--> Skip to main content

Cara Melacak Orang Melalui GPS Tracker dan Smartphone Hp Android

Melacak, mendengar kata ini umumnya mengaitkannya langsung dengan mata-mata, mata-mata, atau kecerdasan yang bekerja dengan seperangkat alat yang kompleks dan rumit. Tujuannya adalah untuk mengetahui posisi atau keberadaan seseorang di peta digital yang tersedia di perangkat pelacakan.

Tetapi perkembangan telematika hari ini telah mengubah gambaran orang awam. Pelacakan bukan lagi kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh orang-orang khusus. Perangkat yang digunakan lebih sederhana dan lebih mudah diperoleh. Dengan kata lain, teknologi yang tersedia saat ini memungkinkan siapa pun untuk mengetahui posisi (lokasi) diri mereka sendiri, orang lain, hewan peliharaan, atau kendaraan di dalam peta digital.

Alat atau alat apa yang dapat digunakan untuk melacak objek? Jawabannya adalah semua alat yang memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) atau Global Positioning System. Meskipun GPS bukan satu-satunya teknologi yang dapat digunakan untuk itu, tetapi teknologi GPS memiliki ketepatan yang paling tepat dan telah diterapkan secara luas dalam berbagai tujuan navigasi.
Cara Melacak Orang Melalui GPS Tracker dan Smartphone Hp Android

Pertama-tama harus dipahami bahwa GPS bekerja dengan bantuan sinkronisasi (pelurusan) dari sinyal satelit untuk menentukan koordinat di permukaan bumi. Tentu saja, untuk menangkap sinyal dibutuhkan penerima (sensor). Jadi, seseorang yang ingin melacak keberadaan orang lain, harus dapat memastikan bahwa orang yang dilacaknya juga membawa alat yang dapat menerima atau mengirimkan sinyal. Ini adalah persyaratan mutlak.

Melacak dengan GPS Tracker
Alat GPS digunakan untuk melacak posisi suatu objek yang biasa disebut GPS Tracker atau GPS Tracking. Umumnya digunakan untuk mencari, memantau, dan membatasi lokasi aset bergerak seperti kendaraan bermotor. Beberapa yang lebih besar (ukuran ponsel) dipasang erat di dalam mobil, beberapa lebih kecil untuk sepeda motor. Bobotnya cukup ringan, berkisar 700 hingga 900 gram.

Alat yang menerapkan teknologi Sistem Pelacakan GPS juga dapat digunakan secara pribadi, misalnya untuk memantau anak-anak atau orang tua saat bepergian keluar rumah. Dengan begitu pengguna tidak lagi merasa khawatir jika keluarganya hilang. Alat yang dilengkapi dengan perangkat lunak peta digital yang dipantau melalui situs web ini akan menunjukkan keberadaan keluarga kami, jalan yang dilalui, dan jaraknya. Caranya cukup dengan meletakkan perangkat GPS di dalam tas atau celana saku yang dikenakan oleh anak atau orang tua.

Selain penggunaan pribadi, GPS Tracker juga banyak digunakan oleh perusahaan angkutan atau armada transportasi seperti taksi. Fungsi utamanya adalah untuk memantau pelacakan langsung atau posisi kendaraan saat ini real time, serta menganalisis aktivitas pergerakan kendaraan seperti jalur yang lewat, kecepatan kendaraan, dan lamanya parkir kendaraan di suatu tempat.

Petugas kontrol di perusahaan ekspedisi dapat merekomendasikan jalur tercepat ke pengemudi untuk mencapai tujuan, memperkirakan waktu perjalanan, dan memastikan ekspedisi pengiriman tiba tepat waktu.

Tidak hanya sebagai alat pelacak, GPS Tracker untuk mobil juga dapat mengetuk suara percakapan di dalam mobil. Bisa juga mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh jika kendaraan yang dicurigai tidak berfungsi dengan baik, seperti melebihi toleransi batas kecepatan, keluar jalur, hingga mendeteksi ketika kendaraan telah menjadi korban pencurian.

Bagaimanakah cara menggunakan GPS Tracking untuk kendaraan itu?


  1. Alat khusus berupa vehicle tracking device disematkan pada kendaraan yang hendak dipantau. Alat inilah yang nantinya bekerja dalam sistem sensor GPS untuk memantau posisi koordinat, kecepatan, dan arah kendaraan.
  2. Untuk memfungsikan vehicle tracking device dibutuhkan sebuah kartu GSM yang akan mengirimkan sinyal posisi dan, sebaliknya, menerima sinyal dari pengguna/petugas kontrol ketika meminta informasi posisi kendaraan. Sebaiknya kita lebih dulu mengetahui perbedaan GSM dan CDMA serta kelebihan dan kekurangan jaringan GSM dan CDMA agar tidak salah dalam penggunaannya.
  3. Untuk meminta informasi, pengguna/petugas kontrol cukup melakukan hubungan pendek seperti mengirimkan SMS atau miss call ke nomor GSM yang terdapat pada alat sensor yang telah disematkan pada kendaraan. Selanjutnya pengguna/petugas kontrol akan menerima SMS informasi koordinat posisi kendaraan.
  4. Pemantauan tidak hanya via SMS. Pengguna/petugas kontrol juga dapat mengaplikasikan sistem pelacakan melalui media web monitoring dengan menggunakan Google Maps atau Google Earth. Tentu saja komputer monitoring harus terkoneksi dengan internet. Dalam hal ini sebaiknya kita mempelajari dahulu cara memilih komputer server dan berbagai manfaat mempelajari ilmu komputer, sebagai landasan untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melacak dengan Ponsel

Ponsel yang dimaksud di sini adalah semua jenis ponsel cerdas yang memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih daripada jenis ponsel biasa. Hampir semua smartphone terutama yang berbasis Android sudah terintegrasi dengan fitur GPS. Namun, penggunaan GPS di Android menyebalkan penggunaan baterai besar, jadi kita juga perlu tahu cara membuat baterai Android tahan lama. Ada dua jenis GPS yang tertanam di smartphone yaitu satelit GPS dan Assisted GPS (A-GPS).


  1. GPS Satelit tidak berbeda dengan alat navigasi GPS orisinal, menggunakan kontrol dan mekanisme GPS murni yang tersambung langsung dengan satelit GPS.
  2. A-GPS adalah kombinasi antara sistem kerja alat GPS dengan teknologi GSM atau informasi menara BTS untuk menentukan lokasi.

Dengan fitur GPS di telepon, pengguna dapat menginstal aplikasi GPS Tracker dari Google Playstore atau dari penyedia aplikasi lain. Aplikasi pelacak dapat digunakan bersama dengan orang lain tanpa harus menginstal aplikasi yang sama. Artinya, kebutuhan untuk menginstal aplikasi hanya pengguna sementara orang lain yang akan dilacak tidak perlu menginstal, juga tidak harus menggunakan smartphone asalkan dapat melakukan panggilan suara, SMS, dan GPRS / akses data.

Pengguna aplikasi hanya mengirim undangan melalui SMS ke teman atau keluarga, dan jika menjawab "Ya" maka ikon akan muncul di peta aplikasi pengguna ponsel cerdas. Ikon menunjukkan posisi orang yang diundang. Selanjutnya, pengguna aplikasi akan mendapatkan pemberitahuan posisi orang lain sebelumnya setiap kali pengguna menghubungi mereka melalui telepon atau SMS.

Selain itu ada aplikasi jejaring sosial populer untuk pengguna smartphone yang sebenarnya juga berfungsi sebagai aplikasi pelacakan, termasuk Google+, Google Maps, Glympse, Find My Friends, dan Cozi. Mintalah teman atau keluarga untuk bergabung dengan layanan untuk berbagi lokasi mereka. Tujuannya adalah untuk memantau satu sama lain dan berbagi pengalaman tentang situs yang dikunjungi.

Manfaat lain dengan fitur GPS di telepon adalah untuk mencegah kriminalitas. Seseorang yang berniat mencuri ponsel akan berpikir seribu kali sebelum melakukannya. Karena itu, fitur GPS memungkinkan pemilik ponsel untuk menemukan kembali ponselnya yang hilang. Jadi, fitur GPS tidak hanya bermanfaat dalam hubungan kita dengan keluarga dan teman, tetapi juga untuk melacak lokasi pencuri telepon.

Cara melacak ponsel yang hilang pada setiap ponsel bervariasi tergantung pada jenis dan jenis telepon. Gunakan ponsel atau browser lain (browser) untuk menginstal aplikasi pelacakan yang sesuai dengan jenis telepon. Gunakan browser terbaik dan jangan khawatir, cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Yang paling penting, kita harus login menggunakan akun yang sama dengan akun terkait di telepon yang hilang.

Bagi pengguna Android, bisa menggunakan apikasi Android Device Manager, untuk Iphone menggunakan situs iCloud,  dan Windows Phone dengan mengunjungi situs Windows Phone. Setelah melewati tahapan-tahapan yang cukup mudah dan kita telah berhasil menemukan lokasi ponsel yang hilang, selanjutnya ada beberapa opsi yang bisa dipilih yakni sebagai berikut:


  1. Ring. Memilih opsi ini akan membuat ponsel yang hilang itu berdering sehingga kita bisa menemukannya dengan mudah ketika lokasi kita dengan ponsel tersebut berdekatan.
  2. Lock. Berfungsi untuk mengunci perangkat pada ponsel yang hilang dengan kata sandi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.
  3. Erase. Hati-hati memilih opsi ini karena akan menghapus semua data pada ponsel dan tidak bisa dikembalikan lagi, meskipun apabila ponsel sudah ditemukan.

Intinya, cara melacak orang dengan GPS yang dijelaskan dalam artikel ini hanyalah panduan ringan untuk mempelajari fungsi GPS dalam kehidupan sehari-hari. Untuk aplikasinya, seharusnya tidak sembrono dan harus dengan persetujuan dari orang yang akan dilacak. Di beberapa negara, penelusuran tanpa persetujuan atau persetujuan orang itu melanggar hukum. Jadi, sekali lagi, manfaatkan teknologi dengan bijaksana dengan mempelajari dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar