--> Skip to main content

Penyebab dan Cara Memperbaiki Kursor Yang Bergerak Sendiri

7 Cara Memperbaiki Kursor Yang Bergerak Sendiri. Pada komputer dan laptop hari ini, fungsi mouse atau touchpad tampaknya telah menjadi kewajiban untuk ada. Yup, karena komputer dan laptop yang keluar sekarang semuanya telah mengimplementasikan antarmuka berbasis Graphical User Interface (GUI). Fungsi mouse dari perangkat komputer adalah memindahkan kursor ke layar.

Fungsi touchpad sama dengan fungsi mouse, perbedaannya hanya pada ketersediaan saja. Touchpad sangat umum di laptop. Meskipun laptop yang keluar hari ini telah mengandalkan layar sentuh (touch screen), tetapi perangkat touchpad masih digunakan untuk memindahkan kursor di layar laptop.
Penyebab dan Cara Memperbaiki Kursor / Scroll Mouse Yang Bergerak Sendiri

Kursor? Apa lagi ini? Jadi, kursor adalah penunjuk pada layar yang berfungsi untuk menunjuk ke sesuatu yang terkait dengan fungsi dalam sistem. Misalnya, ketika Anda mengklik Mulai di sudut kiri bawah layar, sistem akan menampilkan Start Menu pada layar komputer atau laptop Anda.

Berbicara tentang kursor, pernahkah Anda mengalami momen saat menggunakan mouse atau touchpad, tiba-tiba kursor di layar bergerak dengan sendirinya? Atau pernahkah Anda mengalami momen ketika kursor di layar komputer atau laptop Anda tiba-tiba bergerak sendiri ketika Anda tidak menggunakan mouse atau touchpad? Jika Anda menjawab yang disebabkan oleh tindakan mahluk gaib yang bodoh, Anda salah! Ada alasan logis untuk menjelaskannya.

Sebelum Anda mengetahui penyebabnya dan cara menanganinya, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi karakteristik mouse atau touchpad yang bermasalah:


  • Pada menit-menit awal komputer atau laptop dinyalakan, mouse atau touchpad berfungsi normal, kemudian tiba-tiba kursor di layar bergerak sendiri seperti meloncat-loncat ke atas dan ke bawah.
  • Kursor bergerak ke samping, ke kanan, ke atas, atau berada pada satu tempat secara terus menerus dan tidak dapat dikendalikan.
  • Saat pergerakan kursor menuju ke arah shortcut, kursor langsung mengaktifkan shortcut tersebut seakan shorcut tersebut di-double klik.
  • Fungsi klik kiri berubah menjadi klik kanan dan begitu pula sebaliknya.
Nah, jika kursor di layar komputer atau laptop Anda bergerak sendiri, seperti yang dijelaskan oleh fitur pertama dan kedua, maka Anda perlu tahu cara mengatasi kursor itu sendiri. Di sini kami menjelaskan penyebab dan solusinya:

1. Mouse atau Touchpad Terlalu Sensitif

Sebagian besar, kursor menyebabkan mouse atau touchpad bergerak sendiri karena kepekaan laptop Anda terlalu tinggi. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terpencetnya kombinasi shorcut mouse + tombol panah pada keyboard. Untuk mengurangi sensitivitas, berikut ini adalah caranya:


  • Masuk ke Control Panel dengan cara klik Start > Control Panel (Windows XP, Vista, 7). Atau pada kolom pencarian pada Start Menu, ketik “control panel” (tanpa tanda kutip) dan pilih Control Panel
  • Di jendela Control Panel, pilih menu Mouse Options.
  • Pada tab “Buttons”, turunkan “Double Click Speed” ke arah “Slow” untuk mengurangi kecepatan dan sensitivitas kursor mouse atau touchpad Anda .
  • Pada tab “Pointer Options”, turunkan pointer speed ke arah “Slow”.
  • Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
2. Gunakan Driver Mouse dan Keyboard Default Produsen

Cara berikutnya, adalah menginstal driver touchpad built-in yang dirilis oleh pabrikan laptop Anda. Dengan menginstal mouse dan keyboard driver default, diharapkan bahwa masalah kursor self-propelled dapat dipecahkan.

Bagaimana melakukannya, Anda terlebih dahulu mengunduh driver di situs web pabrikan laptop Anda. Di sana, Anda dapat melakukan pencarian "Touchpad Driver" atau "Hotkey Driver".

3.  Listrik yang Berlebih

Jika masalah sensitivitas laptop Anda muncul ketika laptop sedang mengisi daya baterai, kemungkinan kursor dapat bergerak sendiri karena arus listrik yang berlebihan mengalir melalui touchpad dan monitor laptop Anda. Mungkin saat digenggam kejutan listrik kecil. Alasannya juga bisa karena charger laptop yang digunakan bukan pengisi resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan laptop Anda.

Solusi untuk memperbaikinya, coba gunakan charger resmi Anda. Atau jika Anda harus meminjam charger laptop kepada orang lain, pastikan tidak ada tanda-tanda ritsleting seperti touchpad yang bergetar, colokan VGA yang panas, dan Anda merasa kaget saat memegang laptop Anda.

4. Instal Ulang Driver Mouse / Touchpad

Mungkin cara ini bisa dicoba jika saat Anda menginstal pembaruan dari mouse atau driver touchpad, tiba-tiba ada masalah. Solusinya adalah untuk menghapus driver dari Device Manager, kemudian restart laptop atau komputer Anda. Biasanya, secara otomatis driver mouse atau touchpad akan diinstal ulang. Triknya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke “Control Panel” >”System” > ”Device Manager”. Atau pada shortcut “Computer”, klik kanan dan pilih “Properties” >”Device Manager”.
  • Cari “mice and other pointing device” > klik simbol segitiga di sampingnya. Lalu, klik kanan pada driver touchpad yang bernama “PS/2 Compatible mouse” dan pilih ”Uninstall”. Setelah itu, restart laptop atau komputer Anda.
  • Pada saat Windows melakukan booting, biasanya sekaligus akan menginstal driver touchpad yang baru dan touchpad kembali normal.
Jika ditemukan driver “HID-compliant-mouse” ini merupakan driver mouse eksternal (mouse tambahan). Untuk ini, biarkan saja. Karena biasanya, mouse ini merupakan mouse yang memiliki fiut plug and play.

5. Sensor Sulit Bekerja
Sensor di mouse adalah bagian inti untuk memindahkan kursor. Namun, sensor seperti itu biasanya memiliki kendala yang menyebabkan kursor bergerak sendiri. Ada beberapa kendala, misalnya: Penggunaan mouse pada medan yang tidak rata, mouse diletakkan pada bidang cermin, dan mouse diletakkan pada bahan busa.

Jika bidang alas mouse tidak rata, maka mouse akan sulit menerima perintah. Alasannya adalah karena sensor pada mouse dibatasi oleh rata-rata bidang yang dimaksudkan. Saat menggunakan kaca sebagai alas mouse, sinar laser yang dipantulkan dipantulkan dari sensor secara acak. Sementara itu, peletakan mouse di bidang material busa berpori besar dapat membuat lebih sulit untuk memindahkan kursor.

Cara mengatasi masalah adalah dengan menggunakan alas mouse yang rata. Misalnya, seperti kayu, keramik, atau kertas. Hindari menggunakan mouse di bidang cermin, misalnya seperti meja.

6. Mouse Memiliki Masalah

Beberapa penyebab kursor bergerak adalah karena mouse memiliki masalah. Masalah yang muncul antara lain: kabel mouse macet, sensor mouse rusak, atau konektor USB mouse rusak. Khusus untuk jenis mouse komputer yang nirkabel, penyebab lainnya dapat disebabkan oleh gangguan dari perangkat mouse nirkabel lain yang bekerja dalam frekuensi yang sama.

Kabel mouse yang dicubit dapat mengganggu gerakan kursor, karena itu adalah kabel yang mentransfer perintah dari mouse ke laptop atau komputer untuk menerjemahkan ke gerakan kursor. Sementara itu, sensor yang rusak juga bisa mempengaruhi pergerakan kursor. Konektor mouse USB yang rusak juga dapat mempengaruhi penerimaan perintah dari mouse ke kursor.

Cara menyelesaikan kursor yang bergerak sendiri karena masalahnya adalah sebagai berikut:

  • jika kabel mouse terjepit atau bengkok, maka Anda cukup meluruskannya jika masih bisa.
  • Jika sensor dan konektor mouse rusak, satu-satunya cara memperbaiki mouse dengan masalah ini adalah dengan mengganti mouse yang baru. Jadi, ucapkan selamat tinggal kepada mantan mouse Anda.
7. Touchpad yang Masih Aktif

Loh, mengapa touchpad aktif bahkan disalahpahami? Secara singkat, masalah ini biasanya muncul jika Anda menggunakan mouse eksternal pada laptop Anda. Akan jadi masalah jika Anda lupa mematikan touchpad di laptop. Dengan demikian, ada kemungkinan kursor di layar akan bergerak sendiri karena tangan atau jari Anda menyentuh touchpad secara tidak sengaja.

Nah, cara memperbaikinya adalah dengan mematikan fungsi touchpad di laptop Anda. Tenang, Anda dapat dengan mudah mengembalikan fungsi touchpad. Caranya dengan menekan tombol kombinasi untuk menonaktifkan touchpad di laptop Anda. Setiap merek laptop memiliki pengaturan sendiri, termasuk:

  • Mac, tekan tombol Fn + F2
  • Acer, tekan tombol Fn + F7
  • Toshiba, tekan tombol Fn + F9
  • Asus, tekan tombol Fn + F3 atau F7
  • Dell, tekan tombol Fn + F7
  • Lenovo, tekan tombol Fn + F6
Untuk mengembalikan fungsi touchpad, Anda cukup menekan kombinasi tombol lagi yang telah disebutkan di atas.

Beberapa artikel kami adalah tentang cara mengatasi kursor itu sendiri. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda. Jika kursor di layar komputer atau laptop Anda tidak bergerak, Anda mungkin perlu mendengarkan artikel kami tentang kursor laptop tetap (penyebabnya dan cara memperbaikinya).
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar