--> Skip to main content

Cara Menggunakan Virtualbox Linux, Windows dan Instalasi OS Lain

Bagi Anda yang akrab dengan dunia virtual computing, tentu saja aplikasi Virtual Box adalah salah satu aplikasi pilihan untuk digunakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan VirtualBox. Dengan menggunakan Virtual Box, kita dapat menjalankan sistem operasi secara virtual di atas sistem operasi lain. Misalnya, Anda dapat menjalankan GNU / Linux di atas sistem operasi Windows, dan sebaliknya. Dengan begitu kita dapat melakukan berbagai aktivitas penting seperti mencoba bagaimana aplikasi berjalan yang kita buat pada sistem operasi tertentu tanpa harus menginstal sistem operasi terlebih dahulu.

Untuk menjalankan Virtual Box dengan cara yang benar, tentu Anda harus tahu cara mengatur Virtual Box. Dengan mengetahui cara mengatur Virtual Box yang tepat sesuai kebutuhan Anda, maka Anda bia menggunakan Virtual Box dengan baik. Dengan demikian, Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu dan sumber daya menjalankan Virtual Box untuk melakukan pekerjaan yang sia-sia atau membuang banyak daya komputer yang Anda inginkan.
Cara Menggunakan Virtualbox Linux, Windows dan Instalasi OS Lain

Apakah Anda tahu cara mengatur Kotak Virtual? Jika Anda belum mengetahuinya, maka beberapa pengaturan dasar Virtual Box di bawah ini akan membantu Anda. Apakah Anda siap membacanya? Berikut adalah beberapa cara dasar untuk mengatur Kotak Virtual di komputer Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan komputasi virtual yang Anda miliki.

1. Instal Virtual Box

Langkah pertama dalam menyiapkan Virtual Box tentu saja adalah memastikan bahwa aplikasi ini telah diinstal di komputer Anda. Cara menginstal VirtualBox sebenarnya cukup mudah. Untuk menginstal Virtual Box atau VirtualBox, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu dari situs web yang dapat Anda temukan dengan mudah melalui pencarian Google.

Untuk dapat menginstal aplikasi yang satu ini, Anda harus mengunduh versi Virtual Box yang sesuai dengan jenis sistem operasi yang Anda miliki. Misalkan Anda memiliki sistem operasi Linux Mint dengan arsitektur 64-bit, maka Anda perlu mengunduh paket debian tipe instalasi untuk sistem operasi tipe 64-bit. Begitu pula jika Anda menjalankan sistem operasi Windows 7 atau Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Untuk menginstal Virtual Box cukup sederhana, yaitu menjalankan file instalasi yang telah Anda unduh dan mengikuti instruksi yang disediakan dalam program instalasi. Setelah itu Anda dapat menjalankan Virtual Box. Setelah instalasi selesai Anda dapat mulai mengatur atau mengatur Virtual Box yang Anda miliki.

2.  Menyiapkan sistem operasi yang ingin dijalankan dalam Virtual Box

Untuk mengatur atau mengatur Virtual Box untuk pertama kalinya, Anda perlu memutuskan terlebih dahulu jenis sistem operasi apa yang ingin Anda jalankan dengan VirtualBox. Setelah Anda memutuskan untuk memilih sistem operasi apa yang ingin Anda jalankan di VirtualBox, langkah selanjutnya adalah menyiapkan file instalasi mentah dari sistem operasi.

File instalasi yang diperlukan untuk menginstal sistem operasi di atas VirtualBox dapat berbentuk file * .iso atau file instalasi mentah lainnya. VirtualBox akan membantu Anda dalam menentukan atau memilih file instalasi mentah yang akan Anda gunakan untuk menginstal sistem operasi Anda. Bahkan, Anda juga dapat menginstal menggunakan CD atau USB flashdisk yang berisi instalasi mentah dari sistem operasi yang ingin Anda jalankan di VirtualBox.

Jangan lupa untuk mempelajari tentang berbagai jenis sistem operasi yang ingin Anda jalankan, untuk memastikan bahwa persyaratan minimum mereka dapat dipenuhi oleh komputer Anda. Misalnya mempelajari jenis-jenis Debian Linux, kelebihan dan kekurangan Windows XP, dan berbagai jenis sistem operasi lainnya.

3. Buat proyek baru

Setelah Anda memutuskan dan mengatur file instalasi sistem operasi yang ingin Anda jalankan di VirtualBox, langkah selanjutnya adalah membuka VirtualBox melalui ikon shortcut atau melalui menu start yang ada di sistem operasi Anda. Setelah Anda membuka VirtualBox, ia akan menampilkan jendela VirtualBox awal tempat Anda memulai semua aktivitas virtual di masa depan.

Di jendela yang terbuka, jika Anda memulai proyek baru, Anda harus membuat proyek baru dengan memilih ikon Baru. Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi rincian proyek baru yang akan Anda buat.

4. Memilih sistem operasi

Di jendela pembuatan proyek baru yang muncul setelah Anda mengklik ikon Baru, akan ada pilihan sistem operasi yang akan berjalan di VirtualBox. Ada banyak sistem operasi yang dapat Anda pilih dari Windows XP, GNU / Linux, dan berbagai sistem operasi lain yang dapat Anda lihat secara detail.

Jangan lupa untuk menyesuaikan opsi sistem operasi di jendela yang muncul dengan sistem operasi aktual yang ingin Anda pasang ya. Jangan lupa berikan nama proyek atau sistem virtual baru Anda dengan nama tertentu yang memungkinkan Anda mengingat proyek yang berisi dengan sistem operasi apa.

5. Mengatur ukuran RAM

Setelah Anda memilih sistem operasi mana yang akan Anda jalankan pada sistem VirtualBox, maka di menu pembuatan proyek berikutnya akan muncul opsi untuk mengatur RAM dan beberapa pengaturan lainnya. Anda dapat menyesuaikan atau menyesuaikan jumlah RAM yang akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi yang akan Anda instal di VirtualBox. Biasanya untuk GNU / Linux, 1 GB RAM adalah jumlah yang cukup, sedangkan Windows berkisar antara 2 GB.

Semakin besar RAM tentu juga akan membuat sistem operasi yang Anda instal di VirtualBox memiliki banyak sumber daya, tetapi juga akan menghasilkan penggunaan RAM yang besar untuk menjalankan proyek.

6. Mengatur penggunaan hardisk

Setelah pengaturan penggunaan RAM, maka menu selanjutnya akan menampilkan pengaturan sehubungan dengan hard drive yang akan digunakan oleh sistem operasi virtual yang akan Anda instal di VirtualBox. Anda dapat memilih dari file hard disk Virtual Box yang Anda buat sebelumnya, atau jika tidak ada, Anda juga dapat membuatnya sendiri.

File hard disk Virtual Box akan dibuat dan tentu saja mengisi ruang kosong dari hard drive Anda. Oleh karena itu, tentukan dengan bijak ya, berapa banyak hardisk yang akan Anda berikan untuk sistem operasi virtual yang akan Anda jalankan di Virtual Box.

7. Mengatur ukuran penggunaan RAM dan fitur kartu grafis

Di menu pengaturan berikutnya, Anda juga dapat mengatur penggunaan RAM maksimum dan menggunakan fitur kartu grafis apa pun yang tersedia secara default dan dapat digunakan oleh aplikasi VirtualBox. Dengan mengatur ini Anda dapat memastikan bahwa VirtualBox dapat menjalankan sistem operasi sesuai dengan keinginan Anda dan sesuai dengan kebutuhan paling minimal untuk dapat menjalankan sistem operasi.

Itulah beberapa cara pengaturan Virtual Box yang bisa Anda terapkan secara mandiri. Tentu saja, pengaturan yang paling optimal dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan Anda dalam menjalankan sistem operasi di atas Virtual Box. Untuk menemukan pengaturan terbaik, Anda dapat melakukannya dengan menjalankan berbagai eksperimen. Jika Anda ingin menjalankan sistem operasi Android secara viral, Anda dapat mencoba aplikasi emulator Android terbaik sebagai alternatif aplikasi VirtualBox.

Selamat pengaturan Virtual Box!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar