--> Skip to main content

Pengertian, Fungsi dan Cara Disk Defragmenter

Defragment, berasal dari kata "fragment" yang berarti pecahan atau bagian, "defragment" dapat diartikan "mengurangi fragmen". Mengapa fragmentasi atau di Indonesia biasa disebut fragmentasi menjadi berkurang? Sebelumnya kami membahas sekilas fragmentasi pertama. Fragmentasi terjadi ketika sistem file (FAT, FAT32, NTFS, EXT, EXT2, EXT3, EXT4 dan sebagainya) yang digunakan oleh sistem operasi tidak dapat mengalokasikan ruang kosong yang cukup untuk menyimpan file dalam satu fragmen.

Fragment tidak sama dengan partisi (pembagian ukuran hard disk drive), walaupun kita menyimpan file pada partisi yang sama (misal kita simpan di partisi) tetapi file tersebut belum tentu tersimpan dalam fragmentasi yang sama.

Misalnya kita menganggap partisi sebagai kamar atau ruangan, dan di dalam ruangan terdapat banyak lemari atau loker, sebut saja loker masing-masing berukuran 50cm x 50cm dan barang akan disimpan ke dalam loker ukuran 100cm x 100cm, tentu kita akan bagilah item menjadi dua bagian dan simpan dalam dua loker berbeda dengan mempertimbangkan (baik) lokasi loker yang berdekatan.
Pengertian, Fungsi dan Cara Disk Defragmenter

Mengapa fragmentasi? Pertanyaannya akan relevan dengan mengapa di dalam ruangan harus ada loker? Bayangkan dalam satu ruangan kosong Anda menyimpan banyak barang tak terbatas (lemari, kardus, loker, laci, rak dan sebagainya), itu mungkin sangat mudah ketika Anda menyimpan barang, tetapi ketika Anda mencarinya belum tentu semudah itu, adalah item yang Anda cari mungkin item kecil dan terselip di antara banyak item lainnya, dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mencari hanya satu item karena Anda harus "mengobrak-abrik" barang-barang lain yang tidak sesuai dengan yang Anda cari Sebab, akan lebih cepat jika barang-barang yang ada di kamar tersusun rapi di lemari, kardus, loker, laci, rak dan sebagainya, setuju?.

Begitu juga dengan hard disk drive, ketika sebuah file dibutuhkan, proses pencarian atau pembacaan data adalah hard disk drive akan lebih cepat dengan melakukan fragmentasi, misalnya ukuran file 100mb dibagi menjadi ukuran fragmen 10 mb. Ketika melakukan pencarian tentu saja hard disk drive hanya akan mencari atau membaca disk dengan ukuran 10 mb per proses baca, itu akan lebih cepat daripada membaca secara langsung 100 mb per-proses pembacaan.

Ketika sebuah file ditemukan dalam satu fragmen, sistem file akan memastikan file tersebut utuh atau tidak, jika tidak, sistem file akan mencari fragmen file lain dalam fragmen yang berbeda sampai file yang diinginkan ditemukan utuh.

Kenapa Defragment dibutuhkan?

Defragment adalah kebalikan dari fragment, defragment dapat diartikan sebagai proses penghapusan fragmen. Bayangkan di dalam ruangan ada 10 loker yang berbaris, Kami menyimpan satu sepatu yang tersisa di loker nomor 1, sementara loker 2 ke loker 9 diisi dengan barang-barang lain, hanya loker 10 yang kosong, jadi kami menyimpan sepatu yang tepat (sepasang sepatu yang disimpan). di nomor loker 1). Di locker nomor 10, akan sangat merepotkan ketika kita membutuhkan sepatu dan menemukannya di locker pertama, tetapi hanya yang kiri (hanya sisi kiri) dan kemudian kita melihat di locker nomor 2 ke nomor 10 dan menemukan sepatu yang tepat di lapangan, lihat di locker nomor 2 ke loker nomor 9.

Begitu juga dengan hard disk drive, ketika sebuah file disimpan dalam fragmen terpisah dan lokasi antara fragmen itu berjauhan, maka proses membaca akan memakan waktu yang relatif lama. Oleh karena itu diperlukan defragment.

Fungsi defragment paling utama
Kami melihat kembali pada kasus sepatu di atas, sepatu kiri disimpan di loker nomor 1 dan sepatu kanan yang disimpan di loker nomor 10, karena suatu alasan barang tersebut nomor 2 yang dihubungi (dihapus), untuk memudahkan pencarian (sepatu), maka kita bergerak sepatu kanan di loker nomor 10 ke loker nomor 2, jadi ketika kita membutuhkan sepatu itu kita akan mendapatkan sepatu kiri di loker nomor 1 dan sepatu kanan di loker nomor 2 (tepat di sebelahnya / di sebelahnya), itu akan mempercepat pencarian waktu.

Demikian pula, hard disk drive, defragment akan sangat berguna untuk:

1. Mempercepat proses pencarian file
Ini terjadi karena file dipecah dan disimpan menjadi beberapa fragmen, dipindahkan / diatur ulang sehingga fragmen yang digunakan untuk file menjadi berdekatan. (Juga Baca: Virus Komputer Paling Mematikan di Dunia)

2. Efisiensi ruang hard disk drive
Jika kita menganggap kembali fragmen sebagai loker, defragmen akan menyimpan loker kosong di antara loker lain yang diisi dengan memindahkan isi loker lain. Begitu juga hard disk drive di defrag (kependekan defragmentasi atau defragmentasi), file-file di dalamnya akan disusun kembali sehingga ruang kosong antara fragmen yang tidak kosong akan berkurang bahkan dihilangkan sama sekali. (Juga Baca: Penyebab Harddisk Eksternal Yang Tidak Dapat Dibaca)

3. Memeriksa kerusakan sector pada hard disk drive
Pernah mendengar istilah BAD SEEKOR pada hard disk drive? Umumnya hard disk drive yang memiliki bad sector tidak dapat bekerja secara optimal (tergantung tingkat kerusakan), bad sector berarti ada sektor harddisk pada harddisk yang rusak, menganggap bahwa sektor yang rusak sebagai loker rusak. (Baca Juga: Disk Defragmenter, Fungsi Perintah Prompt)

Dengan defragment, setiap sektor (sebelumnya kita sebut sebagai fragment, sector dan fragment sebenarnya sama) hard disk drive akan dicek, sehingga jika ada sektor yang rusak akan segera diperbaiki jika kerusakan masih bisa ditangani oleh perangkat lunak . Tetapi jika perangkat lunak tidak dapat memperbaiki sektor dan sektor yang rusak cukup banyak, pertimbangkan membeli hard disk drive baru

Cara melakukan defragment pada sistem operasi Windows XP:


  • Buka aplikasi Disk defragmenter, akses di Start -> Programs -> Acessories -> System Tools -> Disk defragmenter
  • Pilih partisi yang ingin Anda defrag, misalnya partisi (D:)
  • Klik tombol Analyze, tunggu hingga Windows selesai menganalisa isi hardisk Anda. Jika partisi tersebut memang perlu di-defrag, maka akan muncul kotak dialog untuk melakukan defrag. Tekan tombol defrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 – 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag.
  • Setelah proses analisa selesai, perhatikan warna sector yang tampil di bagian atas. Jika warna merah kelihatan banyak maka Anda perlu melakukan defrag pada partisi tersebut, klik Defragment.
  • Tunggu hingga proses defragment selesai.

Hasil analisis partisi menampilkan warna-warna berikut:


  • Merah : File perlu didefrag (tidak tersusun).
  • Biru : File yang tidak perlu didefrag (telah tersusun).
  • Hijau : File tidak dapat dipindahkan.
  • Putih : Ruang kosong.
Proses defrag harus rutin jika Anda mengubah banyak file atau jika Anda menggunakan komputer dengan "jam penerbangan" yang ketat. Anda dapat menggunakan waktu luang Anda untuk men-defrag setidaknya sebulan sekali atau dua bulan.


Cara melakukan defragment pada sistem operasi Windows 7:

  • Pertama, klik meu Start -> All Programs -> Accessories -> System tools -> Disk Defragmenter.
  • Setelah aplikasi Disk Defragmenter terbuka, Anda dapat melihat partisi hard disk yang akan di “analisa” (diperiksa apakah partisi tersebut perlu defrag atau tidak)
  • Klik “Analize Disk” untuk melakukan analisa partisi.
  • Setelah proses analisa selesai, Anda bisa memilih partisi mana yang ingin di defrag dengan mengklik “Defragment Disk” untuk memulai defrag partisi hard disk Anda.
(Aplikasi default Defragmenter pada Windows 7 mendukung multi-defrag yang artinya Anda dapat men-defrag lebih dari partisi secara bersamaan, sebenarnya kita bisa men-defrag lebih dari satu partisi secara bersamaan di Windows XP tetapi aplikasi defragmenter yang digunakan haruslah aplikasi pihak ketiga sebagai pengganti aplikasi defragmenter windows bawaan XP).

Untuk sistem operasi Windows 8, 8.1, dan Windows 10, tampaknya proses defragment sama dengan proses defragment pada Windows 7. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak lain untuk melakukan defragment, tetapi saya menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak sistem operasi Windows bawaan (untuk kenyamanan).
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar