--> Skip to main content

5 Cara Mengubah Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro Dengan Mudah

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang paling umum digunakan. Fungsi mouse dari perangkat komputer adalah sebagai penunjuk ke perintah yang ada di dalam komputer Graphical User Interface (GUI). Jenis-jenis mouse komputer sangat beragam. Mulai dari mouse biasa (yang memiliki kabel), mouse nirkabel, hingga macro mouse. Apa yang dilakukan dengan mouse makro?

Untuk gamer, macro mouse pasti tidak asing. Mouse memiliki banyak tombol yang dapat menggantikan fungsi beberapa tombol keyboard. Dengan begitu, Anda dapat melakukan banyak hal hanya dengan satu tangan melalui mouse Anda. Tidak hanya untuk gamer, macro mouse juga sering digunakan oleh pekerja kantoran, hingga internet marketer.

Keterbatasan dalam peralatan komputer untuk melakukan pekerjaan, misalnya dengan menggunakan mouse biasa, mungkin hanya membuat orang yang menggunakannya menjadi nyaman dan bahagia. Hanya saja beberapa orang mulai mencari cara untuk mengubah pengaturan mouse biasa menjadi makro  mouse . Tujuannya adalah agar pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan mouse di tangan saja. Khusus untuk gamer, di mana kontrol hanya menggunakan satu tangan diperlukan.
5 Cara Mengubah Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro Dengan Mudah

Beberapa orang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membeli makro mouse game untuk bermain game, terutama game FPS. Anda mungkin hanya memiliki mouse biasa tetapi memiliki keinginan untuk bermain dengan fitur dari senapan makro.

Lalu apakah mouse biasa berfungsi seperti makro mouse juga? Jawabannya bisa. Anda dapat membuat mouse biasa Anda memiliki fungsi seperti mouse. Caranya dengan menggunakan salah satu jenis utilitas perangkat lunak untuk mouse, yaitu beberapa perangkat lunak makro mouse yang akan kami ulas di bawah ini.

Selain memberikan informasi tentang perangkat lunak makro mouse, kami juga akan memberi tahu Anda cara mengubah mouse normal menjadi makro. Inilah caranya:

1. Download dan Instal Software Mouse Macro
Untuk membuat mouse biasa berfungsi seperti makro mouse, Anda perlu menginstal salah satu perangkat lunak yang kami kirimkan di bawah ini.


  • Macro Dollar

Perangkat lunak ini telah dibuat sejak 15 tahun yang lalu. Macro Dollar awalnya dibuat untuk tujuan paid to surf, yaitu program untuk mengklik iklan bar yang dipasang di komputer. Karena software ini dapat merekam aktivitas mouse dan keyboard, maka dapat diblang Macro Dollar adalah salah satu perangkat lunak makro mouse yang dapat dipertimbangkan. Fitur unik dari perangkat lunak ini adalah "Shake", di mana kursor mouse Anda akan bergetar ketika rekaman sedang dijalankan oleh Macro Dollar ini.


  • WinMacro

WinMacro juga merupakan perangkat lunak yang telah dirilis cukup lama. Bahkan, perangkat lunak ini bekerja dengan baik ketika dicoba dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows 7 yang diinstal. Untuk menggunakan WinMacro, Anda cukup melakukan tiga hal: pilih lokasi penyimpanan file, klik tombol rekam, dan tekan tombol pintas yang telah ditetapkan. Setiap kali Anda ingin memutar rekaman, Anda dapat mencari file yang disimpan dan mengklik tombol Playback.


  • GhostMouse

GhostMouse adalah perangkat lunak mouse makro yang cocok untuk digunakan dalam waktu singkat. Software sederhana ini hanya menyediakan dua tombol, yaitu Play dan Rekam saja. Jadi, jika Anda ingin mengotomatiskan tugas berulang kali, lebih baik Anda tidak menggunakan GhostMouse. Alasannya adalah karena perangkat lunak ini tidak memberikan pengulangan. Salah satu fitur unik GhostMouse adalah kemampuan untuk melakukan daftar tindakan, seperti mematikan komputer saat pemutaran penuh sedang dilakukan.


  • Do It Again

Perangkat lunak Do It Again memiliki daftar makro yang direkam yang dapat ditampilkan melalui perangkat lunak ini. Ini tentu memungkinkan pengguna untuk menjalankan tugas yang berbeda tanpa harus memuat skrip ke dalam perangkat lunak secara manual. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini adalah rekaman yang disimpan dalam file berekstensi. DIA (bukan dia idola hati Anda wkwkwk) di mana, file ini disimpan dalam format teks, sehingga Anda dapat mengubah tugas yang akan berjalan dengan mudah.


  • Mini Mouse Macro

Perangkat lunak makro mouse ini adalah perangkat lunak yang dibuat oleh SourceForge. Fungsi perangkat lunak ini adalah merekam aksi mouse dan keyboard dan mengulangi pemutaran rekaman. Namun, Mini Mouse Macro juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengedit tindakan. Jadi Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengedit tindakan yang dilakukan oleh mouse dan keyboard Anda.


  • Macro Toolworks

Macro Toolworks hadir dalam tiga varian, yaitu gratis (gratis), standar, dan profesional. Perangkat lunak ini memiliki keuntungan untuk mendukung lebih dari seratus perintah makro. Mulai dari variabel, mencari gambar di layar, mengirim email, FTP, dan memanipulasi Windows. Namun, jika Anda menggunakan versi gratis dari perangkat lunak ini, Anda hanya dapat mengirim perintah atau merekam tindakan hanya dari mouse.


  • Mouse Recorder Pro

Dalam perangkat lunak ini, ada 5 tombol yang berfungsi untuk merekam, memutar, menyimpan, dan memutar ulang rekaman. Jadi, Mouse Recorder Pro adalah aplikasi yang cukup bagus untuk merekam semua aksi mouse Anda. Selain itu, antarmuka Pro Perekam Mouse cukup sederhana dan mudah digunakan oleh orang awam.


  • Perfect Automation

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan editor skrip, peluncur, penjadwal, dan perekam aktivitas mouse dan keyboard. Perangkat lunak makro mouse ini memiliki keuntungan merekam gerakan mouse dalam koordinat relatif, tidak dalam koordinat absolut. Artinya, software maish ini dapat bekerja di jendela aktif, bahkan ketika dipindahkan ke bagian layar yang berbeda.


  • Tiny Task

Perangkat lunak makro mouse ini memiliki ukuran file yang sangat kecil, hanya 33 Kb saja. Tidak heran, karena TinyTask adalah perangkat lunak sederhana yang menyediakan dua fungsi, yaitu merekam dan bermain saja. Ketika dieksekusi, TinyTask menyediakan antarmuka dengan resolusi 137 x 48 piksel. Ada enam tombol di TinyTask, yang berfungsi untuk membuka dan menyimpan rekaman, merekam dan bermain, mengkompilasi makro untuk mengeksekusi file, serta opsi untuk mengubah kecepatan putar, memutar ulang dan mengubah tombol cepat.


  • Pulover’s Macro Creator

Pulover's Macro Creator menyediakan fitur untuk mengkompilasi file yang dapat dieksekusi, pemutaran, mengedit makro, opsi untuk memulai / menghentikan / memutar, menyesuaikan hotkey, penjadwal, mengatur kecepatan pemutaran, dan penggunaan memori.


  • X Button Mouse Control

Perangkat lunak makro mouse ini praktis adalah perangkat lunak makro tikus populer di kalangan gamer. Pasalnya, karena gamer dapat menyesuaikan tombol mouse dengan fungsi kontrol dalam permainan kesukaannnya. Cara untuk mengaturnya akan disajikan di bagian selanjutnya dari artikel ini.

2. Tambahkan file .exe dari Software
Untuk menjelaskan cara mengubah mouse biasa menjadi makro, kami memberikan contoh untuk menyetel mouse normal ke makro menggunakan perangkat lunak Kontrol Tombol X Mouse. Setelah diunduh dan dipasang, buka perangkat lunak. Kemudian pilih "Tambah" di kiri bawah. Kemudian klik tombol [...] dan cari alamat file permainan favorit Anda. Misalnya PointBlank.exe atau SpecialForce2.exe. Intinya adalah file harus memiliki ekstensi .exe. Alamat file tergantung pada folder instalasi dari permainan yang Anda instal. Untuk game Point Blank, Anda dapat mencarinya di: C: \ Program Files (x86) \ GarenaPBID \ gamedata \ Apps \ PBID \ PointBlank.exe.

3. Lakukan Simulasi

Buka tab di layer 2. Di daftar kiri bawah, pilih "Simulated Keys (underfined)". Tujuannya, untuk terus kembali ke proses selanjutnya lebih efektif. Kemudian, masukkan kode "{WAITMS60} {MWDN} {WAITMS60} {MWUP}" di kolom pertama. Kemudian di kolom di bawahnya, ubah ke "4 Di utas lain saat tombol mouse ditekan".

4. Lakukan proses hotkey

Klik pada tombol "Pengaturan" di bagian kiri bawah. Selanjutnya, Anda memilih tab "hokeys", kemudian periksa "Enable Global ...." Dan juga klik "Switch at layer 1". Atur tombol yang akan digunakan sebagai fungsi makro mouse dengan menekan Ctril + Alt +1. Kemudian klik "Aktifkan layer 2" atur fungsi tombol mouse makro dengan menekan Ctrl + Alt + 2. Untuk menyimpan pengaturan, klik Terapkan.

5. Percobaan

Untuk proses pengaturan mouse biasa menjadi makro mouse, biasanya berbeda tergantung pada mouse yang Anda gunakan. Misalnya untuk pengaturan macro mouse XMBC, Anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah. Anda bisa langsung menekan Ctrl + Alt +1.

Namun, ketika Anda membutuhkan makro QQ di awal permainan, Anda dapat menekan Ctrl + Alt +2 karena Anda telah melakukan pengaturan. Jangan lupa untuk menekan Ctrl + Alt + 1 lagi setelah Anda selesai memainkan game.

Jadi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang cukup hanya untuk membeli mouse makro, apalagi untuk membeli berbagai macro mouse. Karena dengan mouse biasa, Anda sudah bisa mendapatkan fungsi makro mouse. Yah, tetapi Anda bisa melakukannya sambil mengumpulkan uang untuk membeli macro impian Anda.

Begitu banyak artikel kami tentang cara mengubah mouse normal menjadi makro. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika mouse Anda bermasalah, Anda juga dapat memeriksa cara memperbaiki mouse yang kami diskusikan di situs ini.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar