--> Skip to main content

Cara Membuat Brosur Yang Menarik Dengan Microsoft Word 2010

Brosur adalah dokumen informatif yang biasanya dilipat menjadi tiga bagian, untuk membuat brosur desainer grafis biasanya menggunakan desain perangkat lunak khusus seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan berbagai perangkat lunak grafis lainnya, tetapi apakah Anda tahu jika brosur sederhana sebenarnya dapat dibuat dengan Perangkat lunak Microsoft Word yang sebenarnya adalah salah satu dari berbagai perangkat lunak pengolah kata, bahkan jika Anda kreatif Anda dapat membuat brosur yang rumit dan tidak kurang dengan brosur yang dibuat dengan desain perangkat lunak khusus.

1. Cara Praktis, Download Template Brosur Dari Situs Resmi Office.com

Untuk menghemat waktu, atau jika Anda kekurangan ide untuk desain brosur yang akan Anda buat, salah satu cara untuk membuat brosur dengan Microsoft Word adalah mengunduh templat di situs https://templates.office.com/en-us/Brochures,, Anda akan menemukan berbagai template brosur yang mungkin cocok untuk kebutuhan Anda, perhatikan item kiri-bawah dari brosur template, ada teks Word, PowerPoint, Excel dan sebagainya (jika ada), pastikan Anda mengunduh template brosur dengan teks 'Word' pada item kiri bawah.
Cara Membuat Brosur Yang Menarik Dengan Microsoft word 2010

Klik pada item yang ingin Anda unduh, lalu klik tombol 'Unduh' di halaman berikutnya, jangan kaget jika apa yang Anda unduh tidak selalu memiliki '.docx' (Dokumen Word), kadang-kadang Word template tersedia dalam format khusus yaitu '.dotx' (Templat Word).

Proses pengunduhan tidak akan lama karena ukuran file sangat kecil, setelah template brosur diunduh, klik dua kali file untuk mengeditnya dengan Microsoft Word, Anda cukup mengubah konten yang ada di brosur sesuai kebutuhan Anda, seperti mengubah teks, gambar, warna, tema dan sebagainya (jika diperlukan).

2. Buka Microsoft Word kemudian buat dokumen kosong (blank document),

Cara membuat brosur dengan Microsoft Word lainnya adalah membuatnya secara manual, langkah ini dilakukan jika tidak ada template yang sesuai untuk kebutuhan Anda atau Anda lebih senang berkreasi tanpa menempel pada template, membuka Microsoft Word dan membuat dokumen kosong (dokumen kosong), akan lebih baik jika Anda sudah memiliki konsep brosur yang akan dibuat, misalnya Anda membuat sketsa (layout dan desain) pada kertas terlebih dahulu.

3. Mulai dengan menentukan tata letak (layout) brosur.

Sebuah brosur biasanya dibuat pada kertas yang berorientasi horizontal, jadi mulailah dengan mengklik tab 'Layout' -> 'Orientation' -> 'Landscape', masih pada tab 'Layout', silakan klik 'Columns' -> 'Three' untuk membuat isi dokumen menjadi tiga kolom, ingat bahwa brosur umumnya dilipat menjadi tiga bagian (kiri - tengah - kanan) yang berarti konten dokumen dibagi menjadi tiga kolom.

Juga atur ukuran kertas yang akan Anda gunakan untuk mencetak brosur pada item 'Ukuran' (biasanya A4), atur margin pada halaman kertas juga, silakan klik pada item 'Margin' dan atur margin (kiri, kanan, naik, turun) sesuai kebutuhan, biasanya saya menggunakan margin kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 1 cm (atau lebih kecil dari itu) sehingga kekosongan pada halaman lebih optimal untuk konten.

4. Masukkan (insert) elemen untuk konten.

Buka tab 'Sisipkan', masukkan elemen yang diperlukan dalam brosur yang ingin Anda buat, elemen untuk konten brosur yang cocok, antara lain, 'Bentuk' untuk menyertakan berbagai bentuk / simbol, mungkin 'Tabel' untuk membuat spesifik meja jika Anda membutuhkannya, tambahkan garis sebagai penghalang antara sub-konten dengan membuat garis di Microsoft Word.

Anda juga dapat mengklik item 'Gambar' untuk memasukkan gambar / foto yang ada di hard drive, Microsoft Word mendukung gambar vektor seperti '.eps' tetapi jika Anda sudah mengetahui perbedaan bitmap dan vektor, saya sarankan untuk menggunakan gambar bitmap seperti '.png' atau '.jpg'.

Jika Anda ingin menambahkan teks, saya sarankan menggunakan 'Kotak Teks', Anda dapat menggunakan 'Kotak Teks' built-in kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda atau Anda dapat membuat 'Kotak Teks' kosong kemudian menyesuaikannya sesuai, menggunakan 'Teks Kotak 'Anda dapat dengan bebas mengubah ukuran dan bergerak dengan menyeretnya, masih pada tab' Sisipkan ', menambahkan beberapa teks dengan' WordArt 'juga merupakan ide yang bagus.

5. Selesai dengan tata letak (layout) dan konten, lanjut ke desain (design).

Buka tab 'Desain', klik item 'Tema' untuk menerapkan tema brosur yang ingin Anda buat, Microsoft menyediakan berbagai tema yang dapat Anda pilih sesuai selera dan sesuai dengan tujuan brosur yang akan Anda buat , jika Anda merasa semua tema di masa sekarang tidak sesuai dengan selera Anda, sesuaikan sendiri dengan mengakses 'Colors' -> 'Costumize Colors' serta 'Fonts' -> item 'Costumize Colors'.

Mengubah warna halaman ('Warna Halaman') juga merupakan ide yang bagus untuk memberikan kesan yang berbeda pada desain brosur, Anda juga dapat menambahkan 'Page Border' yang dapat Anda sesuaikan sendiri.

6. Kostumasi elemen gambar pada brosur Anda, agar lebih menarik.

Klik salah satu elemen gambar di brosur Anda, lalu klik pada tab 'Format', Anda dapat menyesuaikan gambar yang Anda masukkan ke brosur, misalnya menyesuaikan 'Saturasi Warna', 'Nada Warna', atau 'Recolor' juga dapat perbaiki ketajaman dan kecerahan gambar di 'Koreksi'.

Jika Anda suka, berikan juga beberapa 'gaya' pada gambar di brosur Anda seperti memberikan 'Frame', 'Shadow' dan banyak lagi yang tersedia, menambahkan '3-D Rotation' effects, 'Bevel', 'Soft Edges,' Glow ',' Refleksi 'dan sebagainya juga merupakan ide yang bagus untuk membuat gambar-gambar di brosur Anda lebih bervariasi.

7. Kostumasi elemen teks pada brosur Anda.

Untuk membuat elemen teks brosur lebih menarik, jangan tinggalkan teks di atasnya, Anda dapat menyesuaikan teks (bukan elemen kotak teks) pada tab 'Beranda', mengubah jenis font, ukuran font, format font (tebal, digarisbawahi , dalam huruf miring, dan lain-lain), Anda juga dapat menggunakan 'Styles' yang tersedia untuk tampilan yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, untuk elemen 'Text Box', jika Anda mengklik itu akan menampilkan tab 'Format', pergi ke tab 'Format' kemudian sesuaikan kotak teks yang ada di brosur Anda seperti 'Gaya Bentuk' (variasi gaya dari kotak teks), 'WordArt Styles' dan banyak lagi.

8. Bila perlu, tambahkan halaman kosong (blank page) untuk menambahkan halaman belakang.

Brosur biasanya dicetak bolak-balik, jadi Anda mungkin perlu membuat halaman kosong melalui tab ‘Insert’ -> ‘Blank Page’, kemudian ulangi langkah 3 hingga 7 jika perlu untuk membuat halaman belakang brosur, lewati langkah-langkah ini jika Anda berencana membuat brosur hanya dalam satu halaman.

9. Simpan dalam dua format, ‘.docx’ dan ‘.pdf’

Langkah ini tidak wajib tetapi sangat saya sarankan, untuk brosur cetak saya biasanya menyimpannya ke dalam format .pdf untuk tujuan (salah satunya) menghindari pengeditan dan alasan lain termasuk konsistensi warna dan kemudahan dan kompatibilitas dalam proses pencetakan (jika brosur adalah dicetak pada komputer yang lain dengan lingkungan yang berbeda, misalnya pada komputer yang menggunakan versi Word atau font berbeda yang digunakan dalam brosur tidak tersedia).

Sedangkan file brosur disimpan dalam format / ekstensi '. Dokx 'dalam maksud untuk cadangan sehingga akan mudah jika di masa depan membutuhkan perubahan pada informasi yang terkandung di dalamnya.

Demikian pembahasan tentang cara membuat brosur dengan Microsoft Word, ternyata dengan kreatifitas Anda dapat memperluas fungsi perangkat lunak pengolah kata untuk berbagai kebutuhan termasuk kebutuhan grafis, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, senang berkreasi dan melihat Anda dalam diskusi selanjutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar