--> Skip to main content

7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows Pada Laptop dan PC

Salah satu masalah yang sering muncul untuk pengguna windows adalah Blue Screen. Masalah yang satu ini dapat terjadi dan menyerang baik di komputer atau laptop. Layar biru atau sebenarnya disebut Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi di mana Windows hanya akan menampilkan warna biru pada layar monitor. BSOD disebabkan oleh kesalahan yang ada pada perangkat lunak atau perangkat keras yang ada di laptop atau komputer.

Penyebab dari Blue Screen of Death

Penyebab kesalahan pada laptop atau komputer biasanya terjadi pada perangkat lunak atau perangkat keras yang ada di laptop dan komputer. Begitu juga Blue Screen of Death atau BSOD. Penyebab BSOD ini juga dapat disebabkan oleh kerusakan baik pada perangkat keras atau perangkat lunak yang crash terlalu buruk. Kecelakaan ini terjadi karena proses ketika Windows bertemu dengan STOP Error yang kemudian menyebabkan kegagalan Windows yang diproses dan menyebabkan Windows berhenti berfungsi. Ketika ini terjadi, biasanya akan segera dihidupkan ulang pada laptop atau komputer.
7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows Pada Laptop dan PC

Memang, kendala yang muncul tidak hanya di Windows  memang sedikit mengganggu dan mungkin mengganggu pekerjaan yang Anda lakukan. Terutama ketika Anda masih mengetik atau bekerja dengan komputer Anda yang nantinya apa yang Anda lakukan akan hilang karena Anda tidak punya kesempatan untuk menyimpan data Anda. Ketika Blue Screen of Death akan muncul juga dengan tampilan crash yang terjadi pada harddisk juga disebut Minidump. Nah, ketika ini terjadi cara pertama yang harus Anda hindari adalah jangan panik dan lakukan langkah-langkah bagaimana memperbaiki Blue Screen of Death berikut.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows

Cara pertama untuk memberikan bantuan saat komputer mengalami masalah adalah sebagai berikut;

1. Lakukan Restart Computer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah me-restart terlebih dahulu di komputer atau laptop. Restart dilakukan dengan menekan tombol restarst lalu tunggu.

Tunggu sampai komputer atau laptop selesai booting. Setelah booting selesai jika komputer belum mengalami kerusakan parah akan segera kembali normal. Namun, ketika cara ini juga tidak bisa mengatasi Blue Screen of Death, maka selanjutnya Anda bisa melakukan langkah kedua di bawah ini.

2. Menggunakan Metode System Restore

Selain restart, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika komputer atau laptop baru saja mengalami Blue Screen adalah melakukan pemulihan sistem di komputer.


  • 1. Matikan Komputer atau Laptop Terlebih dahulu

Pertama-tama, matikan komputer pertama yang telah mengangkat layar biru sebelumnya dengan menekan tombol power di komputer kemudian pegang komputer dengan sempurna.

  • 2. Nyalakan kembali komputer atau laptop


  • 3. Klik F8

Setelah komputer dinyalakan dalam keadaan boot, klik F8. Selanjutnya Anda akan masuk ke jendela yang menunjukkan opsi boot.

  • 4. Pilih Safe Mode

Pilih mode boot aman kemudian tunggu sampai mode boot aman selesai.

  • 5. Masuk ke Operasi Sistem Safe Mode

Untuk metode ini selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik start windows >> control panel >> system & security >> action center >> recovery >> open system restore >> next >> next >> finish >> yes.

  • 6. Komputer Restart Otomatis

Berikutnya komputer atau laptop akan melakukan restart dan biarkan saja laptop dan komputer melakukan booting tersendiri. 

Jika cara ini berhasil berikutnya anda akan mendapatkan tampilan komputer yang normal dan tidak ada lagi dumping memory ataupun Blue Screen of Death.

3. Menggunakan Cara Repair System Operasi Windows

Jika metode di atas belum berhasil mengembalikan Windows 7 di laptop atau kmputer dalam kondisi semula, maka Anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan menggunakan metode Perbaikan Sistem Operasi Windows. Metode ini digunakan untuk memecahkan masalah Blue Screen of Death yang biasanya terjadi karena ada file windows yang rusak. Metode ini memerlukan DVD sistem operasi Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan perbaikan pada windows.

4. Menggunakan Cara Instal Update Driver

Jika laptop atau komputer masih mengalami Blue Screen of Death juga dapat diperbaiki dengan cara lain yaitu dengan menginstal pembaruan driver. Hampir sama dengan melakukan perbaikan, perbedaan untuk menginstal pembaruan driver ini adalah karena crash karena pembaruan yang tak tertandingi atau pembaruan yang belum selesai. Cara untuk melakukan ini adalah mengunduh driver terbaru dari perangkat Anda. Dengan cara menyelesaikan masalah BSOD dan komputer pulih.

5. Menggunakan Cara Scan Malware

Ada cara lain, jike adalah pembaruan atau perbaikan juga belum memberikan hasil yang bagus dan belum menunjukkan komputer yang ditingkatkan. Triknya adalah dengan Malware Scan. Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan Windows mengalami ketidakstabilan dari sistem. Justru malware ini dapat merusak bagian terdalam dari Windows atau juga bagian paling awal dari Windows. Untuk memperbaikinya, solusinya adalah memindai antivirus di Malware.

6. Menggunakan Cara memeriksa Hardware

Jika masih belum kembali ke mode asli meskipun telah melakukan perbaikan menggunakan perangkat lunak maka hal berikutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah bagian perangkat keras dari komputer. Anda dapat memeriksa bagian perangkat keras dengan memeriksa Hard disk terlebih dahulu. Hard disk yang memiliki kondisi yang rusak atau kurang bagus juga bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen of Death pada laptop atau komputer paga.

Jika hard disk tidak terdeteksi masalah yang berarti, maka selanjutnya Anda juga dapat mengecek RAM yang ada di komputer atau laptop. Cara untuk memeriksa hard disk atau RAM adalah membuka Start Menu dan kemudian ketik Memory Diagnostics Tool.

7. Menggunakan Cara Instal Ulang Windows

Jika laptop atau komputer masih tidak membuat laptop atau komputer dalam kondisi baik adalah menginstal ulang windows. Cara ini adalah cara untuk membangun kembali Windows yang ada di laptop atau komputer Anda sehingga tidak akan lagi mengalami kerusakan seperti Blue Screen of Death. Namun, jika metode ini belum berhasil maka masalahnya terletak pada perangkat keras perangkat komputer Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar