--> Skip to main content

8 Kelebihan dan kekurangan Linux OpenSuse Lengkap Penjelasannya

Berbicara tentang Linux tentu tak ada habisnya, mengingat sistem operasi yang satu ini memiliki varian yang sangat besar. Kita bisa memilih varian Linux apa saja (baca: distro) yang kita inginkan. Mulai dari distro Linux yang sederhana hingga kompleks. Dari distro Linux yang hanya mendukung fitur pengetikan sederhana ke distro yang sudah menyediakan paket aplikasi multimedia super kaya seperti Ubuntu Studio. Pemilihan distro Linux tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan juga spesifikasi computrr yang kita gunakan. Agar tidak salah dalam memilih. Selain itu, juga penting untuk mem-backup data sebelum memulai instalasi, karena partisi hard disk sangat penting yang jika tidak ditangani dengan hati-hati, dapat merusak data di dalamnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang 4 Kelebihan dan Kekurangan dari SuSE Linux. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada. Untuk itu mari kita dengarkan bagian akhir artikel ini.
8 Kelebihan dan kekurangan Linux OpenSuse Lengkap Penjelasannya

SuSE Linux adalah salah satu dari banyak distribusi Linux yang didistribusikan ke seluruh dunia. SuSE sendiri adalah distro yang stabil dan user-friendly. Dan dia adalah salah satu distro di antara distribusi Linux populer di Dunia. Dengan banyak fitur dan dukungan dari Software Package Manager YaST (Perangkat Pengaturan Lain), ia mampu membuat sistem operasi Linux ini cukup kuat untuk digunakan.

Linux SuSE adalah Linux dari negara Jerman, adalah turunan Red Hat yang merupakan salah satu dari banyak distro Linux populer yang banyak digunakan di berbagai kalangan. SuSE sendiri merupakan kependekan dari Software und System-Entwicklung atau dalam bahasa Inggris yang berarti Perangkat Lunak dan pengembangan sistem. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi SuSE yang satu ini.

Kelebihan SuSE

1. Bebas virus

Aman terhadap intrusi virus telah menjadi pengetahuan umum dari semua distribusi Linux atau sistem operasi. Dan SuSE juga diklaim sebagai sistem operasi yang kuat di mana selain integritas pengaturan sistemnya yang lengkap, ini juga tentang keamanan dan keandalan dalam mencakup semua file sistemnya dari gangguan virus. Ini dimungkinkan karena basis kernel digunakan secara aman, digabungkan dengan file sistem linux (EXT3 / EXT4) yang dikenal cukup aman dalam hal keamanan data.

2. kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan

Aplikasi yang disediakan oleh SuSE cukup banyak, bahkan ketika distro Linux SuSE diinstal ada banyak aplikasi default yang disediakan, mulai dari grafik, kantor, browser, dan paket pengelola desktop. Sedangkan untuk instalasi tambahan bisa menggunakan format paket. Rpm yang merupakan jenis paket instalasi perangkat lunak Red Hat. Beberapa aplikasi yang disediakan sebagai aplikasi di OpenSuSE meliputi: Firefox (untuk menjelajahi web berselancar), LibreOffice (aplikasi kantor untuk pembuatan skrip, pengolahan laporan angka), Amarok (pemutar media audio / video), Kaffeine, GIMP (mengedit gambar aplikasi) , Kontact (manajer kontak), dan K3B (aplikasi pembakar CD / DVD).

3. Proses instalasi di SuSE tergolong mudah

terima kasih kepada paket pengelola aplikasi yang disebut YaST. YaST atau singkatan dari Yet Another Setup Tool adalah alat bawaan SuSE yang memiliki fungsi untuk menyederhanakan instalasi perangkat lunak di SuSE (OpenSuSE) karena aplikasi ini selain menginstal paket yang ingin kita instal di SuSE, juga dapat menemukan berbagai dependensi yang diperlukan, karena kita perlu mengingat bahwa sistem operasi berbasis Linux menggunakan ketergantungan untuk instalasi paket aplikasi pihak ketiga.

4.Pilihan desktop manager yang lengkap

Untuk distro Linux dengan banyak pilihan aplikasi default atau built-in yang diinstal ketika distro linux SuSE ini diinstal, distro ini cukup lengkap dalam hal opsi-opsi pengelola desktop. Ada beberapa varian dari desktop manager SuSE yang disediakan, yang paling populer di SuSE adalah KDE dan GNOME.

Kekurangan SuSE

1. Proses instalasi sedikit rumit

Ini karena basis distribusi Linux sendiri menggunakan sistem dependensi untuk file paket instalasi. Kadang-kadang pengguna pemula agak sulit untuk mengoperasikan YaST, meskipun YaST tersedia, tetapi harus pengguna Linux yang ingin lebih dekat dengan distro SuSE jika kita juga belajar dan memahami cara menginstal paket installer Linux secara manual, baik. File rpm format atau .tar.gz (format kompilasi asli)

2. Issue kompatibilitas pada beberapa Hardware

Beberapa perangkat keras juga dilaporkan memiliki kendala driver ketika dipasangkan dengan SuSE Linux ini, meskipun itu tidak berarti semua fungsi perangkat keras tidak dapat digunakan. Untuk memastikan dukungan format perangkat keras di SuSE, silakan kunjungi situs web resmi SuSE.

3. Dukungan komunitas dan forum masih sedikit

Tidak seperti pengguna Ubuntu, dukungan komSE dan forum online distro SuSE sendiri tidak sebanyak Ubuntu, itu terjadi karena masih belum banyak pengguna yang melirik distro SuSE ini sebagai alternatif untuk sistem operasi mereka. Sedangkan untuk sistem operasi lain seperti Ubuntu sudah memiliki pangsa pasar yang besar.

4. Tidak adanya codec default untuk audio

Pada saat instalasi SuSE, codec audio default (bukan aplikasi audio) dalam kasus ini .mp3, tidak diinstal sehingga Anda tidak dapat memutar mp3 di SuSE Linux ini meskipun Anda telah menginstal aplikasi mp3 -player di SuSE. Untuk itu diperlukan akses internet ketika pertama kali menginstal SuSE pada PC, untuk mengunduh codec yang diperlukan selama instalasi Linux ini.

Demikianlah ulasan dari artikel kelebihan dan kekurangan SuSE. Semoga bisa memberi pengetahuan dan wawasan terhadap pembaca sekalian khusus nya para newbie dalam hal Linux agar mereka termotivasi untuk mempelajari Distro-distro Linux khusus SuSE ini. Distro linux memiliki jumlah yang sangat banyak, sehingga ada baiknya Kita mempelajari Kaidah-kaidah dasar sistem operasi Linux lebih dari sedekar mempelajari varian Linuxnya sendiri.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar