuk memasukkan air ke paralon. Yang perlu diingat adalah ketinggian air tidak harus memenuhi paralon. Pastikan ada ruang tersisa agar tanaman juga mendapatkan oksigen.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu beberapa hari sampai tanaman mengalami pertumbuhan vegetatif atau generatif. Ketika tampak tumbuh, selanjutnya Anda dapat memberikan solusi nutrisi yang telah dibuat dan disiapkan secara teratur setiap hari. Jangan biarkan tanaman tidak mendapat nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan. Tunggu sekitar satu bulan atau sesuai dengan fase panen dari setiap jenis tanaman hidroponik yang Anda tanam.

Jadi bagaimana membuat hidroponik dengan paralon yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Jika Anda belum memahaminya, lebih baik untuk melihat video atau selancar berikut lagi untuk menemukan panduan pertanian hidroponik dengan paralon media di situs konten video Youtube.

Selain paralon, Anda juga bisa melakukan penanaman hidroponik dengan menggunakan media botol bekas. Dengan membudidayakan tanaman tanpa media tanah dan bantuan pestisida, Anda dapat mengkonsumsi hasil pertanian dalam bentuk sayuran atau buah-buahan yang aman dan sehat untuk tubuh.