--> Skip to main content

Pengertian,Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Perangkat lunak Software pengolah audio tentu tidak asing bagi audiens orang, terutama bagi mereka yang sering bersentuhan dengan dunia audio-visual, apakah itu video, musik, atau bioskop. Salah satu perangkat lunak pengolah audio profesional yang dikenal oleh kebanyakan orang adalah Adobe Audition. Adobe Audition adalah salah satu perangkat lunak yang dapat dikategorikan sebagai jenis perangkat lunak multimedia.

Adobe Audition dikenal sebagai Cool Edit Pro, yang pada waktu itu dikembangkan oleh Syntrillium. Syntrillium Software dibentuk pada 1990-an oleh Robert Ellison dan David Johnston, keduanya adalah mantan karyawan yang pernah bekerja di pengembang perangkat lunak terkemuka Microsoft. Awalnya perangkat lunak ini dikembangkan oleh Syntrillium dengan nama Edit Keren, yang didistribusikan sebagai crippleware (salah satu bentuk perangkat lunak shareware terbatas) untuk komputer jenis Windows.
Pengertian,Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Versi berbayar memiliki fitur yang lebih berguna dan fleksibel untuk jenis perangkat lunak ini pada masanya. Seiring dengan perkembangan perangkat lunak ini, Cool Edit akhirnya dirilis dengan nama Cool Edit Pro. Dalam versi ini Syntrillium menambahkan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai trek dan penambahan fitur lainnya.

Pemrosesan audio di awal rilis memberikan beban berat bagi komputer saat itu. Mengingat waktu pada awal rilis, kebanyakan komputer pada masa itu belum memiliki kinerja prosesor dan kapasitas memori seperti saat ini. Namun, masalah ini akan diperbaiki seiring berjalannya waktu. Dengan munculnya versi yang lebih baru, perangkat lunak menambahkan fitur yang nantinya dapat mengurangi beban pemrosesan audio.

Penggunaan perangkat lunak ini juga dapat membantu Anda dalam mengedit rekaman audio termasuk hasil perekaman perangkat lunak untuk karaoke di laptop. Kemudian pada tahun 2003 perangkat lunak Cool Ed-Pro dari Syntrillium dibeli oleh Adobe seharga 16,5 juta USD. Pada saat itu juga perangkat lunak ini berubah dari nama Cool Edit Pro menjadi Adobe Audition.

Banyak pembaruan yang dilakukan oleh Adobe Audition, dan dalam beberapa tahun terakhir. Bagi siapa saja yang mengikuti perkembangan dunia perangkat lunak audio dan video, serta di dunia grafis, tentu sadar akan kebijakan baru dari Adobe.

Kebijakan ini membuat semua aplikasi terbaru dari Adobe hanya dapat dibeli melalui langganan dari program yang disebut Creative Cloud. Saat ini program apa pun yang dilisensikan oleh Adobe termasuk Adobe Audition hanya dapat diperoleh melalui penawaran Adobe Creative Cloud formal. Dengan kata lain Anda tidak membeli perangkat lunak tetapi Anda hanya menyewa yang dapat dibayar dalam waktu bulanan atau tahunan.

Adobe Creative Cloud memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi di sini kita tidak akan membahas lebih jauh tentang hal itu. Sebagai salah satu perangkat lunak yang mengolah audio dari keberadaan Adobe Audition juga tidak dapat dilepaskan dari perangkat lunak keluarga Adobe lainnya. Keberadaan Adobe Audition telah mendukung adanya kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere.

Setelah pengenalan Adobe Audition, di sini saya ingin berbagi tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat lunak ini. Jadi hanya berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Adobe Audition.

KELEBIHAN

1.Interface (Tampilan Layar Pengguna)
Pada awalnya, antarmuka Adobe Audition tidak seperti sekarang ini. Dengan tampilan yang terkesan kaku, dan cukup rumit untuk membuat kebanyakan orang pada waktu itu belum memilih untuk menggunakan perangkat lunak ini.

Namun, dengan dirilisnya versi terbaru layar tampilan ramah pengguna Adobe Audition Adobe Audition menjadi ramah-pengguna dan dalam Adobe Audition Creative Cloud, tampilan layar perangkat lunak ini hadir dengan lebih intuitif dan lebih mudah untuk menyesuaikan.

Salah satu hal yang membuat tampilan antarmuka menarik dari Adobe Audition adalah kemampuannya mengubah tata letak layar tampilan sesuai dengan versi sebelumnya atau versi terbaru.

2.Performa
Adobe Audition adalah salah satu perangkat lunak pengeditan audio profesional yang memungkinkan Anda merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Perlu diingat bahwa tidak banyak perangkat lunak audio profesional yang dapat melakukan ini.

Dalam versi Adobe Creative Cloud, perangkat lunak ini telah meningkatkan kinerja di mana terjadi peningkatan pemrosesan audio, tampilan yang lebih responsif, dan alur kerja yang ditingkatkan. Dengan performa yang bagus tentu ini adalah kabar baik untuk fungsi soundcard.

Perangkat lunak ini juga memiliki mixer digital lengkap yang dapat membantu Anda mengelola level, dan parameter lain dari berbagai track audio secara bersamaan. Karakteristik ini adalah karakteristik DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Adobe Audition sangat berguna dalam pemrosesan audio.

3. Kemampuan Restorasi Audio.
Salah satu kemampuan paling menarik dari program Adobe Audio adalah perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memperbaiki trek audio yang memiliki suara yang kurang jelas. Seperti suara pada musik rekaman. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda dapat menghapus suara musik yang kurang jelas yang Anda inginkan.

4. Sound Effects yang beragam dan Keberadaan Batch Processing.
Perangkat lunak pengeditan ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai efek suara. Efek suara yang dimaksud adalah efek melambatnya suara, pembalikan suara, distorsi, dan banyak lagi. Semua efek suara ini dapat diterapkan ke audio Anda termasuk beberapa pengaturan yang memudahkan Anda untuk mendapatkan suara yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk menggabungkan berbagai efek suara ini bersama-sama. Ini adalah karakteristik kinerja yang sering ditemukan dalam perangkat lunak yang memiliki DAW.

Jika Anda memiliki banyak file audio yang ingin Anda proses, Anda juga dapat melakukan pemrosesan batch yang tentu saja merupakan nilai plus untuk performa Adobe Audition.

5. Rekam Jejak yang baik
Perangkat lunak ini memiliki rekam jejak yang baik dalam hal kemampuan pemrosesan audio. Dengan pembaruan yang sering tentu saja, kita dapat menemukan fitur yang lebih menarik di masa depan.

Keunggulan inilah yang menjadikan Adobe Audition salah satu perangkat lunak pengolah audio yang banyak digunakan oleh banyak orang. Penggunaan Adobe Audition juga tidak dapat dipisahkan dari perangkat lunak penyuntingan video termasuk perangkat lunak gratis untuk mengedit video.

Kekurangan

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Audition, software ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dipungkiri. Berikut merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Adobe Audition.


  1. Tidak tersedianya fasilitas preview file audio saat melaksanakan perintah Open File.
  2. Tidak tersedianya fasilitas rewire untuk software pengolah audio ataupun perangkat tambahan (plugin) yang dapat membantu untuk membuat koneksi dengan program lainnya yang ada.
  3. Adobe merupakan perusahan pertama yang melakukan pengimplementasian sistem kerja langganan berbasiskan cloud bagi para penggunanya. Sayangnya pengimplementasian ini belum sepenuhnya memberikan kepuasan bagi para penggunanya.

Itu tadi pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Adobe Audition. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar