--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format Tanpa Software

Flashdisk adalah salah satu jenis media penyimpanan data yang sering menjadi salah satu media penyimpanan data terkemuka bagi banyak orang. Karena kemudahan penyimpanan dan karena harganya yang relatif terjangkau, flash dimiliki oleh hampir semua orang yang perlu berurusan dengan laptop seperti pekerja kantoran, anak sekolah, pelajar dan lain sebagainya. Itu sebabnya kita semua perlu tahu bagaimana memperbaiki format permintaan flashdisk tanpa perangkat lunak sehingga kita bisa menyelesaikan masalah dari flashdisk yang diformat dengan mudah tanpa harus menginstal berbagai aplikasi yang dapat menambah beban memori di laptop Anda. Salah satunya adalah mengetahui penyebab flash yang tidak terbaca dan bagaimana menanganinya termasuk ketika diminta untuk diformat.

Jadi bagaimana cara memperbaiki format permintaan flahsidk tanpa perangkat lunak yang dapat Anda lakukan? Langkah apa yang paling tepat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah flashdisk Anda yang meminta format? Jangan sampai Anda penasaran lagi, di sini ada beberapa cara di antaranya.
Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format Tanpa Software


1. Melakukan Low Level Format

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki flash yang diminta format tanpa perangkat lunak adalah menggunakan atau melakukan format tingkat rendah melalui Manajemen Komputer. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi manajemen komputer. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengklik start menu di Windows, kemudian mencari menu atau menjalankan aplikasi (bisa dilakukan dengan Win + R).

Di jendela run yang muncul, ketik compmgmt.msc, lalu tekan enter. Langkah ini akan membuka aplikasi Manajemen Komputer. Di jendela aplikasi Manajemen Komputer, Anda dapat mencari flash drive Anda (sebelumnya harus dicolok terlebih dahulu) kemudian Anda dapat memilih untuk memformat flash. Format dengan tipe file FAT32. Tunggu hingga proses pemformatan berjalan sempurna. Setelah proses format selesai, coba keluarkan flash Anda dan kemudian masukkan kembali komputer Anda untuk melihat apakah flash yang Anda miliki masih meminta format atau tidak. Jika tidak ada jendela yang meminta format ulang, selamat! Anda telah berhasil memecahkan masalah format flash yang tertunda dengan melakukan format tingkat rendah. Namun, jika tidak berhasil, Anda dapat melakukan beberapa langkah lain di bawah ini.

2. Format flashdisk melalui CMD

Cara alternatif lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah format flash yang tertunda adalah dengan menggunakan CMD. Aplikasi Windows "terminal" yang dapat Anda gunakan untuk berbagai hal, termasuk salah satunya adalah menggunakan aplikasi ini untuk memformat flash yang Anda miliki. Bagi Anda yang ingin mencoba memformat melalui CMD, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama Anda harus menjalankan CMD terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan membuka jendela run (Win + R), lalu ketik "cmd" dan tekan enter. Setelah itu aplikasi dengan tampilan latar belakang hitam sederhana akan muncul. Di jendela prompt perintah atau CMD yang muncul, ketikkan perintah "format [nama kandar flash]". Anda harus menyesuaikan nama flash drive sesuai dengan nama flash drive Anda yang muncul di laptop Anda. Jadi, misalnya, flash drive Anda memiliki nama drive "H:", Anda harus mengetikkan format "H:".

Setelah menjalankan atau menjalankan perintah pemformatan di atas, tunggu hingga proses pemformatan berlangsung. Setelah itu, coba hapus dan masukkan kembali flash yang Anda miliki. Jangan lupa Anda juga bisa menerapkan cara membuat flash immune virus dengan CMD untuk melindungi flashdisk Anda.

3. Format flashdisk melalui CMD Versi Ke-2

Langkah ini masih menggunakan aplikasi CMD untuk memformat flashdisk yang Anda miliki masalah. Namun, langkahnya sedikit berbeda dari apa yang kita lakukan di langkah nomor dua di atas. Dalam langkah ini, kita akan menggunakan perintah check disk atau chkdsk untuk memformat flash yang Anda miliki. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memformat flash menggunakan aplikasi CMD dengan perintah chkdsk.

Pertama Anda harus membuka aplikasi command prompt dengan shortcut (Win + R) yang akan membuka jendela run. Di jendela itu, Anda dapat mengetik "chkdsk [nama flash drive] / R". Ganti nama drive dengan nama drive yang cocok dengan nama flash drive yang Anda miliki. Setelah itu Anda bisa menunggu hingga proses perbaikan berlangsung.

Selain perintah di atas, Anda juga dapat mencoba perintah "chkdsk [nama flash drive] / F" untuk memformat flashdisk secara langsung tanpa perbaikan. Dengan kata lain, Anda berasumsi bahwa format flash disebabkan oleh flash yang tidak diformat. Anda juga dapat menerapkan cara membuat flash ke antivirus untuk memperkuat perlindungan flash Anda agar tidak mudah error dan meminta format terutama karena virus.

4. Mengganti perangkat USB atau mencoba kembali memasukkan flashdisk

Satu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang meminta diformat flashdisk ketika dimasukkan ke komputer adalah untuk menghapus dan memasukkan kembali flashdisk ke slot USB yang dimiliki oleh laptop atau komputer Anda. Ini dapat Anda lakukan sebagai salah satu cara mengatasi masalah pending flash yang diformat terutama karena flashdisk tersebut mengalami kekurangan daya yang akan dijalankan sehingga pesan yang muncul dari komputer tersebut meminta untuk diformat ulang.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga dapat mencoba mengganti perangkat USB yang dimiliki oleh laptop atau komputer Anda, karena salah satu hal yang dapat menyebabkan flash untuk meminta diformat ulang adalah ketika perangkat USB rusak, dan salah satu kerusakan dapat terjadi pada perangkat hub USB yang dimiliki oleh laptop Anda. Karena itulah ada baiknya jika Anda mencoba mengubah perangkat untuk memastikan apakah laptop atau perangkat USB komputer Anda rusak atau tidak. Jangan lupa bahwa ini juga dapat digunakan sebagai cara untuk mempercepat transfer data flash.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki format flashdisk tanpa perangkat lunak yang dapat Anda lakukan. Dari beberapa cara di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum cara mengatasi flash yang meminta perangkat lunak adalah memformat ulang, menghapus dan memasukkan kembali flashdisk ke slot USB laptop atau komputer, dan juga mengganti perangkat hub USB di komputer Anda atau laptop. Dengan berbagai cara di atas maka kita dapat mengatasi masalah laptop yang mendrive yang diminta tanpa perlu menggunakan perangkat lunak.

Semoga dengan beberapa pembahasan tentang cara memperbaiki format flashdisk tanpa software di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah flashdismu. Tentu saja, beberapa hal di atas tidak menjamin bahwa Anda benar-benar dapat memperbaiki kesalahan flash dan meminta formatnya, karena bisa disebabkan oleh kerusakan perangkat keras yang dimiliki oleh flash Anda, jadi mau tidak mau Anda harus menggantinya. Jangan lupa juga untuk membaca cara menghapus virus autorun sehingga Anda dapat melindungi flash dari virus autorun.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda, selamat memperbaiki flash Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar