--> Skip to main content

Perintah dasar Dan Fungsi Command Prompt ( CMD) Pada Komputer / Laptop

Istilah Command Prompt atau disingkat dengan CMD adalah perintah dos yang ada pada sistem operasi Windows. Penggunaannya dimaksudkan untuk pengguna lebih mudah dalam menjelajahi windows online atau offline. Di sisi lain, aplikasi ini juga dapat disalahgunakan, misalnya seorang cracker yang ingin menjalankan misinya dengan command prompt. Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi Anda sebagai pengguna perangkat komputer, penting untuk mempelajari seluk-beluk command prompt sehingga Anda dapat memahami manfaat dan cara kerjanya.

Fungsi Command Prompt yang Belum Banyak Diketahui

Mungkin, Anda tahu CMD dari fungsinya yang hanya digunakan untuk memeriksa koneksi jaringan. Perlu diluruskan bahwa CMD tidak hanya berfungsi untuk melakukan ping tetapi juga untuk mencari masalah yang terjadi seperti bad sector, membersihkan bad sector hard disk dan melihat apakah Windows yang Anda gunakan telah atau belum diaktifkan dan ada lebih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan.
Perintah dasar Dan Fungsi Command Prompt ( CMD) Pada Komputer / Laptop


1. Memeriksa Status Aktivasi Windows

Pengguna Windows tidak terhitung jumlahnya atau dapat dikatakan sangat banyak. Namun, di antara banyak pengguna Windows yang ada tidak semuanya telah diaktifkan. Jika Anda masih tidak yakin apakah windows Anda telah diaktifkan atau tidak, cukup gunakan CMD. Satu cara ini dapat digunakan untuk memeriksa status aktivasi Windows Anda, apakah itu diaktifkan atau sebaliknya. Perintah yang diperlukan untuk proses pengecekan ini adalah dalam bentuk slmgr / dlv.

2. Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk

Jika Anda menemukan bad sector pada hard drive Anda, jangan berkecil hati karena command prompt dapat digunakan untuk memperbaikinya seperti sebelumnya. Dengan mengetahui ini, hard drive yang Anda komplain sebagai dampak bad sector sekarang akan dinominasikan seperti biasa. Adapun cara memperbaikinya adalah dengan menjalankan chkdsk / r / f e: perintah yang terdapat di CMD atau command prompt.

3. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa

Tidak selalu aplikasi membuat Anda merasa senang memainkannya. Ini bisa terjadi ketika Anda ingin mematikannya tetapi mengalami masalah sehingga harus diambil dengan paksa. Di komputer, biasanya tidak ada pemberitahuan pemberitahuan yang menunjukkan bahwa aplikasi tidak berfungsi dengan benar. Command prompt berfungsi untuk memecahkan masalah ini dengan menghentikan aplikasi yang Anda keluhkan. Bersama dengan manajer taks, CMD adalah cara yang bagus untuk menghentikan program atau aplikasi secara paksa.

4. Memeriksa Kondisi Hardisk

Kadang-kadang, ada kekhawatiran apakah hard drive yang kita punya kondisi bebas dari bad sector atau tidak. Untuk memastikan kondisinya normal, Anda dapat memeriksa hard drive Anda dengan menggunakan fungsi command prompt. Oleh karena itu, Anda perlu menguasai perintah di command prompt dalam bentuk status get diskdrive wmic.

5. Menyembunyikan File

Berapa banyak file yang Anda miliki? Tidak peduli berapa banyak file yang Anda miliki, penting bagi Anda untuk mengelola, menyimpan, dan menyembunyikannya. Jika Anda ingin menyembunyikan file Anda, Anda sebenarnya mencari command prompt. Command prompt dapat menjadi solusi dalam membuat file yang dapat dilihat dan diakses oleh pengguna lain agar tidak lagi dilihat dan diakses oleh pengguna lain. Adapun cara menyembunyikan yait dengan memasukkan perintah attrib + s + h E: \ CAPCOM.

6.Mematikan Komputer

Mematikan dan menyalakan komputer tentu adalah makanan harian Anda. Yang menarik untuk dicatat di sini adalah bagaimana cara mematikannya, mengapa? Jika Anda biasanya mematikan komputer dengan mengklik menu Start dan kemudian klik Turn Off Computer atau Shut Down, sekarang Anda dapat mencoba berbagai cara dengan menggunakan command prompt. Metode ini masih terdengar akrab tetapi cara ini berpotensi mematikan atau hanya me-restart komputer Anda secara normal. Jika Anda ingin mencobanya, persyaratan wajib adalah koneksi jaringan. Untuk menjalankannya, perintah yang diperlukan adalah slmgr / dlv.

7. Memeriksa Baterai Laptop

Pernahkah Anda memperhatikan seperti apa keadaan baterai laptop Anda saat ini? Jika Anda tidak mau repot dalam memeriksa daya tahan, baterai dan sebagainya, command prompt bisa menjadi solusi yang Anda cari. Yang Anda butuhkan di sini adalah mengetahui perintah pengecekan seperti energi powercfg. Dengan cara sederhana ini, Anda dapat mengetahui apakah baterai laptop Anda masih layak digunakan atau justru sebaliknya.

8. Megetahui Mac Address Computer

Seperti manusia, komputer juga memiliki alamat yang digunakan untuk mengidentifikasinya. Tepat, alamat Mac adalah pengenal unik pada perangkat keras jaringan (misalnya kartu Ethernet atau kartu nirkabel). Karena itu unik, tentu saja setiap komputer memiliki alamat Mac atau alamat Mac yang berbeda. Untuk mengoperasikan command prompt untuk alamat Mac Anda cukup mudah. Hanya dengan memasukkan perintah ipconfig / all maka alamat Mac dapat langsung diketahui.

9. Mengetahui Instal Kapan Insatalasi Windows Dilakukan

Sebagian besar dari kita sering lupa kapan terakhir kali kita melakukan instalasi Windows. Ini bisa jadi karena seberapa sering kita menginstal ulang di PC atau laptop kita. Untungnya tanggal yang tepat ketika Anda menginstal akan terdaftar pada layar monitor Anda dengan memasukkan perintah CMD. Perintahnya adalah Systeminfo l menemukan / I "menginstal tanggal" (jangan menghapus tanda kutip).

10. Memfungsikan Laptop sebagai Wi-Fi tanpa Tambahan Software

Salah satu fungsi penting laptop adalah sebagai Wi-Fi. Metode ini tidak terpikirkan sebelumnya, terutama Anda memiliki gaya IT yang luas. Awalnya digunakan sebagai penerima Wi-Fi, ternyata laptop adpat juga digunakan sebagai pemancar Wi-Fi. Tanpa perlu perangkat lunak tambahan, sinyal Wi-Fi akan memancar dari laptop Anda dengan memanfaatkan perintah CMD. Yang perlu Anda masukkan sebagai perintah adalah netsh wlan mengatur mode hostednetwork = izinkan ssid = namassidanda key = passwordanda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar