--> Skip to main content

Jenis Virus Komputer - Bahaya, Cara Kerja Virus dan Cara Mengatasinya

Virus komputer adalah salah satu bentuk Malware atau perangkat lunak berbahaya yang sangat mengganggu kinerja komputer. Ada begitu banyak pengguna yang menjadi frustrasi karena menjadi korban serangan virus komputer ini. Virus komputer biasaya masuk ke komputer dari berbagai lubang, mulai dari internet, penggunaan flash drive, dan lain sebagainya. Biasanya, virus komputer dalam bentuk exe, dan merupakan jenis file yang dapat dijalankan. Namun, ketika dijalankan, tidak akan ada yang muncul, bahkan komputer Anda akan terkena virus.

Banyak pengguna mencoba untuk mencegah komputer yang terinfeksi virus yang dapat mengganggu mereka saat melakukan apa pun di komputer mereka terutama yang dapat merusak data pengguna di komputer dan laptop. Biasanya ketika komputer sering hang atau bahkan karakteristik motherboard rusak yang mengakibatkan perangkat lunak berjalan di komputer yang semakin lama itu bisa menjadi penyebab komputer terkena virus.
Jenis Virus Komputer - Bahaya, Cara Kerja Virus dan Cara Mengatasinya


Jenis Virus Komputer
Berikut beberapa jenis virus komputer yang cukup populer, yaitu:

1. Trojan
Pada dasarnya, Trojan adalah bentuk malware atau perangkat lunak berbahaya, yang merupakan perangkat lunak berbahaya yang dimasukkan ke dalam komputer untuk tujuan tertentu. Namun dalam perkembangannya, Trojan hingga kini juga sering dikaitkan dengan virus komputer, karena sering bersanding juga dengan virus komputer. Trojan adalah jenis malware yang masuk ke sistem komputer kami sebagai pintu masuk untuk malware lain ke dalam komputer. Singkatnya, ketika kita sudah mengeksekusi virus, dan ternyata virus itu mengandung Trojan, maka itu akan menyebabkan malware masuk dan menginfeksi komputer kita.

Mengapa Trojan berbahaya?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan virus ini yang mengandung Trojan sangat berbahaya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan mengapa Trojan menjadi sangat berbahaya:

  • Trojan merupakan pintu masuk bagi malware lainnya dan juga virus lainnya dalam menyerang komputer
  • Apabila Trojan tidak dimusnahkan dengan segera, maka komputer akan mengalami gangguan virus yang sangat banyak dan bisa saja berada pada level berat dan parah.

2. Worm
Sama seperti Trojans, worm sebenarnya juga termasuk dalam malware, tetapi sering masuk ke komputer karena kita mengeksekusi file yang bervirus. Worm adalah malware yang masuk ke komputer melalui virus dan menyebabkan komputer Anda menjadi lambat. Cacing dapat menyusup file apa pun yang Anda miliki, dan Anda harus melakukan pemindaian penuh pada komputer Anda untuk mendeteksinya. (baca juga: cara menjaga laptop tidak lambat)

Mengapa Worm berbahaya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan cacing yang masuk ke komputer melalui virus komputer itu berbahaya. Berikut beberapa hal yang menjadikan cacing salah satu malware paling berbahaya:

  • Worm dapat dengan mudah berpindah – pindah direktori pada komputer anda
  • Worm dapat menyebabkan perangkat dan sistem komputer menjadi lambat
  • Worm dapat menyebabkan kerusakan pada hardware, karena dapat menyebabkan komputer menjadi panas


3. Web Scripting virus

Virus scripting web adalah jenis virus berikutnya yang cukup populer. Seperti namanya, Web Scripting Virus adalah virus yang ditempatkan di situs web. Ketika kami mengunjungi situs, maka semua yang kami ketik akan dicatat dan disimpan oleh virus, untuk tujuan tertentu. ketika ini terjadi, maka segala macam bentuk, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, identitas, dan sebagainya telah disalin oleh skrip di dalam situs.

Mengapa Web Scripting Virus Berbahaya?

Tentu saja, keberadaan Web Scripting Virus sangat berbahaya, karena dapat sangat merugikan pengguna yang sedang berselancar ria di browser. Berikut ini adalah beberapa bahaya Virus Wb Scripting:

  • Pencurian nama pengguna dan kata sandi game online, media sosial, pengguna di portal dan media
  • Pencurian nomor kartu kredit
  • Pencurian data pribadi, seperti nomor telepon dan alamat rumah.


4.Multipartit Virus
Seperti namanya, multipartite viruse adalah jenis virus yang menyebar dengan cepat (multi) dengan angka yang dapat berkembang biak dan berlipat ganda dengan cepat. Virus tipe multipartit biasanya merupakan jenis virus yang menyerang sistem operasi, boot sector, bios dan juga DOS. Untuk menghancurkan jenis virus ini, kita harus menghapus seluruh bagian virus ini dari direktori secara keseluruhan. (baca juga: bahaya laptop sering dipasang ulang)

Mengapa Virus Multipartit Berbahaya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa virus multipartit berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan virus Multipartit ini menjadi berbahaya:

  • Virus ini menyerang bagian vital dari komputer, yang menyerang sistem, OS, Booting, dan BIOS dan DOS
  • Virus ini bisa bergerak sangat cepat dan sulit dikendalikan
  • Virus ini sangat mengganggu kinerja seluruh sistem komputer


5. Virus FAT
FAT Virus adalah jenis Virus yang menyerang FAT atau Tabel Alokasi File yang terdapat pada drive komputer. Virus FAT masuk dan bersembunyi di dalam FAT, dan berpotensi merusak informasi penting dalam komputer, dan mencegah akses masuk ke informasi penting tersebut.

Mengapa Virus FAT Berbahaya?

Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan virus FAT menjadi salah satu virus paling berbahaya:

  • Virus FAT menyerang FAT, dan menyimpan banyak informasi penting. Ini menyebabkan akses ke informasi penting dalam tes menjadi sulit dan sering ditolak
  • FAT Virus dapat menyebabkan kerusakan pada informasi di dalam drive komputer


6. Virus Companion
Companion virus merupakan jenis virus yang cukup mengganggu di era MS-DOS. Companion virus ini tidak berubah dan merusak sistem dan juga file apa saja. Apa yang dilakukan oleh Companion Virus adalah menyalin file exe, dan menggantinya dengan ekstensi .com pada waktu proses, sistem akan mengeksekusi file, menghasilkan kesalahan dalam operasi. Selain itu, virus Companion juga agak sulit dideteksi, karena bisa muncul di mana-mana, dan bisa juga menyalin file apa saja, dan meletakkannya secara acak ke virus.

7. Virus Direktori
Merupakan salah satu virus yang sangat menjengkelkan, karena virus ini mengubah direktori komputer dan sistem operasi kita. komputer adalah bentuk mesin yang sudah memiliki program sendiri, ketika ia harus mengeksekusi file A di direktori Z, maka itulah yang akan dilakukan. Ketika virus dorectory ini muncul, direktori asli akan diubah, jadi ketika komputer menjalankan perintah yang sama, hasilnya bukan sebuah program, tetapi virus. Di sinilah letak bahaya direktori virus, karena berfungsi untuk mengubah direktori dari isi komputer Anda.

8. Shortcut Virus
Virus Shortcut tampaknya menjadi salah satu jenis virus yang paling populer, karena hampir semua orang berpengalaman. Entah di flashdisk, harddisk, atau di PC atau laptop. Shortcut Virus ini, seperti namanya, bekerja dengan mengganti semua ekstensi file yang ada menjadi ekstensi shortcut. Ini tentu saja akan sangat mengganggu siapa saja yang bekerja menggunakan komputer. Terkadang, pintas baru muncul, yang ketika kita klik, akan memasukkan virus lain di komputer atau drive kita. (baca juga: cara menghapus shortcut virus)

9.Hidden Virus
Hidden Virus juga merupakan jenis virus yang populer. Virus ini menyembunyikan file dalam direktori tertentu, sehingga tidak dapat dilihat, meskipun telah membuka pengaturan folder tersembunyi. Ini membuat pengguna atau pengguna panik, dan cenderung memformat drive mereka, meskipun datanya tidak hilang, cukup sembunyikan.

Itu semacam virus komputer. Masih banyak jenis virus komputer lain yang belum dijelaskan. Ini karena komputer cirus semakin hari semakin semakina, tepat degan kemajuan teknologi yagn digunakan untuk membuat virus tesebut.

Cara Mengatasi Virus Komputer
Untuk mengatasi virus komputer itu sendiri bukanlah perkara mudah. Apabila masih berada dalam tahap awal, dan virus yang berekstensi .exe belum dijalankan, maka komputer anda akan aman dari virus, dan dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan antivirus. Paling tidak, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi virus, yaitu :

  1. Selalu gunakan antivirus pada komputer anda, dan cukup gunakan satu buah antivirus saja
  2. Jangan pernah mendownload content-content mencurigakan yang ada di dalam sebuah situs yang bahkan anda tidak tahu peruntukkanya, karena hal ini bisa jadi merupakan keylogger dan jenis virus atau malware lainnya
  3. Jangan asal melakukan klik pada file berekstensi .exe, karena bisa jadi file tersebut adalah virus
  4. Selalu lakukan pengecekan atau scanning pada hard drive komputer anda secara berkala untuk melihat apakah ada viru di komputer anda
  5. Selalu update antivirus anda untuk mendeteksi jenis – jenis virus lainnya yang sedang berkembang
  6. Gunakan firewall ketika sedang melakukan browsing di internet


Bahaya dari Virus Komputer
Pada dasarnya, virus komputer memang cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan banyak sekali masalah pada komputer anda. berikut ini adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari virus komputer :

  1. Kinerja komputer anda menjadi sangat lambat
  2. Proses booting sistem operasi menjadi lambat
  3. Banyak kapasitas harddisk yang terpakai percuma
  4. Komputer menjadi cepat panas
  5. Kerusakan hardware, terutama CPU, VGA, dan juga RAM
  6. Kapasitas RAM dan CPU Usage yang menjadi tidak normal
  7. Suhu komputer menjadi sangat panas
  8. File dan juga data yang menjadi corrupt
  9. Kehilangan data dan informasi penting
  10. Pencurian data diri dan data pribadi
  11. Penyadapan dan juga mata-mata
Demikian artikle tentanga Jenis Virus Komputer - Bahaya dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat. terima kasih

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar