--> Skip to main content

Laptop Lemot ini 9 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot. Laptop lambat adalah salah satu gangguan paling menjengkelkan bagi pengguna. Ini menyebabkan banyak tugas dan juga kerja di laptop yang terhambat karena kelewotan laptop ini.

1. Lakukan Disk Defragmented

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk meningkatkan kinerja laptop yang lambat adalah melakukan proses defragmentasi disk. Singkatnya, proses defragmented disk ini merupakan salah satu cara atau fitur standar pada sistem operasi, salah satunya adalah Windows untuk melakukan proses defragmentasi pada file-file yang ada pada hard disk.
Laptop Lemot ini 9 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop

Defragmentation adalah metode yang digunakan untuk mengurutkan posisi atau lokasi file pada hard disk dalam urutan tertentu, yang akan menyebabkan komputer atau laptop akan lebih mudah dibaca, mencari dan memanggil file yang kita inginkan, sehingga dapat meningkatkan kinerja laptop yang lambat.

2. Lakukan diet pada harddisk

Diet tidak hanya dilakukan pada manusia saja loh. Seperti dalam perangkat keras komputer yang satu ini, hard drive Anda juga kadang-kadang harus melakukan diet. Caranya adalah dengan mengurangi isi hard drive. Biasanya, laptop yang lambat karena kapasitas hard drive terlalu penuh, jika Anda menggunakan Windows 7 ke atas, biasanya ada bar status di hard drive.

Saat merah, maka itu menandakan bahwa hard drive Anda sudah penuh. Hapus semua aplikasi, program dan file kecil, besar, atau tidak terpakai. Dengan kapasitas hard drive yang sudah dilakukan diet, maka ini akan membantu mengurangi ubiquity yang muncul di laptop Anda. (baca juga: cara menjaga laptop tidak lambat)

3. Selalu lakukan scanning untuk membasmi virus

Salah satu hal yang sering menyebabkan laptop menjadi lambat adalah virus. Banyak sekali virus yang dapat menyebabkan laptop Anda menjadi sangat lambat. Nah untuk meningkatkan kinerja laptop yang lambat ini, Anda bisa melakukan proses scanning antivirus, sehingga virus yang menyebabkan laptop Anda menjadi lambat dapat diberantas, sehingga laptop Anda kemudian tidak menjadi lambat lagi.

Karena bahaya virus komputer yang cukup memberikan dampak buruk pada komputer inilah yang membuat komputer akan lebih lambat dan mungkin virus tak sadar ini semakin berkembang dalam data. Jadi proses pemindaian data di komputer akan sangat membantu membersihkan virus di komputer.

4. Close aplikasi yang tidak berguna di dalam sistem tray

Baki sistem adalah bagian dari aplikasi dalam sistem operasi komputer, khususnya Windows yang berjalan terus menerus atau istilah berjalan di latar belakang. Untuk mendeteksi aplikasi apa pun yang berjalan di latar belakang, Anda dapat memeriksa baki sistem Anda, ikon tanda panah yang berada di kanan bawah dari menu mulai. Dari sana akan terlihat ada program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi ini merupakan salah satu penyebab penyebab komputer menjadi lambat, karena digunakan atau tidak, aplikasi ini masih mengkonsumsi RAM komputer.

Namun demikian, anda tentu saja tidak bisa menutup semua aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut juga beberapa memiliki kegunaan, seperti :


  • Antivirus 
  • Windows firewall dan windows update 
  • Download manager
  • Dan sebagainya


Pada intinya adalah, sesuaikan program dengan kebutuhan anda. apabila anda tidak membutuhkan program yang berjalan pada background tersebut, maka segeralah menutup aplikasi tersebut, karena aplikasi yang berjalan pada backgourn akan sangat menguras RAM dan berpotensi untuk menyebabkan laptop anda menjadi lemot.

5. Kurangi aplikasi yang berjalan pada startup

Aplikasi Startup adalah aplikasi yang secara otomatis akan berjalan ketika Anda mulai menyalakan komputer atau laptop Anda. Biasanya, secara default, aplikasi yang berjalan saat startup adalah aplikasi pada sistem operasi, driver laptop, dan windows explorer. Namun, terkadang secara tidak sadar, laptop kita menjalankan aplikasi yang tidak kita perlukan saat startup. Ini kemudian membuat laptop menjadi lambat, karena selain aplikasi yang terlalu banyak pada startup untuk membuat proses boot menjadi lebih lambat, aplikasi startup ini biasanya aplikasi berjalan di latar belakang, sehingga dibutuhkan RAM atau memori yang besar dan mengganggu. kinerja laptop Anda.

6. Ganti harddisk biasa dengan SSD

Jika Anda ingin melakukan cara yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja laptop yang lambat, maka Anda dapat mencoba meng-upgrade. Salah satu peningkatan yang dapat Anda lakukan adalah mengganti harddisk default laptop Anda dengan SSD atau Solid State Drive. SSD adalah salah satu bentuk drive komputer yang menggunakan teknologi microchip, jadi tidak seperti hard disk yang menggunakan disk yang berputar, SSD akan berfungsi seperti USB Flash Drive.

SSD memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis lebih cepat, hingga lebih dari 10 kali kecepatan hard drive. Bagi Anda yang ingin laptop Anda menjadi tidak lambat lagi, dan memiliki lebih banyak dana, maka Anda dapat mencoba mengupgrade harddisk Anda dengan SSD. (baca juga: kelebihan dan kekurangan hard disk SSD)

7. Lakukan upgrade penambahan RAM

Selain meng-upgrade hard drive menggunakan SSD, Anda juga dapat menggunakan cara ekonomis lainnya, yaitu mengganti atau memutakhirkan RAM pada komputer di sana. Laptop standar pabrik menggunakan kapasitas RAM mulai dari 1 hingga 4 GB untuk laptop low to mid end. Kapasitas RAM memiliki potensi untuk menyebabkan kelewotan pada laptop Anda, terutama jika Anda melakukan banyak kegiatan multitasking. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba meng-upgrade RAM laptop Anda untuk menghindari terjadinya kelemotan pada laptop Anda.

Beberapa pengguna, lebih memilih untuk membeli laptop baru dan memilih kapasitas RAM terbesar saat ini dan dilengkapi dengan spesifikasi perangkat keras lain yang lebih mendukung untuk kinerja laptop dan komputer yang lebih baik.

8. Hindari pemakaian berlebihan hingga laptop menjadi panas

Terlalu sering digunakan juga dapat menyebabkan laptop Anda menjadi panas dengan cepat dan juga menjadi sangat lambat. Jika Anda pengguna yang sulit, menggunakan laptop untuk melakukan tugas berat, maka Anda harus berhati-hati, karena dapat berpotensi menyebabkan laptop menjadi lambat. Untuk meningkatkan kinerjanya, Anda dapat menggunakan pendingin tambahan, dan membatasi waktu penggunaan laptop Anda. (baca juga: Panas CPU menyebabkan)

9. Melakukan pembersihan dan pengaplikasian thermal paste pada processor

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah laptop tidak lambat lagi adalah melakukan pembersihan di bagian dalam laptop Anda. Salah satu hal yang menyebabkan laptop menjadi lambat adalah karena proses pendinginan di dalam laptop tidak berjalan dengan sempurna, karena komponen laptop yang kotor dan perangkat keras.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa membongkar laptop dan membersihkan bagian dalam. Kemudian Anda juga dapat menambahkan pasta termal, pasta yang berfungsi untuk menjaga suhu prosesor agar tetap stabil. Suhu prosesor yang stabil akan membantu meningkatkan kinerja laptop yang lambat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar