--> Skip to main content

Cara Instal Android Studio di Berbagai Macam OS ( GNU/Linux, Windows, Mac)

Bagi Anda yang ingin menjadi pengembang aplikasi Android, atau ingin mencoba melakukan emulasi aplikasi Android melalui laptop, tentu sudah tahu aplikasi emulator Android dan IDE yang satu ini. Yup, Android studio adalah salah satu aplikasi emulator yang sangat populer oleh banyak orang, karena aplikasi ini adalah IDE resmi untuk pemrograman dan emulasi Android dari Google.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, tentunya harus tahu cara menginstal Android Studio dalam sistem operasi yang Anda miliki. Lalu bagaimana cara menginstal Android Studio sesuai dengan sistem operasi Anda? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ambil.
Cara Instal Android Studio di Berbagai Macam OS ( GNU/Linux, Windows, Mac)


Menginstal Android Studio di GNU/Linux

Android Studio dapat Anda gunakan dalam sistem operasi berdasarkan GNU / Linux, seperti Ubuntu, Linux Mint dan sebagainya. Untuk menginstal aplikasi ini di sistem operasi GNU / Linux, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut.

1. Mendownload arsip Android Studio

Pertama Anda perlu mengunduh file Android Studio pertama yang bisa Anda dapatkan dari Google. Anda dapat menyimpannya di direktori apa pun yang Anda inginkan, tetapi Anda sebaiknya meletakkannya di tempat atau folder yang dapat Anda akses tanpa harus menggunakan atau mengubah hak pengguna sebagai root. Misalnya, / usr / local /, atau / usr / opt /, atau / opt /. Tidak peduli apa perbedaan 32 bit dan 64 bit Android yang Anda miliki di emulator Anda, Anda harus terus melakukan ini.

2. Mengekstrak file Android Studio

Setelah Anda mengekstrak file dalam direktori tertentu, buka jendela terminal dari lokasi tersebut dan ketikkan perintah:

  • sudo cd android-studio/bin/ &&s udo ./studio.sh


Setelah itu akan menampilkan jendela instalasi atau kemajuan awal Android Studio untuk pertama kalinya.

Jika Anda ingin dapat memanggil Android Studio dari mana saja, maka Anda dapat menambahkan folder android-studio / bin ke variabel PATH. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti petunjuk pemasangan seperti biasa. Misalnya, apakah Anda ingin mengimpor pengaturan Android Studio atau tidak. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang lebih jauh termasuk mengunduh komponen Android SDK yang diperlukan jika Anda ingin menggunakan Android Studio dengan sempurna. Setelah ini, Anda pasti dapat menggunakan Android Studio di berbagai antarmuka pengguna Android dengan mudah.

3. Menginstall librari tambahan

Selain itu, jika Anda menjalankan aplikasi Android Studio pada sistem komputer 64-bit seperti Ubuntu, maka Anda perlu menginstal pustaka tambahan yang dapat Anda lakukan dengan memasukkan perintah seperti di bawah ini.


  • sudo apt-get install lib32z1 lib32ncurses5 lib32bz2-1.0 lib32stdc++6


Sementara itu, jika Anda menjalankan aplikasi ini di sistem operasi Fedora, Anda perlu menginstal pustaka di atas dengan perintah di bawah ini. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan hingga selesai. Kemudian Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan setelah wizard selesai. Baca juga cara mengatasi lemot Android karena RAM kecil sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang mungkin perlu dilakukan untuk mempercepat proses emulasi pada Android yang terbatas RAM.

Menginstall Android Studio di Windows

Untuk menginstal Android Studio di Windows, lakukan hal berikut:

1. Mendownload file instalasi Android Studio

Pertama Anda perlu mengunduh file instalasi Studio Studio mentah yang bisa Anda dapatkan dari Google. Anda dapat menyimpannya di direktori mana pun sesuai keinginan, seperti yang kami lakukan di Linux. Hanya saja, karena bentuknya tidak lagi dalam bentuk arsip, maka Anda tinggal langsung menjalankan file instalasi Android Studio.

2. Menjalankan file instalasi Android Studio

Setelah Anda selesai mengunduh file instalasi yang diperlukan, silakan klik dua kali file tersebut untuk memulai proses instalasi Android Studio di Windows. Namun, jika Anda mengalami masalah tidak diizinkan untuk menginstal karena bukan sebagai pengguna admin atau yang memiliki hak admin, maka Anda dapat mencoba menjalankan file instalasi dengan mengklik kanan dan memilih jalankan sebagai administrator.

Setelah itu Anda akan diminta kata sandi admin atau tidak (tergantung pada kondisi Anda), dan setelah itu Anda dapat mulai menginstal Android Studio seperti program lain dengan mengikuti instruksi yang diberikan. Dengan demikian Anda dapat membuat berbagai program dan mengetahui kelebihan dan kekurangan OS Android dalam hal menjalankan program yang Anda buat itu.

3. Memilih binari Java atau JDK yang terpasang

Agar dapat menginstal Android Studio dengan sukses, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menginstal Java SDK sebelumnya. Jika tidak, Anda hanya perlu mengunduh binari Java dari Oracle dan kemudian menginstalnya sesuai dengan jenis Windows yang Anda miliki.

Tetapi jika Anda telah menginstalnya tetapi instalasi Android Studio tidak mendeteksi berhasil, Anda harus secara manual mengaturnya dengan menambahkan direktori program Java di bagian variabel lingkungan. Caranya adalah dengan membuka Start Menu> Computer> System Properties> Advanced System Properties. Kemudian di jendela yang muncul buka tab Advanced> Environment Variables dan tambahkan variabel baru bernama JAVA_HOME ke lokasi tempat Anda menginstal program Java, misalnya C: \ Program Files \ Java \ jdk1.87.

Sampai di sini, Anda telah berhasil menginstal Android Studio jika Anda menjalankan semua instruksi sebagaimana mestinya. Dengan menjalankan langkah yang benar maka kelebihan Android Marshmallow dan lainnya dapat dieksploitasi dengan jelas oleh aplikasi Anda.

Menginstall Android Studio pada Mac

Untuk menginstal Android Studio di Mac, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan langkah-langkah di atas, hanya file dan langkahnya mungkin agak berbeda. Berikut adalah detail tentang cara menginstal Android Studio di Maca.

1. Mendownload file instalasi Android Studio

Pertama, Anda perlu mengunduh file instalasi Android Studio yang bisa Anda dapatkan dari Google. File instalasi untuk Mac biasanya * .dmg dan Anda dapat menyimpannya di direktori mana pun yang Anda inginkan, seperti yang kami lakukan di Linux.

2. Menjalankan file instalasi Android Studio

Setelah file unduhan diunduh, Anda hanya perlu mengklik dua kali pada file untuk memulai proses pemasangan Android Studio seperti biasanya. Tidak ada langkah-langkah yang perlu dikhawatirkan di sini karena meskipun ada kekurangan file-file instalasi, Anda akan langsung bertanya apakah Anda akan menginstalnya atau tidak. Tentu saja agar bisa berjalan dengan baik Anda harus menginstalnya.

3. Memilih binari Java atau JDK yang terpasang

Seperti biasa, jika ada kekurangan Java binary maka Android Studio akan meminta kami untuk menginstal Java terlebih dahulu. Pada beberapa penjelasan dijelaskan bahwa Android Studio di Mac kurang bagus jika dijalankan dengan Java 1.8, oleh karena itu Anda perlu memilih versi yang di bawah tetapi minimal adalah versi 1.6. Cobalah dengan mengaktifkan play store sederhana untuk mencoba jika pustaka yang Anda pasang sesuai atau tidak.

Itulah beberapa cara untuk menginstal Android Studio yang dapat Anda lakukan pada beberapa sistem operasi. Jika Anda ingin menginstal Android Studio, jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah sederhana di atas ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar