--> Skip to main content

Pengertian Worm Komputer, Cara Kerja, Efek Yang Ditimbulkan, Cara Mencegah, Contoh Worm Lengkap

Pengertian Worm Komputer, Cara Kerja, Efek Yang Ditimbulkan, Cara Mencegah, Contoh Worm Lengkap. Sebelumnya kita perlu tahu bersama bahwa worm itu berbeda dengan virus, begitu juga dengan istilah Trojan, kesalahan yang paling umum adalah ketika banyak orang memanggil worm dan Trojan adalah virus. Meskipun istilah untuk worm, Trojans, dan virus adalah frase yang sering digunakan secara bergantian, satu sama lain berbeda, tidak sama, pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian  Worm.

Apa itu Worm?

Worm sangat mirip dengan virus komputer dalam fungsi dan desain. Dapat dianggap sebagai  Worm adalah sub-kelas virus.  Worm juga menyebar dari komputer ke komputer lain, tetapi tidak seperti virus, Worm itu memiliki kemampuan untuk menyebar tanpa tindakan apa pun dari manusia.  Worm memanfaatkan file yang mengatur sistem transportasi pada komputer yang mampu menyebarkan diri tanpa tindakan dari manusia.
Pengertian Worm Komputer, Cara Kerja, Efek Yang Ditimbulkan, Cara Mencegah, Contoh Worm Lengkap

Salah satu kemampuan Worm adalah memiliki kemampuan untuk menggandakan atau mereplikasi dirinya pada sistem komputer, sehingga bisa jadi sistem komputer hanya memiliki satu  Worm, tetapi satu  Worm dapat melipatgandakan dirinya ke ratusan atau ribuan salinan itu sendiri, dapat dikatakan bahwa  Worm mampu menciptakan efek yang menghancurkan. Contoh  Worm yang bagus adalah ia dapat mengirim salinan dirinya ke semua orang yang terdaftar di buku alamat email kami, kemudian worm akan mereplikasi dan mengirim salinan dirinya ke semua orang yang terdaftar di buku alamat penerima, dan melanjutkan.

Karena sifat  Worm yang memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya sendiri dan mampu menyebar tanpa tindakan manusia, sehingga untuk sebagian besar kasus  Worm sistem yang terinfeksi akan mengkonsumsi terlalu banyak memori sistem atau bandwidth jaringan, menyebabkan crash server web, server jaringan juga dapat terganggu, - sistem komputer apa pun dapat berhenti merespons. Perkembangan worm telah menjadi semakin demikian, hingga kini telah muncul worm terbaru yang diberi nama worm Blaster, jenis Worm ini sudah banyak dibicarakan di internet, worm ini dirancang untuk dapat masuk ke dalam celah keamanan sistem kami dan memungkinkan pengguna worm worm dapat mengendalikan komputer kami dari jarak jauh.

Bagaimana Cara Kerja  Worm?

Worm adalah program komputer berbahaya yang mampu memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya dari satu komputer ke komputer lain. Worm akan menggunakan waktu dan sumber daya manajemen bandwidth jaringan pada komputer saat melakukan proses duplikasi sendiri. Karena itu terkadang kinerja komputer akan terasa sangat panas dan berat ketika hanya menjalankan program biasa.  Worm pertama kali muncul pada tahun 2001 dan banyak yang berasal dari Internet, jadi ini seperti proses yang terus berputar tanpa henti. karena pengguna internet sangat banyak, maka pertumbuhan  Worm juga dijamin besar.

Worm yang berhasil lolos akan mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak yang kita pasang atau pada sistem operasi. Sebagai buktinya, kasus Worm yang parah terjadi pada tahun 2003, worm ini bernama worm slammer, worm slammer ini telah mampu menembus sistem yang memanfaatkan celah keamanan pada server Microsoft SQL di situs majalah, kemudian setelah ditemukan  Worm slammer ini. hanya sangat kecil, yaitu dengan 376 byte.

Worm juga mampu bergerak dan menginfeksi komputer mesin melalui jaringan komputer. Diperkirakan dari tahun 2001,  Worm ini telah mampu menggandakan dirinya menjadi 250.000 setiap 9 jam.

seperti yang dilaporkan oleh eEyeDigitalSecurity,  Worm yang paling terkenal adalah The Red Worm, yang mampu menduplikasi dirinya sendiri selama 20 hari pertama setiap bulan, kemudian mengganti halaman server web yang terinfeksi dan diganti dengan halaman yang menampilkan pesan "diretas oleh cina", kemudian  Worm meluncurkan serangan diatur ke dalam gedung putih dan berusaha untuk menguasainya juga.


Cara Pencegahan Worm
Karena kita sudah mengenal apa itu Worm, maka akan lebih tepatnya lagi jika kita mempelajari tips untuk mencegah dan memerangi worm pada komputer kita.

1. Menjaga Sistem Operasi Tetap Up to Date

Menjaga sistem operasi up to date sangat penting untuk mencegah munculnya program jahat yang tidak kita inginkan, terutama jika kita menggunakan OS Microsoft Windows. Kedua, kita juga harus memiliki program aplikasi anti-virus yang diinstal pada sistem komputer dan harus terus diperbarui juga. Sebelum menginstal program anti virus pastikan bahwa program anti virus memiliki kemampuan untuk memindai email dan file yang telah kami unduh dari internet. Kami juga harus terus rajin menjalankan pemindaian disk secara berkala, ini dapat membantu mencegah program jahat untuk masuk lebih jauh dalam sistem komputer kami.

2. Menggunakan Firewall

Program antivirus tidak cukup, kita juga harus menggunakan firewall. Firewall adalah sistem yang mencegah penggunaan yang tidak sah dan akses tidak dikenal di komputer kita. Firewall memiliki bentuk perangkat lunak dan perangkat keras itu sendiri. Firewall dalam bentuk perangkat keras memberikan tingkat keamanan yang lebih baik dari serangan yang berasal dari luar, kelemahan firewall perangkat keras sangat mahal. Firewall dalam bentuk perangkat keras juga tidak dirancang untuk melawan virus, Trojan, dan worm, sehingga untuk melawan ketiga program jahat ini kita harus menggunakan firewall dalam bentuk perangkat lunak, misalnya, firewall default yang tertanam di sistem operasi windows.

Penting untuk diingat bahwa hanya menggunakan firewall, memperbarui rutin sistem operasi, menginstal program anti virus, itu tidak selalu menghilangkan masalah program jahat menyerang sistem komputer kita, tetapi semua tips yang kita lakukan di atas hanya untuk lebih memperkuat tambahan keamanan dan perlindungan untuk komputer dan jaringan komputer yang kita miliki.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar