--> Skip to main content

Cara Menghubungkan Bluestacks Dengan Android Studio Dengan Mudah

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Android Studio untuk melakukan berbagai debugging atau pemrograman tetapi tidak memiliki perangkat Android nyata untuk mencoba hasil pemrograman yang Anda miliki, maka alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi emulator Android yang bisa Anda peroleh dari internet. Ada begitu banyak pilihan emulator Android, salah satunya adalah Bluestack.

Sekilas tentang Android Studio dan Bluestack

Sebelum kita membahas terlalu jauh, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang Android Studio dan Bluestack. Seperti yang telah kita lihat, Bluestack dan Android adalah dua aplikasi emulator Android populer terbaik dan digunakan oleh berbagai macam orang untuk mencoba menjalankan aplikasi Android di komputer atau laptop mereka.
Cara Menghubungkan Bluestacks Dengan Android Studio Dengan Mudah

Namun, antara Bluestack dan Android memiliki perbedaan yang signifikan sehingga mereka tidak dapat diposisikan hanya sebagai sesama emulator. Android Studio adalah program IDE (Integrated Development Environtment) yang dapat digunakan untuk melakukan pemrograman Android, sementara Bluestack benar-benar emulator Android murni yang dibuat khusus untuk melakukan berbagai fungsi emulasi perangkat keras dan aplikasi Android. Anda dapat mencoba banyak trik dan melihat dampaknya pada perangkat Android yang dijalankan oleh Bluestack, seperti melihat dampak dari cara menjaga agar baterai Android tahan lama.

Dengan menghubungkan kedua program ini, Anda dapat melakukan pengkodean secara bersamaan dengan pratinjau tentang bagaimana hasil pengkodean nantinya akan berjalan saat perangkat keras Android tertentu. Oleh karena itu menghubungkan kedua aplikasi ini dapat menghasilkan keuntungan tersendiri bagi pengembang.

Menghubungkan Android Studio dan Bluestack

Berikut beberapa cara untuk menghubungkan Android Studio dengan Bluestack yang dapat Anda coba mulai sekarang. Setelah menerapkan cara-cara di bawah ini, maka Anda pasti dapat menghubungkan atau menjalankan Android Studio dengan Bluestack sebagai alat untuk melakukan emulasinya.

1. Menginstall Android Studio

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja adalah menginstal Android Studio di laptop atau komputer Anda yang akan Anda gunakan jalankan atau coba aplikasi Android yang Anda inginkan. Anda dapat menginstalnya dengan menginstal Android Studio yang telah kita bahas di artikel sebelumnya. Setelah pemasangan Android Studio selesai, mulailah menginstal Bluestack.

Untuk menginstal studio Android ini, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis sistem operasi yang Anda miliki, seperti yang kita diskusikan dalam cara menginstal Android Studio. Oleh karena itu, jika ada kesalahan selama proses instalasi, Anda dapat melakukan instalasi ulang sesuai dengan cara menginstal Android Studio yang baik dan benar. Jangan lupa untuk menginstal Java SDK sebagai perpustakaan yang dibutuhkan oleh Android Studio untuk bekerja secara optimal. Dan juga jangan lupa untuk memilih versi Android, karena ada perbedaan Android 32 bit dan 64 bit yang dapat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan.

2. Menginstal Bluestack

Untuk menginstal Bluestack, Anda dapat melakukan ini dengan menginstal aplikasi seperti pada umumnya. Anda bisa mendapatkan file instalasi Bluestack dari situs web resmi yang dapat Anda akses dengan bebas di internet. Setelah Anda mengunduhnya, instal sampai aplikasi Bluestack berhasil diinstal pada laptop atau komputer Anda.

Jika Anda mengalami masalah selama instalasi Bluestack, jangan ragu untuk mencari tahu mengapa dan cara mengatasinya melalui internet atau melalui forum online yang dapat Anda akses melalui ponsel atau perangkat media sosial lain yang Anda miliki. Dengan cara itu Anda dapat menginstal Bluestack dengan sempurna.

Bluestack memiliki berbagai versi dan juga mengakomodasi berbagai macam antarmuka pengguna Android, sehingga Anda dapat memilihnya dengan bebas.

3. Membuka Bluestack

Setelah Bluestack dan Android Studio terinstal, langkah selanjutnya adalah membuka Bluestack terlebih dahulu. Anda dapat membukanya dengan cara melalui Start Menu atau melalui ikon di laptop atau komputer desktop yang Anda miliki. Dengan membuka Bluestack, aplikasi Bluestack akan terdeteksi sebagai perangkat oleh Android Studio yang Anda miliki.

Jika Anda mengalami kesalahan saat mencoba menjalankan Bluestack, Anda dapat mencoba menginstal ulang Bluestack lagi atau mungkin menginstal pustaka tambahan yang diperlukan oleh Bluestack seperti yang tercantum dalam prasyarat aplikasi Bluestack di internet atau selama proses instalasi.

4. Memilih Bluestack sebagai Device di Android Studio

Setelah Anda berhasil membuka Bluestack, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus membuka Android Studio dan kemudian memilih Bluestack sebagai perangkat baru untuk menjalankan aplikasi tertentu yang Anda miliki. Cukup pilih tambahkan perangkat sehingga Anda dapat memiliki perangkat baru di Android Studio yaitu Bluestack yang kami pasang sendiri.

Bagi Anda yang memiliki perangkat emulator lainnya, sebenarnya dapat juga memilih perangkat atau menambahkan perangkat jika Anda benar-benar ingin mencobanya. Tidak ada salahnya bereksperimen di berbagai emulator dan perangkat jika Anda benar-benar ingin melakukannya. Misalnya untuk memperdalam kelebihan dan kekurangan OS Android yang dinyalakan di emulator terhadap program tertentu.

5. Mencoba aplikasi

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda dapat mulai mencoba apakah Anda berhasil menginstal Bluestack sebagai emulator atau tidak dengan mencoba menjalankan aplikasi tertentu di Android Studio. Langkah-langkahnya juga cukup mudah dan tidak perlu membutuhkan pengetahuan khusus tentang pemrograman Android, yaitu sebagai berikut.

Di jendela Android Studio, silakan pilih menu aplikasi run. Setelah itu pilih Unknown Emulator (Bluestack) sebagai perangkat atau emulator yang akan Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi. Setelah Anda memilih ok, maka secara otomatis pada aplikasi Bluestack Anda akan muncul aplikasi yang telah Anda instal atau Anda jalankan melalui Android Studio. Saat ini berhasil, kami sebenarnya telah berhasil menghubungkan Android Studio dengan Bluestack, dan Anda dapat mencoba menambahkan aplikasi lain dengan cara yang sama seperti di atas. Beberapa di antaranya yang perlu Anda coba, antara lain, adalah cara mengaktifkan play store karena tanpa play store tidak akan dapat menginstal beragam aplikasi.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas tentang cara menghubungkan studio android dengan bluestack, Anda seharusnya sudah tahu bahwa cara untuk menghubungkan Bluestack dan aplikasi Android relatif mudah dan cepat. Tidak diperlukan pengetahuan khusus selain Anda harus dapat mengetahui cara menghubungkan antara Bluestack dan Android.

Dengan beberapa langkah eksperimental dan waktu untuk mengonfigurasi Android Studio Anda, Anda pasti akan dapat menginstal dan menghubungkan aplikasi Android Studio dengan sempurna terlepas dari apakah Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows 7 atau Windows 8 (asalkan masih memenuhi persyaratan minimum dari aplikasi Bluestack dan Android Studio itu sendiri).

Jadi apa yang kamu tunggu? Senang mencoba menyambungkan Android Studio dengan Bluestack! Selamat mencoba untuk menghubungkan kedua aplikasi dan akhirnya dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan Anda ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar